Hore, Kemehub Fasilitasi Mudik Gratis Jelang Libur Natal dan Tahun Baru - Reservasi Travel Blog

Hore, Kemehub Fasilitasi Mudik Gratis Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Travel News91
Hore, Kemehub Fasilitasi Mudik Gratis Jelang Libur Natal dan Tahun Baru Ilustrasi, Liputan6.com

Travel Blog Reservasi – Kabar gembira bagi kamu yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), serta ingin mudik gratis pada libur natal 2017 dan tahun baru 2018.

Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Jasa Raharja menggelar mudik gratis pada masa liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 (Nataru).

Menurut Cucu Mulyana, Direktur Angkutan dan Multimoda Kementerian Perhubungan yang dilansir dari berbagai sumber (19/12), mudik gratis jelang liburan natal 2017 dan tahun baru 2018 ini baru pertama kali digelar tahun ini.

Sekitar 50 armada bus tersedia untuk tujuan Semarang, Solo dan Yogyakarta yang diperuntukkan bagi 2500 pemudik yang sudah mendaftar.

Namun sayangnya, saat arus balik tidak disediakan bus gratis lagi. Lokasi keberangkatannya yakni di Taman Impian Jaya Ancol pada Sabtu, 23 Desember 2017.

mudik gratis
Ilustrasi, Liputan6.com

Cucu Mulyana memprediksi jumlah pemudik Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 mencapai 2,5 juta orang. Jumlah ini turun sekitar 0,85 persen dibandingkan jumlah pemudik pada periode yang sama tahun lalu.

Untuk terciptanya kenyamanan dan keamanan, Kementerian Perhubungan (Kemehub)  juga akan melaksanakan uji kelayakan bus sebelum digunakan sebagai moda transportasi mudik.

Direktur Angkutan dan Multimoda Kementerian Perhubungan, Cucu Mulyana merinci uji kelayakan bus akan dilakukan di pool bus, 52 terminal dan unit pelaksana penimbangan kendaraan bermotor (UPPKB) dengan menargetkan 12 ribu bus AKAP dan dua ribu bus pariwisata.

Selain itu, Kementerian Perhubungan (Kemehub)  juga akan memantau arus kendaraan 48 terminal tipe A yang berada di 15 provinsi.

Sementara untuk angkutan penyeberangan, diprediksi akan mengalami kenaikan 4,5 persen menjadi 3,44 juta orang pada mudik Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Terkait angkutan penyeberangan, pemerintah menyiapkan 200 armada kapal di 10 lintas penyeberangan.

Cucu Mulyana mengatakan truk sumbu tiga atau lebih akan dilarang beroperasi di sejumlah tol pada Jumat (22/12) pukul 00.00 hingga Sabtu (23/12) pukul 24.00 dan Jumat (29/12) pukul 00.00 hingga Sabtu 30/12) pukul 24.00.

Truk sumbu tiga atau lebih tersebut dilarang beroperasi di ruas Tol Cipali, Tol Purbaleunyi, Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Merak, Tol Bawen-Salatiga dan sejumlah ruas jalan di Bali.

Kendati demikian, bagi truk sumbu tiga atau lebih yang mengangkut sembako, BBG, BBM, paket pos dan uang tetap diperbolehkan untuk melewati sejumlah tol tersebut.

Nah, bagi kamu yang berminat mengikuti mudik gratis, berikut mekanisme pendaftaran mudik gratis untuk liburan natal 2017 dan tahun baru 2018:

  • Calon peserta mudik WAJIB mendaftar secara online pada situs pendaftaran resmi mudikgratis.dephub.go.id
  • Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan pemberitahuan dari Kemenhub (Kementerian Perhubungan) untuk melakukan verifikasi di  kantor Kementerian Perhubungan di Jalan Medan Merdeka Barat No.8 Jakarta Pusat mulai jam 08.00–16.00 WIB.
  • Saat verifikasi, kamu harus membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Surat yang dibawa merupakan surat asli beserta fotokopi yang masing-masing satu lembar.
  • Pelaksanaan verikasi ini paling lambat dua hari setelah pendaftaran secara online dengan jam verifikasi mulai dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.
  • Jika kamu tidak melakukan verifikasi maka otomatis sistem akan membatalkan pendaftaran tersebut.
  • Setelah diverifikasi dan lolos, kamu akan mendapatkan lembar konfirmasi dan tanda masuk ke lokasi pemberangkatan di Ancol.

Gimana mudah bukan?

Bagi kamu yang sedang mencari tiket pesawat maupun hotel untuk mudik atau liburan menjelang libur natal 2017 dan tahun baru 2018, kamu bisa temukan di Reservasi.com. Jaminan harga terbaik lho.

Namun, jika kamu belum menemukan destinasi liburan tahun baru mau ke mana? Baca rekomendasi tempat wisata terbaik untuk menghabiskan malam tahun baru dari kami.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *