close

Ini Cara Memberi Salam yang Unik di Berbagai Negara

11747310-greetingspreview1-1487272240-650-3766ff710c-1487335826
Sumber : brightside.me

Travel Blog Reservasi – Memberi salam adalah hal penting yang harus kamu lakukan saat traveling. Hal ini dilakukan sebagai bentuk sopan santun dan penghormatan kepada penduduk lokal yang tinggal di tempat yang kamu kunjungi.

Kalau di Indonesia, kamu mungkin sudah familiar dengan tradisi salim atau bersalaman. Salim atau mencium tangan biasanya dilakukan saat bertemu dengan orang yang usianya lebih tua. Sementara bersalaman dilakukan saat kamu berkenalan dengan teman sebaya.

Tahukah kamu kalau beberapa negara di dunia ini punya tradisi atau cara memberi salam yang unik? Mulai dari menjulurkan lidah, mencium hidung, hingga meludah.

Dirangkum dari berbagai sumber oleh Reservasi.com, Senin (10/04/2017) ini dia ulasan cara memberi salam yang unik di berbagai negara.

Filipina

Cara memberi salam yang unik
Tradisi Mano (brightside.me)

Sama seperti Indonesia, Filipina punya cara memberi salam yang unik untuk menunjukan rasa hormat dengan orang tua dengan cara menjabat tangan mereka lalu ditempelkan ke kening. Kalau di sini disebut salim, orang Filipina menyebut cara ini sebagai Mano.

Jepang

Membungkuk (brightside.me)

Warga Jepang akan membungkuk saat menyapa seseorang. Postur membungkuknya pun berbeda tergantung dengan situasi. Jika dalam situasi formal dan bertemu dengan orang  yang dihormati, postur membungkuk bahkan bisa sampai sembilan puluh derajat. Berbeda kalau memberi salam teman sepantaran. Kamu hanya perlu memberi anggukan kecil untuk menyapa mereka.

India

Namaste (brightside.me)

Orang India akan mengucapkan Namaste sambil menempelkan kedua tangan mereka lalu meletakannya ke depan dada.

Thailand

Wai (brightside.me)

Sama seperti India, warga Thailand selalu memberi salam seseorang dengan cara menempelkan kedua tangan dan meletakannya di depan dada lalu sedikit membungkuk seperti orang sedang berdoa. Cara memberi salam yang unik ini disebut dengan Wai. Semakin tinggi posisi tangan, berarti orang yang disapa memiliki kedudukan yang dianggap terhormat.

Prancis

Tradisi mencium pipi di Prancis (brightside.me)

Warga Prancis akan memberikan ciuman di kedua pipi saat bertemu dengan seseorang.

Selandia Baru

Tradisi Hongi (brightside.me)

Warga Selandia Baru akan melakukan Hongi saat memberi salam seseorang. Tradisi menyapa yang unik ini dilakukan dengan cara saling berhadapan lalu menekan hidung dan kening satu sama lain. Hongi sendiri memiliki arti berbagi nafas kehidupan.

Arab

Warga Arab saling memberi salam (brightside.me)

Di Arab, orang-orang akan berjabat tangan sambil mengucap Assalamualaikum saat memberi salam. Lalu mereka akan berhadapan dan saling menekan hidung lalu meletakkan tangan mereka ke bahu rekannya.

Tibet

Menjulurkan lidah (brightside.me)

Menjulurkan lidah ke orang yang baru dikenal mungkin akan dianggap tidak sopan. Namun, hal ini tak berlaku di Tibet. Masyarakat Tibet akan menjulurkan lidah mereka saat memberi salam. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan kalau mereka bukanlah reinkarnasi dari raja jahat yang menguasai Tibet di abad ke-9. Raja ini dikenal memiliki lidah berwarna hitam.

Kenya

Meludah adalah cara unik masyarakat Kenya saat memberi salam (brightside.me)

Jangan sekali-kali kamu meludah ke orang yang baru dikenal. Sebab, apa yang kamu lakukan ini akan dianggap sebagai wujud penghinaan. Tapi, pengecualian kalau kamu sedang traveling ke negara Kenya. Cara memberi salam yang unik sepertinya ada di negara ini. Pasalnya, Suku Masai, penduduk asli Kenya menganggap kalau meludah adalah bentuk sopan santun yang besar. Selain itu, pemuda di suku ini pun harus meludahi tangan mereka sebelum berjabat tangan.

Zimbabwe

viralotomy.com

Selain ungkapan semangat, tepuk tangan pun bisa dilakukan sebagai cara untuk memberi salam seseorang. Saat menyapa, berterima kasih, atau mengucapkan selamat tinggal, penduduk Zimbabwe akan menepuk tangan mereka.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : tradisiUnik

Leave a Response