close

Lezatnya Kuliner Khas Banjarmasin yang Menggoda Selera

Lezatnya Kuliner Khas Banjarmasin yang Menggoda Selera

Travel Blog Reservasi – Berbicara tentang kuliner di Banjarmasin tentunya tidak akan ada habisnya. Tempat ini merupakan salah satu kota yang kaya akan makanan enak dan lezat dan selalu diincar oleh para wisatawan.

Baca Juga Icip Icip Kuliner Jawa Timuran di Festival Kuliner Serpong 2016

Mulai dari makanan olahan lontong, ketupat, nasi kuning, seafood, sampai aneka kue dan camilannya pun memiliki rasa yang lezat dan sayang jika kamu tidak menyantapnya. Berikut 10 makanan khas Banjarmasin yang enak dan lezat.

1. Lontong Orari

Kuliner khas Banjarmasin
Picture by: lifestyle.liputan6.com

Nama yang sangat unik ini ternyata di ambil dari para komunitas ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia), memiliki bentuk unik menyerupai segitiga ini disajikan lengkap dengan opor nangka muda yang sedap sekali.

Dibandrol dengan harga Rp30.000/porsi, Lontong Orari ini merupakan hidangan khas yang bisa membuat kamu tergiur, dan tentu saja rasanya sangat pas di lidah orang Indonesia. Rasanya pedas dan lauk tambahannya yang beragam bikin kamu tak bisa menahan untuk mencicipnya. Bikin ngiler ya?

2. Ketupat Kandangan

Makanan Khas Banjarmasin
Picture by: diakuin.blogspot.com

Walaupun sama-sama terbuat dari Beras, tapi Ketupat Kandangan ini sangat berbeda dengan Lontong Orari. Merupakan salah satu kuliner yang sangat terkenal khas Banjarmasin ini berasal dari Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Yang membedakan ketupat Kandangan ini dengan yang lain adalah cara penyajiannya yang dihidangkan dengan ikan gabus asap sebagai menu pelengkapnya beserta kuah yang disiramkan ke ketupatnya. Cara menikmati ketupat atau lontong biasanya dengan menggunakan sendok dan garpu, berbeda dengan kebudayaan masyarakat Banjarmasin. Mereka akan menyantap Ketupat Kandangan ini dengan menggunakan tangan dan tidak memakai sendok sama sekali.

3. Bingka

Makanan Khas Banjarmasin
Picture by: my-said.blogspot.com

Kue tradisional khas Banjar, Kalimantan Selatan ini memiliki rasa yang sangat manis dan lembut. Merupakan salah satu kue yang selalu dipakai dalam tradisi Banjar dan bisa kamu temui dalam setiap acara-acara istimewa seperti pernikahan. Tidak hanya pada saat pernikahan, walaupun kue Bingka ini terkenal pada acara tertentu, tetapi kamu juga bisa menemukannya di seluruh pelosok Banjarmasin, dan sangat cocok kamu bawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat terdekat.

4. Soto Banjar

Makanan Khas Banjarmasin
Picture by: www.makanajib.com

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini. Tidak hanya terkenal di Banjarmasin, tetapi juga hampir di seluruh penjuru kota di Indonesia, termasuk di Jakarta. Sama seperti soto pada umumnya, hanya saja Soto Banjar ini disajikan dengan menggunakan lontong dan lebih memiliki macam rempah-rempah, seperti bawang merang, bawang putih, jintan, adas dan kayu manis yang membuat rasanya berbeda dari Soto lainnya yang pernah kamu cicipi sebelumnya. Biasanya Soto Banjar ini akan dilengkapi dengan telur, dan perkedel di atasnya dan tidak ketinggalan dengan menambahkan perasan jeruk nipis, tentunya akan membuat soto ini lebih terasa segar dan lezat.

5. Manday

Makanan Khas Banjarmasin
Picture by: www.masakandapurku.com

Jika melihat sekilas mungkin kamu akan menduga makanan ini terbuat dari suiran daging ayam, ternyata tidak sama sekali. Makanan yang merupakan olahan dari kulih buah cempedak ini sudah menjadi favorit oleh para wisatawan dan masyarakat sekitar. Manday ini dimasak dengan cara ditumis atau dioseng dan disajikan dengan menggunakan sedikit santan dan taburan ikan kecil agar rasanya lebih sedap!


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BanjarmasinKuliner
Narisha Zulkarnain

The author Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Response