close

Ingin Terbang Saat Musim Liburan? Baca Ini Dulu Sebelum Booking!

terbang saat liburan (3)
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Terbang menggunakan pesawat pada saat musim liburan atau saat high season mungkin memang bukan ide buruk, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk melakukan booking tiket pesawat pada saat musim liburan.

Menjelang Libur tahun baru dan Liburan Natal, biasanya banyak keluarga yang mulai mencari tiket pesawat untuk liburan baik tujuan domestik maupun tujuan internasional. Seperti dilansir dari Google Travel (4/12), berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat kamu memutuskan untuk berlibur jelang Libur tahun baru 2018 nanti.

1. Berangkat lebih awal atau berangkat terakhir

Libur Natal tahun 2017 kali ini jatuh pada hari Senin artinya penerbangan akan sangat padat dua hari sebelumnya yaitu jatuh pada tanggal 23 hari Sabtu atau tanggal 24 hari Minggu. Salah satu cara untuk menghindari hari paling sibuk baik di bandara maupun di pesawat adalah dengan cara berangkat lebih awal pada hari Jumat yaitu tanggal 22 atau berangkat terakhir pada tanggal 25 tepat pada saat libur natal.

Apa alasannya? Biasanya pada saat 2 hari paling sibuk tersebut kemungkinan besar kamu akan menjadi salah satu penumpang yang akan merasakan delay atau keterlambatan pesawat. Tidak bisa dimungkiri bahwa pada saat itu volume penumpang dan pesawat akan lebih banyak daripada hari biasanya. Akan menambah beban pekerjaan air traffic control di bandara.

Lebih baik kamu mengorbankan cuti satu hari daripada harus merasakan betapa bosannya menunggu ketika pesawat mengalami delay tanpa kejelasan.

2. Hindari bandara yang paling sibuk

terbang saat liburan
shutterstock

Jika tujuan kamu ke Bali, sebetulnya kamu bisa terbang ke Banyuwangi atau melalui Lombok. Kedua bandara tersebut cukup dekat dengan Bali. Bahkan kamu bisa mendapatkan pengalaman baru dengan mengunjungi kota baru. Apalagi biasanya kamu bisa mendapatkan harga promo atau harga yang lebih rendah dibandingkan ke tujuan dengan bandara utama yang sudah terkenal sangat sibuk dibandingkan bandara lainnya.

Begitu juga jika kamu hendak berangkat ke Yogyakarta ataupun Surabaya. Kedua kota besar ini merupakan bandara yang paling sibuk. Namun ada beberapa alternatif misalnya kamu bisa turun di Solo atau di Semarang Jika kamu sudah rencana untuk liburan di Yogyakarta. Begitu juga jika kamu ke Surabaya kamu bisa mencari alternatif lain dengan terbang ke melalui Malang.

3. Terbang ke kota lain

Perayaan natal biasanya lengkap juga dengan kebiasaan mudik. Tak berbeda jauh dengan perayaan lebaran pada saat setelah bulan puasa. Namun kali ini kamu bisa memiliki banyak pilihan untuk wisata ke tempat-tempat ya mungkin saja belum pernah kamu kunjungi misalnya ke Palembang, Lampung, Padang, atau Medan.

Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi selain Bali, Yogyakarta ataupun Surabaya. Namun jika kamu memang memiliki bujet lebih banyak kamu bisa mengeksplorasi tempat wisata di Kalimantan ataupun di Sulawesi. Misalnya jika kamu ke Makassar, 2 jam dari Makassar kamu bisa mengunjungi Pulau Kodingareng yang memiliki pantai dengan pasir putih yang bersih dan air laut sebening kristal.

4. Jangan tunda untuk booking tiket pesawat

shutterstock

Harga tiket pesawat biasanya naik 21, 14, dan 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. Jadi sebaiknya jangan pernah menunda untuk melakukan booking tiket pesawat jika kamu mendapatkan harga terbaik pada saat itu. Apalagi jika sedang ada promo yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan ataupun promo yang ditawarkan oleh Reservasi.com setiap harinya.

Pantau juga beberapa program kartu kredit ataupun dari bank yang bekerjasama dengan reservasi.com untuk mendapatkan harga tiket pesawat terbaik atau penawaran hotel dengan diskon terbaik untuk semua tujuan hampir di 200 ribu pilihan hotel domestik dan dunia.

5. Tambah jatah cuti kamu

Pada saat liburan tahun baru sebaiknya kamu menambah jatah cuti kamu. Sisakan hari kosong untuk istirahat di rumah sebelum kembali beraktifitas di kantor. Pastikan kamu kembali ke kantor dalam kondisi bugar dan bukan dalam kondisi sebaliknya.

Baca tips menarik lainnya dari Reservasi.com

Tags : BaliPesawatTips

Leave a Response