Informasi Segmentasi Pasar Hostel - Reservasi Travel Blog

Informasi Segmentasi Pasar Hostel

Travel Accomodation138
Informasi Segmentasi Pasar Hostel

Travel Blog Reservasi – Mari kita bahas tentang global chain hotel segment. Secara dunia, kelas hotel dibagi berdasarkan bintang dan grade nya. Tetapi, grup hotel global (Marriott, StarWood, IHG, Accor, Hilton, Hyatt etc) yang memiliki berbagai macam merk biasanya memiliki cara pembagian yang berbeda. Dengan penilaian sendiri akan value mereka dan juga membandingkan dengan barang merk lain, secara natural terbentuklah segment yang biasa disebut chain scale.

Kalau chain scale dibagi menjadi kategori besar, terbentuklah empat bagian. Diurutkan dari peringkat teratas Luxury, Upscale, Midscale and Economy. Di antara itu pun ada juga Upper Upscale dan Upper Midscale tetapi mari kita bahas dahulu pembagian secara besar.

Berbagai macam servis yang diberikan oleh hotel dan servis tambahan dibagi menjadi Full Service dan Select Service. Hotel segment tidak bisa dibedakan semudah itu, tetapi biasanya hotel-hotel di atas Upscale adalah hotel full service dan hotel-hotel di bawah Midscaleadalah hotel dengan select service. Selain itu, tergantung ameniti dan ukuran hotel, lokasi (negara) dan lain-lain bisa ada yang berbeda  dengan apa yang tertera di situs grup hotel global.

The Top Rank, Luxury

Arti kata ‘luxury’ di dalam kamus adalah ‘terlihat mahal dan mewah’. Selama beberapa tahun terakhir ini, kata luxury dan premium amatlah sering digunakan di dalam iklan sehingga membuat kita merasa familiar dan tidak merasakan apapun lagi saat mendengar kata-kata tersebut. Tetapi di dalam dunia bisnis hotel masih digunakan untuk mewakili servis dan fasilitas terbaik.

Hotel-hotel berbintang 6 dan 7 termasuk dalam segment ini. Biasanya adalah hotel-hotel terkenal di masa lampau yang diambil alih oleh global chain (St.Regis, Ritz Carlton, Waldorf Astoria), ada juga merk-merk tersendiri (Bvlgari Hotel, dll) dan yang berkonsep unik ( W Hotel, Andaz dll). Mayoritas adalah hotel-hotel yang terkenal karena keunikan servisnya.

  • Marriott: JW Marriott, Ritz Carlton, BVLGARI
  • Starwood: St.Regis, W Hotel, Luxury Collection
  • Accor: Sofitel
  • IHG: InterContinental
  • Hyatt: Park Hyatt, Andaz, Grand Hyatt
  • Hilton: Waldorf Astoria, Conrad

Bentuk Hotel yang Familiar, Upscale

Ini adalah bentuk hotel yang paling banyak dan popular dari grup hotel global. Mayoritas adalah hotel-hotel yang berbintang 5 atau bintang 4 paling rendah secara global dan hotel yang memberi kepuasan kepada  para wisatawan dan  pembisnis kaya. Sudah pasti banyak kasus dimana adanya ketidak puasan terhadap harga tetapi tidak semahal hotel luxury.

Segment ini bisa dibilang batas terakhir untuk hotel yang menawarkan full service. Akan tetapi, akhir-akhir ini jumlah wisatawan muda melonjak dan terkesan turunnya semangat untuk berkembang secara global mengakibatkan melemahnya Midscale.

  • Marriott : Marriott, Renaissance
  • Starwood: Westin, Sheraton, Le Meridien
  • Accor: Pullman, Grand Mercure
  • Hyatt: Hyatt, Hyatt Regency
  • Hilton: Hilton

Midscale, yang Paling Tepat dengan Arti Bisnis

Bisa disebut sebagai hotel yang paling terkenal akhir-akhir ini karena kebanyakan hotel yang baru dibangun langsung didirikan berdasarkan level Midscale. Dimulai dari tingkatan inilah Select Service ada, tetapi kolam renang, ruangan banquet dan beberapa restoran yang bernuansa santai sudah tersedia.

Di segment inilah hotel-hotel lokal bernama Lotte City, Shilla Stay berkembang secara aktif. Akan tetapi untuk merk luar, hotel berbintang 3 di Amerika juga memperlihatkan kualitas seperti merk berbintang 4 di Asia.

  • Marriott: Courtyard By Marriott, Residence Inn
  • Starwood: Alford, Four Points By Sheraton
  • Accor: Novotel, Mercure
  • IHG: Holiday Inn
  • Hyatt: Hyatt Place
  • Hilton: Double Tree, Garden Inn

Economy, Berarti Sama Dengan Tipe Kursi Pesawat?

Hotel ekonomi selalu terbuka setiap saat. Dan seperti namanya, dengan merasakan sendiri kita bisa mengetahui seberapa ketat persaingan yang terjadi. Mereka menyediakan servis berupa Late check in, early check out, makan pagi yang simple, kamar untuk seorang sampai 3 orang yang ringan dikantong bagi wisatawan.

Selain itu, ini untuk perjalanan bisnis yang berdana sedikit. Sebagai contoh, hotel Jepang yang terkenal di domestik (KorSel) adalah Toyoko Inn dan merk Ibis dari Accor (Ibis, Ibis Style, Ibis Budget. Ibis Budget yang paling cocok dengan kelas Ekonomi dan yang lainnya berada di level sedikit lebih tinggi).

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *