Ini Ganjaran Jika Kalian Melakukan Pelecehan Seksual Terhadap Pramugari - Reservasi Travel Blog

Ini Ganjaran Jika Kalian Melakukan Pelecehan Seksual Terhadap Pramugari

Travel News177
Ini Ganjaran Jika Kalian Melakukan Pelecehan Seksual Terhadap Pramugari

Travel Blog Reservasi – Kasus pelecehan seksual terhadap pramugari tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Januari tahun 2015 tercatat seorang artis hip hop terkenal asal Korea, Bobby Kim, bahkan harus membayar denda hingga 40 juta rupiah karena mengamuk saat mabuk dan melakukan pelecehan seksual pada pramugari pesawat Korean Air karena merangkul pinggang sang pramugari. Lalu bagaimana sebenarnya ganjaran hukuman pelecehan seksual pada pramugari ?

Kasus yang terjadi di Indonesia terhadap pramugari pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA216 rute penerbangan Jakarta – Yogyakarta berhasil diselesaikan secara kekeluargaan setelah kedua pelaku menyampaikan permohonan maaf amat dalam kepada korban, seperti dilansir dari Liputan6.com  (31/5).

[yuzo_related]

Ini Ganjaran Jika Kalian Melakukan Pelecehan Seksual Terhadap Pramugari

Pelecehan seksual terhadap pramugari bukan hanya berupa pelecehan dalam bentuk tindakan seperti memegang, meraba dan menyentuh bagian sensitif, tetapi juga pelecehan dalam bentuk verbal seperti yang menimpa pramugari Garuda Indonesia GA216. Sayang sekali jika keramahan pramugari disalahartikan oleh penumpang.

Inilah ancaman hukuman yang menanti jika seseorang mencoba mengganggu atau melakukan pelecehan seksual terhadap pramugari di pesawat terbang disaat bertugas.

Hukuman Berdasarkan Ketentuan FAA (The Federal Aviation Administration)

Jika terbukti mengancam (melukai atau percobaan melukai) kru pesawat maka hukuman yang menanti adalah 20 tahun penjara dan denda hingga $250.000 atau sekitar 3.4 miliyar rupiah. Namun jika terbukti menyerang dengan senjata yang mematikan, maka pelaku terancam dengan hukuman penjara seumur hidup.

Berbeda lagi hukumannya jika terbukti menganggu tugas kru pesawat termasuk pramugari. Hukumannya adalah denda sebesar $25.000 atau sekitar  340 juta rupiah.

Ini Ganjaran Jika Kalian Melakukan Pelecehan Seksual Terhadap Pramugari

Hukuman Berdasarkan KUHP Pasal Pencabulan 281

Sesorang yang dengan sengaja dan terbuka melanggar kesusilaan maka diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana paling banyak empat ratus ribu lima ratus rupiah.

Hukuman Berdasarkan International Labor Organization (ILO)

Menurut buku panduan Pedoman Pencegahan Pelecehan Seksual di Tempat Kerja yang diterbitkan berdasarkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. SE.03/MEN/IV/2011, pasal yang digunakan untuk menjerat pelaku pencabulan adalah KUHP Pasal 285 dengan ancaman pidana penjara paling lama dua belas tahun.

Pesan Tiket Pesawat di Reservasi.com

Sumber: FAA, ILO, gajimu

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *