Indahnya Wajah Baru Masjid Baiturrahman Aceh yang Mirip Masjid Nabawi - Reservasi Travel Blog

Indahnya Wajah Baru Masjid Baiturrahman Aceh yang Mirip Masjid Nabawi

Travel News133
Indahnya Wajah Baru Masjid Baiturrahman Aceh yang Mirip Masjid Nabawi shutterstock

Travel Blog Reservasi – Kini, Masjid Baiturrahman Aceh kian bersolek. Tampilannya sekarang disulap mirip Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

Sekilas tentang Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M. Dahulu pada tanggal 10 April 1873 saat masa penjajahan Belanda, masjid ini sempat dibakar.

Lalu, berselang beberapa tahun kemudian, serdadu penjajah membangun kembali masjid pada tahun 1877 untuk menarik perhatian serta meredam kemarahan masyarakat Tanah Rencong, lalu kini masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini sudah berganti wajah.

Sumber gambar: Serambi Indonesia/M Anshar

Baca juga:

Wajah baru Masjid Baiturrahman

Hamparan rumput hijau yang dahulu menutup sekeliling halaman di luar masjid, kini digantikan oleh lantai marmer dan ditambah 12 payung elektrik raksasa.

12 unit payung dan lantai marmer, serta sebuah kolam yang dibangun di halaman depan membuat masjid kebanggaan masyarakat Aceh ini kian istimewa.

Perubahan Masjid Baiturrahman tak berhenti di situ, karena di basemen masjid juga akan dilengkapi dengan tempat wudhu, serta toilet pria dan wanita yang semua bahannya terbuat dari batu marmer Italia atau Spanyol.

Sementara untuk bagian atas, pada pinggiran halaman akan ditanam 33 pohon kurma dan satu pohon geulumpang. Sedangkan di tengah halaman akan dijadikan kawasan hijau dengan cara menanam rumput hijau dan berbagai jenis bunga warna warni.

Pembangunan infrastruktur ini juga ramah disabilitas. Dari basemen menuju plaza atau pekarangan, terdapat beberapa lift. Sehingga, nantinya wisatawan yang berkunjung ke sini, dapat menikmati keindahan Masjid Baiturrahman dari berbagai sudut.

Proyek menakjubkan ini dikerjakan oleh PT Waskita Karya di Kompleks Masjid Raya Baiturrahman menelan dana tak kurang sekitar dari Rp 458 miliar.

Sumber gambar: Serambi Indonesia/M Anshar

Daya tarik baru wisatawan

Meski pembangunan proyek spektakuler ini belum sepenuhnya rampung, namun kehadiran payung elektrik ini sudah menjadi daya tarik baru bagi wisatawan.

Nantinya masjid ini tak hanya digunakan sebagai rumah ibadah bagi kaum muslimin saja, tapi juga menjadi pusat perkembangan peradaban Islam terbesar di Asia Tenggara.

Jadi, gimana kamu tertarik melihat langsung wajah baru Masjid Baiturrahman Aceh ini? Jangan lupa sebelum berlibur, dapatkan harga terbaik tiket pesawat dan hotel di Reservasi.com

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *