close

Berendam di Jacuzzi Alami Tengah Sawah Gunung Peyek Bogor

ciseeng-bogor
Credit: Instagram @si_giegie

Travel Blog Reservasi – Kawasan Gunung Kapur Ciseeng Bogor memang sudah dikenal sebagai tempat wisata sekaligus tempat pemandian air panas di perbatasan Bogor dan Tengerang Selatan. Namun, siapa yang menyangka jika di Ciseeng Bogor ini juga menyimpan wisata tersembunyi yang luar biasa cantiknya. Lokasi ini disebut oleh warga sebagai mata air panas Gunung Peyek Ciseeng Bogor.

Terdapat tiga lubang yang membentuk kolam alami air panas yang mengalir sepanjang tahun. Bau belerang sudah lumrah tercium dari lokasi wisata tersembunyi ini. Dari kejauhan terlihat seperti gundukan putih gunung kapur yang menjadi asal usul mengapa tempat ini disebut sebagai Gunung Peyek. Hingga kini, kawasan ini belum dibuka sebagai tempat wisata umum mengingat lokasinya cukup sulit dan harus dilalui dengan berjalan kaki di tengah pematang sawah.

Jacuzzi Anti Mainstream Ini Bisa Melepaskan Penatmu

A photo posted by Mr Reply (@mr_reply) on

Air panas memang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Terutama saat tubuh merasa lelah dan pegal-pegal. Salah satu terapi alami untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan meregangkan otot-otot yang kaku dan kencang, salah satunya adalah dengan berendam di air panas. Khasiatnya akan langsung terasa, juga belerangnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit.

Jacuzzi Tersembunyi di Perbatasan Tangerang Selatan dan Bogor

Lokasi Mata Air Panas Gunung Peyek ini memang tak terlalu jauh dari tempat wisata air panas Tirta Sanita. Hanya saja memang lokasinya belum terdapat papan petunjuk yang jelas. Beberapa traveler yang sudah pernah mengunjungi kolam jacuzzi Ciseeng ini rata-rata meminta bantuan warga untuk menunjukkan jalan dengan imbalan tips seikhlasnya. Akan lebih baik jika kalian meminta izin dulu kepada bapak RT atau RW di daerag Gunung Peyek Ciseeng Bogor ini.

Hanya di Ciseeng, Jacuzzi Alami di Tengah Pematang Sawah

A photo posted by hprasetyadi (@hprasetyadi) on

Akses jalan memang tak memungkinkan untuk dilewati oleh kendaraan roda empat. Tak ayal, beberapa traveler memilih menggunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki dari jalan raya untuk menuju lokasi Gunung Peyek Ciseeng Bogor ini. Saat musim hujan seperti ini rasanya tidak disarankan untuk berkunjung kesini, karena lokasinya berada di tengah pesawahan sehingga rawan sekali dengan petir yang menyambar. Pilihlah saat yang tepat pada musim panas di pagi atau sore hari kala matahari tidak berada di atas ubun-ubun sekali.

Khasiat Berendam Air Panas yang Dipercaya Menyehatkan Badan

A photo posted by Usman (@u5m417) on

Jalan setapak menuju Gunung Peyek akan dengan mudah rasnya dilalaui pada musim panas atau kemarau. Sayang, jika kalian datang pada musin penghujan di bulan Februari seperti saat ini, dimana intensitas hujan sedang tinggi, siap-siap saja dengan alas kaki yang anti selip dan anti licin. Karena medan jalan memang sulit serta becek karena guyuran hujan. Namun, lokasi seperti ini pantang untuk menyurutkan niat kalian untuk berkunjung kesini. Worth it banget lah!

Ciseeng Bogor Bukan Hanya Terkenal karena Gunung Kapurnya Saja

Gunung Peyek ini berada di belakang are komplek Nuklir TNI. Selain jarang wisatawan yang tahu, warga juga tak terlalu aktif berpromosi karena mungkin dianggap sebagai fenomena alam biasa. Padahal, mata air panas Gunung Peyek ini menyimpan potensi wisata yang sangat menjanjikan bagi warga sekitar jika saja mau dibenahi dan diperbaiki lagi akses menuju lokasi wisata tersembunyi ini.

Tips Menuju Mata Air Panas Gunung Peyek Ciseeng Bogor

  • Beberapa warga menyebut bahwa tempat ini sakral dan keramat. Jadi, sebaiknya kalian bisa menjaga tata krama dan sopan santun terutama menghormati warga sekitar.
  • Lokasi ini jelas belum dibuka sebagai tempat wisata umum. Kalian wajib membawa pulang sampah yang kalian bawa. Jaga kelestarian lingkungan. Jangan pernah mau dicap sebagai traveler alay.
  • Vandalisme jelas dilarang, apapun alasannya. Media seperti gunung kapur ini tak layak kalian corat coret dengan alasan meninggalkan memori bersama pasangan. Itu namanya baru kalian alay.
  • Lokasi ini paling mudah diakses melalui tol Jorr keluar di exit gate Pamulang atau Serpong. Lalu ikuti jalan menuju victor tembus ke Bukit Dago hingga Ciseeng Bogor.
  • Jalur Tangerang Selatan sedang banyak kerusakan dan macet gila! Hendaknya gunakan kendaraan tinggi dan hindari menggunakan jenis sedan.
  • Dari Bogor bisa diakses melalui jalan baru lanjut ke pasar Parung kemudian Prumpung.
  • Siap-siap bertaruh kesabaran di area Pasar Parung. Selain banyak angkot, pada jam tertentu memang jalur ini sangat padat dengan kendaraan besar yang lalu lalang.
  • Bawa bekal dan perlengkapan berendam. Setelah ke Gunung Peyek tak ada salahnya berkunjung ke pemandian Air Panas VIP Tirta Sanita. Sangat terjangkau pula harganya, terutama bagi wanita berhijab yang butuh ruang privasi.

Panduan Menuju Jacuzzi Gunung Peyek Ciseeng Bogor

Sumber Featured Image IG @si-giegie


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BogorWisata Air

2 Comments

Leave a Response