close

Keren, Hotel Kontainer Minimalis yang Ramah Lingkungan

hotel kontainer ceko
Michal Hurych/Lonelyplanet

Travel Blog Reservasi – Tak bisa dimungkiri jika saat ini sedang tren hotel kontainer di luar negeri. Bahkan kontainer bekas bukan hanya bisa dijadikan hotel namun kini merambah ke cafe, restoran hingga rumah yang menggunakan kontainer bekas.

Salah satu hotel kontainer yang unik dan memiliki desain yang menarik adalah hotel kontainer di Republik Ceko. Hebatnya lagi, hotel kontainer ini bisa dengan mudah dipindahkan ke tempat lain yang diinginakan.

Bahkan hotel kontainer ini sengaja dibuat karena memang bertujuan agar bisa dipindahkan sesuai dengan musimnya. Ceko memiliki empat musim termasuk musim salju.

Hotel Kontainer yang “Moveable”

hotel kontainer ceko
Michal Hurych/LonelyPlanet

Hotel kontainer yang minimalis ini didesain oleh Artikul architects yang memiliki lima kamar yang mampu menampung sekitar 13 orang tamu. Hotel kontainer ini memiliki satu kamar ruangan paling besar di dasar dan memiliki sekitar empat kamar dengan ukuran yang lebih kecil di lantai atasnya.

Sayangnya kamar mandinya terpisah dengan kamar dan diletakkan di lantai dasar. Namun, uniknya meskipun memiliki empat kamar kecil di atasnya, Hotel ini tetap menyediakan sebuah teras kecil di depan kamar bagian atas.

Teras kecil ini sangat menarik karena tamu hotel bisa menikmati suasana senja sambil menikmati pemandangan langsung ke sungai di depannya begitu juga dengan keindahan lanskap sekeliling hotel.

Kamar-kamarnya juga dirancang sangat unik karena seluruh dindingnya memiliki dinding yang mengkilap. Sengaja didesain agar terasa lebih lapang dan lebih luas saat tamu berada di dalamnya.

Proyek hotel kontainer ini menggunakan bahan-bahan minimalis dan ekonomis. Bagian dinding dan atapnya menggunakan kayu lapis brich. Begitu juga dengan semua perabotan dan furnitur yang digunakan merupakan barang-barang costum yang tidak akan didapatkan di pasaran.

Tema Kamar yang Menarik

hotel kontainer ceko
Michal Hurych/LonelyPlanet

Kamar-kamarnya ternyata tak sama karena masing-masing kamar memiliki karakternya tersendiri. Diantaranya ada yang menggunakan tema industrial, tema maritim dan tema angkatan laut.

Jendela depannya sengaja dibuat lebar seperti ukuran pintu kaca yang transparan. Pagar di teras dipasang sebuah jaring yang membentang mengelilingi bagian teras atap hotel kontainer yang terkesan sederhana namun mewah ini.

Total waktu pengerjaan dan pembangunan hotel kontainer ini membutuhkan waktu sekitar empat bulan. Proyek pertama hotel kontainer ini dibangun di lokasi tempat perkemahan surfing di sisi sungai Elbe dekat dengan Litomerice di Republik Ceko.

Bukan hanya desainnya saja yang dipikirkan namun juga penggunaan energi dan air yang diperhatikan. Karena Hotel kontainer ini sifatnya moveable sehingga sumber listriknya bisa diambil dari power outlet mana saja yang tersedia di beberapa tempat kemping dan karavan.

Hotel Ramah Lingkungan

hotel kontainer ceko
Michal Hurych/LonelyPlanet

Salah satu kontainer digunakan sebagai cadangan air untuk memasok kebutuhan mandi dan cuci piring yang dilengkapi dengan keran air. Semua sabun, shampo dan alat mandi menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

Untuk mengurangi paparan sinar matahari yang menyengat pada musim panas, hotel ini sudah memasang sebuah awning untuk menutupi dinding-dinding kaca teras depan dari bagian atas. Bahannya ternyata dari bekas limbah serbuk gergaji yang berada di dekat sekitar lokasi.

Kamar paling besar di bagian bawah memiliki kapasitas yang lebih luas karena bisa menampung tamu hingga empat orang. Mejanya dipasang seperti bentuk huruf L dan sudah tersedia dua meja kecil untuk menyimpan barang dan sebagai tempat handuk yang disediakan bagi para tamu.

Hotel kontainer seperti ini akan sangat menarik jika ada di Indonesia. Selain bisa digunakan sebagai tempat menginap, hotel ini juga bisa jadi tempat wisata foto yang instagrammable.

Baca artikel menarik tentang hotel unik dari Reservasi.com  

Tags : CekoHotel UnikLuar Negeri

Leave a Response