Ingin Tahu Cara Mengapung Secara Terlentang dengan Baik? - Reservasi Travel Blog

Ingin Tahu Cara Mengapung Secara Terlentang dengan Baik?

Travel Tips108
Ingin Tahu Cara Mengapung Secara Terlentang dengan Baik? pixabay

Travel Blog Reservasi – Mengapung secara terlentang sangat berguna bukan hanya untuk berelaksasi di pantai atau di danau tapi juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menyelamatkan diri saat terjadi musibah kapal tenggelam.

Cara mengapung secara terlentang seperti ini bahkan diajarkan pada pelajar di Jepang sebagai salah satu cara untuk menghadapi kondisi darurat seperti banjir karena tsunami.

Baca Cara Menyelamatkan Diri dari Kapal yang Tenggelam

Mengapung secara terlentang memang tidak terlalu banyak memerlukan energi seperti berenang. Caranya pun sangat sederhana sekali.

Kamu hanya perlu memosisikan kepala, tubuh bagian atas dan hingga bagian kaki dengan posisi yang tepat. Lali bagaimana caranya agar bisa mengapung secara terlentang? Berikut adalah cara terbaik untuk bisa mengapung secara terlentang yang dilansir dari wikihow (3/7).

1. Bersiap untuk mengapung secara terlentang

Bersikap tenang dan jangan panik saat berada di kolam renang. Jika kamu sudah merasa panik biasanya tubuh akan sulit melawan gravitasi bumi.

Kamu harus merasa rileks dan santai saat ingin mengapung secara terlentang di kolam renang. Tentu saja situasinya akan sangat berbeda ketika kamu harus mengapung di danau apalagi di laut yang penuh dengan ombak.

Berusahalah untuk setenang mungkin agar kamu bisa berpindah dari sisi kolam satu ke sisi kolam lainnya dengan cara terlentang tanpa bantuan orang lain.

Namun, jika ternyata kamu belum bisa berenang, sebaiknya mintalah bantuan teman atau instruktur renang yang berpengalaman.

2. Cari teman yang bisa mengajari berenang

Jika kamu baru pertama kali mempelajari teknik mengapung secara terlentang, ada baiknya mencari teman yang bisa memandu kamu.

Pastikan bahwa keselamatan menjadi prioritas utama. Jangan sampai saat sesi latihan justru menjadi insiden yang tidak diinginkan.

Selain membutuhkan rekan yang bisa membantu kamu, sebaiknya juga kamu berenang di area yang aman misalnya di kolam renang umum yang memiliki penjaga yang dapat mengawasi pengunjung kapan saja.

3. Gunakan alat bantu untuk pertama kali

Untuk permulaan, jangan terlalu terburu-buru ingin bisa lebih cepat. Semua pasti ada prosesnya.

Cobalah menggunakan alat pelampung untuk membantu kamu agar bisa mengapung secara terlentang dengan baik.

Cobalah untuk merasakan dengan nyaman dan tenang meskipun kamu masih menggunakan alat bantu.

Atur juga pernapasan. Imajinasikan bahwa paru-paru kamu adalah pelampung. Saat terisi, badan kamu akan mengambang, sebaliknya, saat udara dikeluarkan dari paru-paru, tubuh kamu akan ikut tenggelam.

Ukur berapa banyak udara yang perlu dikeluarkan agar kamu tetap bisa mengambang secara terlentang tanpa harus tenggelam.

4. Meluruskan tubuh rata dengan permukaan air

Setelah berhasil mengambang, cobalah untuk meluruskan semua tubuh sehingga rata dengan permukaan air.

Tentu saja kamu harus meminta bantuan orang lain untuk mengeceknya. Idealnya posisi yang rata dengan permukaan air adalah posisi punggung hingga pangkal tulang ekor.

Jika kamu sudah berhasil mendapatkan posisi terbaik, kamu bisa menggunakan kaki sebagai pedal untuk berenang secara terlentang.

Jangan terburu-buru, lakukan latihan ini dengan menggunakan alat bantu.

Photo by Porapak Apichodilok from Pexels

5. Atur posisi kepala dengan baik

Salah satu rahasia cara mengapung secara terlentang adalah menghadapkan wajah ke arah langit.

Memang dibutuhkan rasa percaya diri agar kamu bisa cukup berani melakukannya. Biarkan kedua telingamu terendam air asal hidung kamu berada di atas permukaan air sehingga kamu tetap bisa bernafas dengan mudah.

Inilah inti dari mengapung secara terlentang dalam air. Posisi terlentang tidak membutuhkan energi terlalu banyak saat berenang dan kamu tetap bisa bernafas secara normal meskipun berada di dalam air.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *