close

Digadang Jadi Perpustakaan Tertinggi di Dunia, Ini Dia Penampakan Gedung Baru Perpusnas RI

shutterstock_715911418-min(1)
illustrasi/shutterstock

Travel Blog Reservasi – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, baru saja meresmikan gedung baru Perpustakaan Nasional pada hari Kamis, 14 September 2017 lalu di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Dilansir dari berbagai sumber, gedung tersebut dibangun di atas gedung Perpusnas yang lama. Sebelumnya bangunan ini hanya terdiri dari tiga lantai, kalau sekarang berubah jadi 27 tingkat. Bangunan yang dirancang dengan konsep green building ini punya tinggi 126, 3 meter lho.

Wah, nggak heran deh kalau digadang-gadang jadi taman pustaka tertinggi di dunia. Sebagai informasi, perpustakaan tertinggi di dunia sebelumnya dipegang oleh Shanghai Library Institute yang memiliki ketinggian 106 meter.

Ide pembangunan perpustakaan yang megah memang sudah ada sejak zaman presiden pertama RI, Ir. Soekarno tepatnya 65 tahun yang lalu. Akan tetapi, gagasan tersebut baru terealisasi pada era pemerintahan Jokowi. Proses pembangunan gedung ini memakan waktu dua tahun enam bulan dan selesai dengan kondisi yang sangat baik.

Fasilitas Lengkap di Gedung Baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia


Ternyata ada makna di balik rancangan gedung baru Perpusnas ini. Bentuk persegi yang menyerupai jendela mengartikan kalau buku-buku yang ada di perpustakaan ini adalah jendela dunia atau The Window of The World.

Bukti betapa megah dan modernnya perpustakaan ini dapat kamu lihat sejak pertama kali menginjakan kaki ke sana. Saat masuk lobi, kamu akan disuguhi dengan penampakan rak raksasa setinggi 30 meter yang berisi kumpulan buku-buku menarik. Interior yang ada di sana pun dibuat lebih apik dengan berbagai furnitur bernuansa minimalis tersebar di beberapa sudut.

Jumlah koleksi buku dan fasilitas yang ada di sana juga ditingkatkan supaya makin sempurna dalam melayani kebutuhan para pencinta buku terutama kelompok mereka yang berasal dari anak-anak, lansia, dan disabilitas.

Beberapa sarana seperti ruang teater, ruang zona promosi budaya baca, ruang laktasi, layanan koleksi buku langka, hingga layanan multimedia yang ada di sana pasti bisa bikin pengunjung merasa lebih betah berada di perpustakaan ini.

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on

Jadwal Buka Perpustakaan Nasional

Untuk kamu yang mulai nggak sabar untuk menghabiskan waktu luang atau liburan singkat di taman pustaka keren ini, harus sabar dulu. Sebab, Perpustakaan Nasional RI ini baru resmi dibuka pada tanggal 9 Oktober 2017. Sebelum itu, nggak ada salahnya kamu catat jadwal tempat ini.

  • Senin s.d. Jumat : 07.30 – 18.00 WIB
  • Sabtu s.d. Minggu : 07.30  – 16.00 WIB

Baca juga wisata menarik di Jakarta dari Reservasi.com


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : JakartaPerpustakaan

Leave a Response