Ini Alasan Kenapa Hanya Ada 4 Warna Paspor di Dunia - Reservasi Travel Blog

Ini Alasan Kenapa Hanya Ada 4 Warna Paspor di Dunia

Travel News462
Ini Alasan Kenapa Hanya Ada 4 Warna Paspor di Dunia Paspor dari negara yang berbeda (shutterstock)

Travel Blog Reservasi – Ternyata hanya ada 4 warna paspor di dunia. Warna paspor ini berbeda-beda bagi setiap negara dan masing-masing negara memiliki alasan tersendir dengan warna paspor yang dipilihnya. Sementara paspor Indonesia yang dulunya berwarna hijau tua kini sudah berubah menjadi warna hijau toska namun agak kebiruan.

Nah, kira-kira apa sebenarnya yang melandasi perbedaan dan pemilihan warna tersebut? Reservasi.com melansir pemberitaan dari situs Brightside.me berikut ini (20/3/2017).

Paspor Warna Merah

warna paspor di dunia
Paspor berwarna merah (shutterstock)

Paspor berwarna merah umumnya digunakan oleh negara-negara yang memiliki latar belakang sejarah dengan ajaran atau sistem Komunis.

Beberapa negara yang menggunakan warna merah untuk paspornya seperti Slovenia, China, Serbia, Russia, Latvia, Romania, Polandia, dan Georgia.

Negara-negara yang termasuk dalam kenaggotaan Uni Eropa, kecuali Kroasia, memiliki paspor berwarna burgundi dan nuansa merah. Termasuk negara-negara yang tertarik masuk dalam Uni Eropa seperti Turki, Macedonia, dan Albania telah mengubah warna paspornya menjadi berwarna merah beberapa tahun yang lalu.

Begitu juga dengan negara-negara yang tergabung dalam Komunitas Andes di Amerika Selatan seperti Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Peru memiliki paspor berwarna burgundi.

Paspor Warna Biru

warna paspor di dunia
Paspor berwarna biru dari Amerika Serikat (shutterstock)

Warna biru merupakan salah satu warna paling lumrah untuk sebuah paspor. Warna biru adalah simbol dunia baru. 15 negara Karibia memiliki warna paspor biru. Termasuk daerah negara di Amerika Selatan yang menggunakan paspor berwarna biru yang melambangkan hubungan dengan Mercosur (Serikat Buruh).

Negara-negara tersebut termasuk Brazil, Argentina, dan Paraguay. Terkecuali Venezuela yang termasuk dalam gabungan negara Uni Eropa. Paspor warga negara Amerika diubah menjadi warna biru pada tahun 1976.

Paspor Warna Hijau

warna paspor di dunia
Paspor warna Hijau Indonesia versi lama (shutterstock)

Hampir sebagian besar negara-negara Islam dunia menggunakan warna hijau untuk warna paspornya. Sebagai contoh Maroko, Arab Saudi, dan Pakistan.

Warna hijau adalah warna yang paling disukai oleh Nabi Muhammad SAW dan menjadi sebuah simbol alam dan kehidupan.

Beberapa warga negara di negara Afrika Barat juga memiliki paspor dengan nuansa hijau seperti Birkina Faso, Nigeria,  Pantai Gading, dan Senegal. Negara-negara tersebut tergabung dalam ECOWAS (the Economic Community of West African States)

Paspor Warna Hitam

warna paspor di dunia
Paspor berwarna Hitam (www.eastnews.ru)

Salah satu warna paspor yang cukup langka adalah warna hitam. Paspor berwarna hitam bisa ditemukan diantara warga negara Afrika seperti Botswana, Zambia, Burundi, Gabon, Angola, Chad, Kongo, Malawi, dan sebagainya. Begitu juga dengan warga negara Selandia Baru yang memiliki warna cover hitam untuk paspornya, alasannya karena warna hitam adalah warna nasional negaranya.

Itulah 4 warna paspor di dunia yang paling dominan. Di antara paspor-paspor dari seluruh dunia, ada pula paspor yang memiliki tampilan keren.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *