Jangan Berkunjung ke Israel Sebelum Tahu Fakta-fakta Ini!

Jangan Berkunjung ke Israel Sebelum Tahu Fakta-fakta Ini!

Travel Destinations298
Jangan Berkunjung ke Israel Sebelum Tahu Fakta-fakta Ini! Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Untuk sebagian traveler, berkunjung ke Israel sering masuk ke daftar nanti-saja-dikunjunginya. Atau dengan kata lain tidak menjadi prioritas karena bukan termasuk destinasi populer.

Lain hal bagi para traveler anti-mainstream yang senang berkunjung ke negara-negara yang bahkan sering orang tidak mengetahuinya. Seperti katakanlah Samoa, atau Seychelles. Justru mereka merasa berkunjung ke Israel harus masuk ke bucket list.

Untuk kamu sendiri, apakah pernah terlintas keinginan untuk mengunjungi Israel? Kalau iya sebaiknya jangan dulu berkunjung ke sana sebelum mengetahui fakta-fakta berikut ini.

Banyak isu beredar jika memiliki cap visa Israel paspor akan bermasalah

berkunjung ke Israel
Shutterstock

Tentu hal itu tidak benar. Beberapa warga negara Indonesia yang pernah mengunjungi Masjid Al Aqsa di Yerusalem atau pun mengunjungi wilayah lain di Palestina untuk wisata ziarah tentu harus masuk lewat Israel. Hal itu karena Palestina saat ini tidak memiliki bandar udara ataupun perbatasan darat dengan negara lainnya. Sesuai pengalaman mereka, cap visa Israel dalam paspor tidak akan bermasalah ketika mengunjungi negara lain.

Mata uang yang lain daripada yang lain

berkunjung ke Israel
Shutterstock

Sekilas memang mata uang Israel tidak memiliki perbedaan mencolok dengan mata uang lain. Namun kalau kamus memegangnya dan merabanya pasti akan langsung terasa.

Mata uang yang digunakan adalah Shekel. Di setiap pecahan mata uang tersebut terdapat huruf braille yang akan memudahkan para tunanetra untuk bertransaksi.

Setiap perempuan Israel harus mengikuti Wajib Militer

berkunjung ke Israel
Shutterstock

Cukup berbeda dengan negara lain yang memiliki peraturan wajib militer. Biasanya, kewajiban untuk mengikuti wajib militer ini hanya diperuntukan bagi kaum laki-laki. Namun, di Israel mewajibkan juga para kaum perempuan untuk mengikuti wajib militer.

Di sana, seluruh Pemuda dan Pemudi yang telah menginjak usia 18 tahun harus mengikutinya karena dianggap punya kewajiban yang sama untuk membela negara mereka.

Hari Sabtu merupakan hari dilarang merokok di seluruh Israel

Ya, pemerintah Israel menetapkan aturan yang serius tentang merokok. Mengapa hari Sabtu tentunya ini juga berhubungan dengan kepercayaan mereka tentang hari sabat.

Memang pastinya masih ada beberapa warga yang mencuri-curi kesempatan untuk merokok namun tentunya peraturan ini memiliki ketentuan keras tentang merokok di ruang publik. Akan menjadi sikap yang sangat menyinggung apabila merokok di pusat keagamaan maupun di hadapan orang Yahudi Ortodoks.

Di Israel ada “kantor pos” untuk Tuhan

berkunjung ke Israel
Shutterstock

Memang terdengar agak janggal ya. Namun, memang begitu adanya. Kantor pos ini lokasinya persis di tembok ratapan Yerusalem.

Ada banyak sekali wisatawan ataupun peziarah yang datang dari berbagai belahan dunia untuk berdoa di tembok ratapan. Dalam bahasa Ibrani tembok ratapan ini disebut Kotel.

Dari ujung ke ujung akan terlihat bahwa tembok ratapan tersebut memiliki banyak retakan-retakan berbagai ukuran. Di situlah para peziarah dan juga wisatawan akan memasukkan kertas berisi keinginan dan doa mereka yang dianggap sebagai surat untuk tuhan.

Banyak bangunan tua cantik di sana

berkunjung ke Israel
Shutterstock

Tidak banyak yang tahu seperti apa kebudayaan klasik yang pernah terjadi di Israel, bahkkan tidak banyak yang tahu juga kalau Israel benar-benar memiliki budaya.

Namun, di beberapa sudut kota akan ditemui bangunan tua yang cantik dengan arsitektur yang tak kalah indah dengan bangunan tua yang biasa ditemui di Eropa. Tentu dengan ukiran-ukiran khasnya.

Bangunan ini tentu saja bisa jadi titik foto yang menarik dan instagramable jika kamu berkunjung ke sana dan melakukan hunting foto. 

Bagaimana? Apakah jadi tertarik untuk berkunjung ke Israel? Yang terpenting hal pertama yang perlu kamu persiapkan adalah mental dan juga kemampuan finansial. Buat rencana sematang mungkin agar perjalanan aman di sana.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang Travel Destinations.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Septania W. Zakiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *