close

Ide Destinasi Liburan ke Bandung yang Asik nan Seru!

Travel Blog Reservasi – Ketika liburan sudah tiba tapi bingung mau liburan kemana!? Kenapa enggak mencoba berlibur ke Bandung? Meskipun sudah banyak yang berlibur ke Bandung, tetapi kota ini tidak pernah membosankan kok. Suasana yang dingin, destinasi wisata yang menarik, dan kuliner yang selalu menggoda. Nah, para traveler sekalian semoga ide destinasi liburan ke Bandung yang asik nan seru ini bisa bermanfaat untuk mencari inspirasi liburan kalian ya! 😀

1. Selfie Sampai Hepi Di Tebing Keraton

Bukit, lembah dan gunung mungkin adalah lansekap standar dari Bandung. Kota destinasi liburan paling favorit orang – orang Jakarta ini memang berada di ketinggian, dan dikelilingi bukit dan pegunungan. Karena itu lokasinya dingin, adem dan segar. Dengan kondisi lansekap yang seperti itu, Bandung mempunyai banyak destinasi puncak bukit dengan pemandangan yang menyegarkan. Salah satunya adalah Tebing Keraton atau para netizen dan instagramer lebih mengenalnya dengan Tebing Selfie.

Lokasi dari Tebing Keraton atau tebing selfie ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, lokasinya berada di daerah Dago. Pun, jalan menuju tebing keraton agak menanjak dan beberapa aspalnya tidak utuh. Bagapimanapun, Tebing Keraton adalah salah destinasi favorit di bandung yang wajib dikunjungi karena kemegahannya. Seperti kata penemu tebing ini pertama kali Pak Asep, Tebing Keraton berarti kemegahan alam. Yakin enggak mau selfie dengan keindahan alam Tebing Keraton di Bandung?

Tenang saja, tiket masuknya murah kok, cuma IDR 11.000 saja! Travel Blog Reservasi menyarankan untuk berlibur ke Tebing Keraton ini ketika hari biasa, karena cenderung lebih sepi. Kalau berkunjung ke Tebing Keraton ketika hari libur, dipastikan tempat ini sedikit sesak. Kecuali datang di pagi hari, mungkin masih agak sepi 🙂

(Baca Juga : Bukit Moko, Menikmati Malam Hari Bandung Dari Ketinggian)

2. Mencoba Pengalaman Berbeda, Belanja Dan Kuliner Di Floating Market Lembang

Kalau mau merasakan sensasi berbelanja yang berbeda, mungkin teman – teman travelers harus mulai merencanakan liburan ke Kota Bandung. Kenapa? Karena di kota Bandung yang asik untuk liburan ini ada satu destinasi unik untuk berbelanja sekaligus berburu kuliner. Namanya, Floating Market Lembang.

Seperti namanya Floating Market ini lokasinya berada di daerah Lembang, Bandung Utara. Tepatnya sih berada di dekat Grand Hotel Lembang. Mencari pintu masuknya enggak sulit, karena ada banyak petunjuk untuk menuju ke Floating Market setelah sampai di Lembang.

Untuk bisa menikmati suasana Floating Market Lembang, teman – teman traveler bisa mengunjunginya mulai dari Senin hingga Minggu. Iya, setiap hari tempat ini buka kok! Hanya saja, ketika hari biasa teman – teman traveler hanya bisa menikmati pemandangannya saja, karena banyak penjual yang tutup. Pun masih ada beberapa penjual jajanan di pasar terapung yang masih bisa dibeli jualannya. Tiket masuk menuju Floating market adalah IDR 10.000 per orang, dan tiket untuk mobil adlaah IDR 5000. Menyenangkannya, tiket bisa ditukarkan dengan soft drink di bagian dalam.

Satu yang perlu di ingat ketika di Floating Market Lembang. Sebelum berbelanja, teman – teman traveler harus menukarkan uang rupiah ke koin yang khusus dipakai untuk berbelanja di Floating market. Karena semua transaksi di Floating Market Lembang harus menggunakan koin ini saja. Sementara untuk harga makanan di tempat ini pun bervariasi mulai dari IDR 5.000 hingga IDR 35.000.

(Baca Juga : Situs Batu Kuda Gunung Manglayang Bandung Yang Penuh Misteri)

3. Taman Kota Hopping Di Bandung

Oke, liburan ke Bandung nggak harus berlibur ke tempat – tempat wisatanya saja. Terimakasih kepada walikotanya yang peduli dengan tata kota yang menyenangnkan, bandung punya banyak taman kota unik dan menarik. Sayang sekali kalau liburan ke bandung, tetapi enggak sempat mampir ke taman kotanya.

Seperti salah satunya adalah Taman Lansia. Sebelumnya taman ini lebih dikenal sebagai Taman Cilaki atau Taman Cisangkuy. Sebutan tersebut tentu adalah karena nama jalan yang mengapit taman ini. Sekarang penyebutan taman Lansia mungkin disebabkan oleh banyaknya lansia yang berolahraga di tempat ini, termasuk juga dengan adanya jalan refleksi. Nah dengan batu-batu kali yang sengaja ditonjolkan ini bisa dimanfaatkan sebagai terapi refleksi di telapak kaki.

Atau satu lagi yang unik yaitu Taman Jomblo. Para jomblowan dan jomblowati jangan tersindir dengan nama ini ya. Karena penamaan “Taman Jomblo” di taman ini memang sesuai dengan fungsinya. Iya, Taman Jomblo ini sering digunakan dalam aktivitas berkumpul pemuda dan pemudi Bandung. Jadi, Buat yang Jomblo/Jomblowati mungkin bisa sekalian cari jodoh di taman ini? 😀 Atau malah mau mencoba mengunjungi beberapa taman lainnya seperti Taman Fotografi, Taman Persib, Taman Film dan masih banyak lainnya!

4. Menikmati Suasana Romantis Di Bukit Moko, Bandung

Mau melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian? Datanglah ke Bandung, tepatnya ke Bukit Moko. Dari Bukit Moko ini teman – teman traveler bisa menikmati cahaya lampu malam hari Kota Bandung, juga sunset dan sunrise ketika hari sedang cerah.

Bukit Moko ini berada pada ketinggian sekitar 1500 meter di atas permukaan laut, dan ada yang bilang kalau ini adalah titik tertinggi di Bandung. Entah tepatnya berapa tapi jangan heran kalau udara di sini akan dingin. Jangan sampai salah kostum ya, siapin jaket yang tebal! Untuk menuju ke Bukit moko bisa lewat jalan Padasuka, naik ke atas hingga Caringin Tilu, lalu sedikit terus ke atas hingga sampai ke Bukit Moko.

Tidak perlu membayar tiket masuk di Bukit Moko, hanya saja teman – teman traveler harus memesan makanan dan minuman di Warung Daweung, satu-satunya warung yang ada di sini. Dengan udara yang dingin ditambah anginnya yang cukup kencang menghangatkan diri dengan makanan atau minuman hangat di Warung Daweung akan sangat menyenangkan, sambil menikmati indahnya landscape Kota Bandung.

(Baca Juga : Angklung for the World, Pemecahan Rekor Pemain Angklung Terbanyak Di Dunia)

5. Belajar Sekaligus Bermain Di Saung Angklung Mang Udjo

Saung Angklung Mang Udjo sebenarnya bukan warung makan, atau destinasi wisata yang umum seperti taman hiburan dan destinasi alam. Tempat ini sebenarnya adalah adalah galeri seni kesenian khas Sunda yang berlokasi di daerah Padasuka, Bandung.

Saung angklung ini didirikan oleh seniman angklung yang bernama Udjo Ngalagena (Alm) dan Uum Sumiati pada tahun 1967. Harga tiket masuk Saung Mang Udjo sendiri dihargai Rp.60.000 untuk turis domestik dan Rp.100.000 untuk asing. Nggak terlalu mahal untuk pengalaman yang didapatkan nanti.

Uniknya meskipun hanya barlabel “saung” tapi tempat ini malah banyak digemari oleh para traveler yang penasaran dengan kesenian musik Sunda tersebut. Mungkin karena banyak yang ingin berlibur sambil belajar kesenian ya. Banyak traveler yang suka berkunjung ke Saung Angklung Mang Udjo ini.

Didirikan di atas tanah dengan luas 1,2 hektar, pengunjung tidak hanya bisa menikmati kesenian khas Sunda yaitu pertunjukkan Angklung. Setiap traveler yang berkunjung kesini memiliki kesempatan untuk mencoba sendiri dan bermain angklung. Seru kan? 😀

6. Bergembira Bersama Keluarga di Trans Studio Bandung

Buat yang suka atau penasaran dengan taman hiburan, mungkin sesekali bisa mencoba mengunjungi Trans Studio Bandung. Ini adalah taman hiburan indoor terluas dan terlengkap di Bandung. Iya, sih, dimana lagi taman hiburan yang asik buat bermain bareng keluarga di Bandung selain disini.

Sebelum Trans Studio Bandung ada, pendahulunya adalah Trans Studio Makassar. Pun begitu, yang ada di Bandung ini tidak kalah menyenangkan dengan wahana – wahana yang ada. Berikut beberapa wahana yang ada di trans studio bandung ini ya :

Studio Central

Yamaha Racing Coaster
Super Heroes 4D The Rides
Broadcast Museum
Dunlop Trans Car Racing
Indosat Galaxy Vertigo
Trans City Theatre
Giant Swing
Sibolang The Rides
Science Center
Dunia Anak

The Lost City

Jelajah
Kong Climb
Sky Pirates
Amphitheater

Ada Banyak banget kan ya? Mau cobain ke Trans Studio Bandung bareng keluarga? Yuk!

***

Bandung adalah kota besar di Jawa barat, dan sudah mempunyai bandara internasional. Untuk mengunjungi Bandung bisa terbang langsung ke Bandung dengan pesawat, atau terbang ke Jakarta dahulu baru melanjutkan perjalanan darat dengan travel atau kereta api.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BandungJawa BaratTempat Wisata

Leave a Response