close

Itinerary, Tips dan Panduan Liburan ke Singapura Dalam 3 Hari

hey-backpacker-ini-dia-rekomendasi-hostel-murah-untuk-backpacker-di-singapura

Travel Blog Reservasi – Singapura, meskipun ini adalah negara yang kecil mungil, namun Singapura adalah sebuah negara yang modern, rapi, bersih dan tertib. Hal itu juga yang membuat para turis doyan bolak-balik liburan ke Singapura. Tak terkecuali wisatawan Indonesia juga suka traveling ke sini. Bahkan, banyak yang menjadikan Singapura sebagai tujuan berlibur ke luar negeri pertama kali.

Nah, karena itu kali ini Travel Blog Reservasi akan mencoba berbagi tips dan panduan traveling untuk kalian yang baru pertama kali liburan ke Singapura. Entah dengan ala backpacker, atau ala traveling yang biasanya. Yang jelas, dengan budget hemat pun kalian tetap bisa traveling di Singapura tanpa ragu. Baca deh persiapan perjalanan liburan ke Singapura, juga itinerary dan tip hemat selama di Singapura dibawah ini ini:

Siapkan Paspor, Karena Tanpa Pasport Kalian Nggak Bisa Pergi ke Luar Negeri!

Panduan Liburan ke Singapura
Perpanjang Paspor

Membuat paspor sekarang ini gampang, nggak pake ribet. Dan Yang paling penting untuk dipastikan adalah masa habis berlaku paspor kalian. Jika kalian pergi ke luar negeri, masa berlaku paspor kalian tidak boleh kurang dari 6 bulan. Contohnya nih, jika kalian akan pergi ke Singapura tanggal 15 Agustus 2016, maka setidaknya masa habis berlaku paspor kalian haruslah 30 Februari 2015.

Tentunya jika masa berlakunya kurang dari 6 bulan, segeralah perpanjang paspor kalian. Konyol bukan kalau kalian sampai gagal bertualang ke luar negeri hanya karena masalah paspor yang belum diperpanjang.Apalagi sekarang ini cara membuat paspor baru atau cara memperpanjang paspor sudah nggak ribet lagi karena bisa online.

Biaya Perjalanan ke Singapura Akan Semakin Murah Kalau Kalian Bisa Dapat Tiket Promo

Bukan rahasia lagi, makin murah tiket pesawat makin sedikit pula biaya yang perlu dikeluarkan. Memang ketika jalan-jalan ke Singapura itu bisa menjadi murah karena ada banyak tiket promo pesawat murah ke Singapura. Pantengin terus tiket pesawat LCC yang sering memberikan tiket promo seperti AirAsia, Tigerair, atau Jetstar. Pun harga normal tiket pesawat jakarta singapura adalah IDR 400.000-600.000. Bisa lebih murah lagi jika sedang ada promo tiket ke Singapura 🙂

(Baca Juga : Liburan Murah Atau Bahkan Liburan Gratis Di Singapura? Bisa Kok!)

Menginap di Hostel Murah Atau Hotel Budget Murah Juga Salah Satu Cara Berhemat Liburan di Singapura

Pun negara tetangga ini nggak terlalu besar, namun biaya hidup di Singapura ini adalah salah satu yang termahal di Asia Tenggara. Karena itu, memilih hotel atau hostel yang tepat adala kunci untuk berhemat. Pilih penginapan di Singapura yang strategis lokasinya, sehingga kalian nggak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk transportasi. Tinggal jalan kaki saja untuk menuju beberapa atraksi di Singapura.

Coba booking 1 bulan sebelum tanggal kedatangan, biasanya kalian bisa mendapatkan harga penginapan yang jauh lebih murah. Jika mungkin menginap di hotel dirasa masih terlalu mahal, kalian bisa mencoba menginap di hostel. Coba menginap di hostel dengan tipe kamarnya dorm yang mirip seperti asrama dengan banyak tempat tidur. Mungkin kalian akan menginap bersama orang asing, tetapi rata-rata harga hostel di Singapura sekitar 100 ribuan untuk satu malamnnya. Murah sekali bukan hostel di Singapura itu?

(Baca Juga : Hey Backpacker! Ini Dia Rekomendasi Hostel Murah Untuk Backpacker Di Singapura)

Rancang Itinerary Seefisien Mungkin Agar Liburan Di Singapura Bisa Lebih Maksimal

Untuk itinerary, adalah contoh itinerary liburan di Singapura selama 3 hari.

Day 1: Dari Bandara Internasional Changi Ke Hotel di Singapura

panduan liburan ke Singapura
Wisata di Singapura

Usahakan take off dari Jakarta pagi hari agar sesampainya di Singapura bisa langsung jalan-jalan. Namun kalau take off siang hari, atau sore hari kalian bisa pergi ke penginapan terlebih dahulu untuk meletakkan bagasi. Misal kalian terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta jam 17:00 WIB, dengan waktu terbang adalah sekitar 2 jam kalian akan datang di Singapura jam 20.00 waktu Singapura (waktu lokal Singapura lebih awal 1 jam dari Jakarta).

Ketika tiba di Bandara Internasional Changi, langsung saja menuju terminal 2 di mana terdapat Mass Rapid Transportation atau MRT untuk menuju pusat kota Singapura atau hotel tempat kalian menginap. Kami memilih menggunakan MRT karena transportasi ini adalah yang tercepat dan termurah untuk menjangkau hotel di pusat Singapura. Sampai di penginapan, disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu karena tiba ketika malam hari.

Misalnya kalian akan menginap di daerah Geylang (tempat ini ada banyak penginapan murah). Misalnya kalian bisa mencoba menginap di Hotel Fragrance Ruby yang beralamat di Jl. 10 Lorong 20 Geylang, Singapura. Lokasi hotel ini cukup strategis, karena hanya berjarak 10 menit jalan kaki dari dan ke Stasiun MRT Aljunied. Dari Changi menuku ke Stasiun Aljunied menggunakan MRT akan memerlukan waktu sekitar 30 menit dengan tarif SGD 2,10.

Day 2: Menghabiskan Waktu Sommerset Skatepark, Narsis Di Merlion Park

Coba bangun pagi dan pada hari pertama kalian bisa menuju Sommerset. Sommerset ini adalah sebuah pusat perbelanjaan dan kawasan bisnis di Singapura yang cukup ramai. Lokasi Sommerset berada tak jauh dengan Orchard Road yang terkenal akan pusat perbelanjaannya dan barang-barang branded yang mahal.

Yang unik di Sommerset adalah arena bermain skateboard di Sommerset Skatepark (atau kadang dikenal juga dengan nama Scape Skate Park). Jadi buat kalian yang suka skateboarding, rasanya mencoba skating di tempat ini akan menyenangkan. Selain skatepark yang luas, grati pulas. Selain itu ada beberapa meja piknik di pinggir skatepark dikelilingi banyak pohon rindang untuk kalian yang ingin bersantai. Sommerset bisa dicapai dengan MRT dari Stasiun Aljunied dengan tarif SGD 1,70.

Jika sudah puas bersantai atau ber-skateboard di Sommerset, kalian bisa melanjutkan ke Stasiun MRT Raffles Place untuk naik MRT lalu bernarsis ria, foto di depan patung Merlion. Lokasi Patung Merlion berada di Merlion park yang hanya berjarak sekitar 10 menit berjalan kaki dari Stasiun MRT Raffles Place. Harga tiket MRT dari Stasiun MRT Sommerset ke Stasiun MRT Raffles Place adalah SGD 1,30.

Selain narsis di depan Merlion Park, kalian bisa menikmati lanskap Singapura yang dipenuhi dengan gedung tinggi. Memang hampir sebagian besar landmark singapura bisa disaksikan dari Merlion Park. Misalnya seperti Singapore Flyer, Esplanade, Singapore ArtScience Museum, Marina Bay Sands hingga Patung Merlion sendiri. Disini kalian bisa berkeliling dan menghabiskan waktu hingga malam hari. Pemandangan malam hari disekitar Merlion akan begitu cantik.

Panduan Liburan ke Singapura
Singapore Flyer

Day 3: Marina Bay Sands, Sentosa Island, Gardens by the Bay, Kembali Ke Jakarta Lewat Bandara Internasional Changi

Hari terakhir sebaiknya sekalian checkout, biar nggak perlu lagi ribet balik ke hotel. Pada hari ketiga ini kalian bisa berkunjung ke mengunjungi Sentosa Island. Di Sentosa Island ini ada banyak wahana dan atraksi menarik yang bisa kalian coba. Salah satu atraksi yang terpopuler di sini adalah Universal Studio Singapore.

Dari Stasiun MRT Aljunied kalian bisa naik MRT lalu turun di Stasiun Harbourfront untuk menuju Sentosa Island. Waktu tempuh dari Stasiun Aljunied kira-kira akan menempuh waktu sekitar 30 menit dengan tarif SGD 2. Setibanya diStasiun Harbourfront, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Sentosa Express dengan tarif SGD 4 untuk perjalanan pergi pulang (PP).

Di Sentosa Island yang kami lakukan hanya jalan-jalan berkeliling pulau sambil mengambil beberapa foto. Banyak atraksi yang bisa dicoba di sini, namun rata-rata tarifnya cukup mahal sehingga kami lebih memilih untuk melihat-lihat dan berkeliling saja. Destinasi selanjutnya yang bisa kalian kunjungi adalah Marina Bay Sands. Marina Bay Sands ini merupakan landmark ikonik Singapura, simbol kemewahan dan kehidupan glamor di Singapura.

Kasino, mal, hotel, dan perkantoran semua bisa ditemukan di Marina Bay Sand. Tidak jauh dari Marina Bay Sands, ada kebun unik yang dikenal denan Gardens By The Bay yang merupakan taman bunga terluas di Singapura mencapai 101 hektar. Waktu paling tepat untuk mengunjunginya adalah saat malam hari karena lampu-lampu cantik mulai menghiasi Supertree Grove dengan warna yang berbeda tiap menitnya.

Jika kalian sudah puas berkeliling di Garden By The Bay, kalian bisa langsung menuju Bandara Internasional Changi untuk terbang kembali ke Jakarta.

Tips Hemat Liburan Di Singapura

(Baca Juga : Tips Praktis, Packing Pakaian Untuk Traveling!)

1. Beli Kartu MRT Untuk Multi Trip (EZYLink Card Atau Singapore Tourist Pass)

Belilah kartu MRT (multi trip) untuk turis yang bisa dibeli di beberapa Stasiun MRT. Dengan menggunakan kartu multi trip ini, kalian akan mendapatkan dua keuntungan. Pertama, tarif akan lebih murah daripada tiket satuan (single trip). Kedua, kalian bisa menggunakan kartu multi trip tidak hanya untuk MRT tapi juga untuk bus umum. Enak bukan?

Untuk membeli kartu multi trip, harganya adalah SGD 12, dan kalian akan mendapatkan saldo sebesar SGD 7. Jika saldo habis, tenang saja, karena kalian bisa mengisi saldo dengan minimal top up sebesar SGD 10. Dan jika ternyata saldo kartu masih tersisa saat pulang ke rumah, kartu bisa dikembalikan untuk ditukar dengan uang cash sisa saldo kartu tersebut.

2. Belilah SIM Card Lokal Di Singapura Untuk Kalian Yang Ingin Selalu Terkoneksi Dengan Internet

Jika kamu ingin selalu online selama liburan di Singapura, lebih baik membeli SIM card lokal dari provider Singtel. Kartu SIM ini bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko 7-11 (Seven Eleven). Pastikan kalian membawa paspor saat membelinya, karena kalian akan diminta menunjukkan paspor untuk proses verifikasi data. Harga SIM card ini adalah SGD 15, dengan saldo sebesar SGD 18. Jumlah yang lebih dari cukup untuk langganan paket data selama seminggu di Singapura.

3. Restoran Dengan Menu Halal Juga Bisa Ditemukan Dengan Mudah Di Singapura

Bagi kalian yang muslim, di Singapura terdapat banyak makanan halal di warung makan khas India dan Melayu. Nasi briyani yang mirip seperti nasi goreng, bisa kalian coba. Atau bisa juga mencoba makanan melayu yang lain seperti nasi lemak untuk kalian yang nggak suka dengan masakan India. Selain itu di Singapura juga bisa ditemukan dengan mudah masakan dari Indonesia, asal kalian mau mencarinya.

4. Roti Prata, Makanan lezat Untuk Kalian Yang Ingin yang hemat

Kalau mau mencoba cemilan murah tapi mengenyangkan, kamu bisa menjajal roti prata. Cara makannya pun cukup simpel hanya dengan mencocol roti ke kuah kare yang disediakan. Roti ini biasanya tersedia di rumah makan khas India dengan harga SGD 1 untuk satu porsi.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : ItineraryPanduan WisataSingapura
Reservasi.com

The author Reservasi.com

3 Comments

Leave a Response