Penampakan "Cahaya Surga" di Gua Jomblang Gunung Kidul - Reservasi Travel Blog

Penampakan “Cahaya Surga” di Gua Jomblang Gunung Kidul

Travel Destinations176
Penampakan “Cahaya Surga” di Gua Jomblang Gunung Kidul Illustrasi gua jomblang (.shutterstock.com)

Travel Blog Reservasi – Ingin melihat melihat “cahaya surga”? Mungkin kamu bisa mampir ke Gua Jomblang. Gua Jomblang di Gunung Kidul, Yogyakarta jadi salah satu gua yang terkenal dengan “cahaya surganya”.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh tim Reservasi.com dari berbagai sumber (16/3), “cahaya surga” terlihat secara alami karena sinar matahari masuk melalui lubang gua vertikal menembus permukaan tanah menuju sungai bawah tanah yang beada di Gua Jomblang.

Sungai bawah tanah ini memiliki jeram-jeram, sehingga partikel partikel airnya terangkat ke udara dan partikel-partikel air itulah yang kemudian membentur cahaya dan terlihat seperti cahaya surga.

Aktivitas Wisata di Gua Jomblang

Kamu bisa melakukan aktivitas wisata seperti caving, rappelling, dan tentunya hunting foto.

Ikuti Tips Wisata Gua Jomblang agar Liburan Makin Seru:

  • Sebaiknya kamu datang jam 10.00 – 12.00 WIB, karena pada jam tersebut matahari masih berada di atas kepala sehingga kamu bisa melihat cahaya surga nan indah.
  • Siapkan kondisi tubuh kamu dengan baik, karena aktivitas di Gua Jomblong cukup menguras energi.
  • Gunakan tas anti air untuk menghindari barang-barang kamu basah terkena air.
  • Sebaiknya gunakan celana panjang dan pakaian kaos yang nyaman.
  • Sebaiknya kamu tak memakai celana jeans karena dikhawatirkan mengganggu pergerakan kamu.
  • Sebaiknya tak gunakan sandal, kamu bisa gunakan sepatu boot atau sepatu olahraga.
  • Jangan datang saat musim hujan, karena dikhawatirkan membahayakan diri kamu.
  • Patuhi peraturan yang diberikan instruktur yang membantu kamu saat caving, karena caving merupakan aktivitas yang cukup berisiko jika kamu tak patuhi peraturan dan berhati-hati.

Lokasi Gua Jomblang

Gua Jomblang terletak di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul.

Rute menuju Gua Jomblang

Kamu bisa pesan tiket pesawat ke Yogyakarta di Reservasi.com untuk mendapatkan harga terbaik. Lalu dari Yogyakarta, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam untuk sampai ke Gua Jomblang atau Goa Jomblang.

Kamu bisa melalui perjalanan dengan mengikuti rute Jogja – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Semanu – Pacarejo.

Lalu, lanjutkan perjalanan kamu dengan melewati jalan makadam di tengah kampung dan ladang warga. Tak jauh dari sini kamu akan menemukan Gua Jomblang.

Harga tiket : Tak ada biaya tiket masuk, sebelum kamu masuk ke Goa Jomblang sebaiknya kamu izin terlebih dahulu kepada Kepala Dukuh.

Saat berada di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, kamu tak hany berkunjung ke Goa Jomblang saja, tapi datang juga ke pantai-pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *