Garut Nggak Hanya Papandayan, Ada Destinasi Kece Seperti Ini Juga! - Reservasi Travel Blog

Garut Nggak Hanya Papandayan, Ada Destinasi Kece Seperti Ini Juga!

Travel Destinations779
Garut Nggak Hanya Papandayan, Ada Destinasi Kece Seperti Ini Juga!

Travel Blog Reservasi – Sebuah percakapan singkat, tentang liburan ke Garut biasanya hasilnya akan mudah sekali ditebak. Kalau liburan ke Garut biasanya teman – teman traveler akan menjawab seperti ini kah?

“Mau liburan kemana?”

“Mau Ke garut nih”

“Pasti mau ke Gunung Papandayan ya?”

Iya, memang Garut ini begitu terkenal dengan Gunung Papandayan-nya, sampai sekarang ini sudah ribuan orang pendaki baik dari kalangan pendaki profesional, atau pendaki abal – abal yang naik gunung biar dianggap keren. Iya, Gunung Papandayan memang mempesonda dengan suasana sejuk di camping ground Pondok Salada. Namun, terlepas dari semua itu, tahukah teman – teman traveler kalau ada banyak destinasi lain di Garut yang lebih kece bin cakep?

Oke, baca dan catet dengan baik ya, 7 destinasi wisata di Garut ini akan membuat liburan teman – teman traveler lebih berwarna, dan berbahagia. Baca sampai selesai, lalu segera rencanakan berlibur ke Garut deh!

1. Indah, Tersembunyi, Curug Orok Dengan Kisahnya yang Kelam

Indah, Tersembunyi, Curug Orok Dengan Kisahnya Yang Kelam
Indah, Tersembunyi, Curug Orok Dengan Kisahnya Yang Kelam (sumber)

Lokasinya tidak begitu jauh dari Gunung Papandayan yang sudah terkenal itu. Tepatnya Curug Orok ini berada dibalik Gunung Papandayan. Tepatnya Curug Orok berada di di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, 35 km dari pusat Kota Garut.

Mungkin belum banya orang luar Garut yang tahu, tetapi air terjun yang satu ini cukup beken di kalangan wisatawan lokal, meski namanya agak aneh yaitu Curug Orok. Nama Curug Orok ini berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah air terjun bayi. Namanya sendiri diambil berdasarkan cerita dari masyarakat setempat. Disebutkan kalau pada tahun 1960-an, disini pernah ada seorang wanita muda yang membuang bayinya di dekat air terjun ini. Sejak saat itu,, makanya air terjun ini dinamai demikian.

Kedengaran serem ya? Memang, meski namanya serem, namun Curug ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Garut loh. Hanya dengan tiket masuk sebesar IDR 10.000, teman – teman traveler sudah bisa menikmati sejuknya bermain air di Curug Orok. Selain itu, fasilitasnya juga lengkap di Curug Orok ini. Sudah ada tempat parkir, toilet, serta tempat makan. Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan curug yang indah sambil minum secangkir kopi di saung yang ada disini.

2. Telaga Bodas Danau Putih Bak Air Susu

Telaga Bodas Danau Putih Bak Air Susu.
Telaga Bodas Danau Putih Bak Air Susu.

Meskipun Garut adalah area pegunungan, namun disini ada destinasi wisata yang bukan berupa gunung. Namanya adalah Talaga Bodas yang bisa juga diartikan sebagai Telaga Putih. Telaga yang airnya berwarana bak putih susu ini sebenarnya adalah air sebuah danau kawah yang berada di di ketinggian 1.512 mdpl.

Sebenarnya sih warna airnya nggak putih putih aman, tetapi cenderung berwarna putih kehijauan. Talaga Bodas bisa ditemukan dengan mudahd di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja. Atau teman – teman traveler hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Garut.

Menyenangkannya sepanjang perjalanan menuju Talaga Bodas, teman – teman traveler akan bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau nan asri yang sebagian dijadikan ladang oleh warga sekitar. Tampak terlihat juga Gunung Sadahurip yang menjulang tinggi. Gunung ini tergoling unik karena bentuknya yang seperti piramida yang ada di Mesir. Biasanya, sambil menikmati panorama Talaga Bodas pengungjun akan berendam di kolam air panas yang ada didekat sana.

3. Candi Hindu di Dekat Situ Cangkuang

Candi cangkuang, Candi Hindu Di Dekat Situ Cangkuang.
Candi cangkuang, Candi Hindu Di Dekat Situ Cangkuang. (sumber)

Buat teman – teman traveler yang suka dengan artifak bersejarah, atau ingin berlagak bak seorang arkeolog, Ada sesuatu yang unik di Kampung Pulo, Kecamatan Leles, Garut. Disini ada sebuah candi Hindu yang masih berdiri tegak di tepi Situ Cangkuang.

Karena itu namanya juga dikenal sebagai Candi Cangkuang. Disebutkan kalau candi ini merupakan satu-satunya candi Hindu yang ada di Tatar Sunda. Menurut ceritanya, dulu pernah ada seorang panglima perang Mataram bernama Arif Muhammad yang lari ke sini saat kalah melawan Belanda. Dalam pelariannya, dia kemudian jatuh cinta pada putri Hindu di Kampung Pulo. Membuat candi di Situ Cangkuang adalah syarat yang diberikan oleh sang putri untuk menerima pinangan sang panglima. Pun begitu, sang panglima pun menetap dan menyebarkan agama Islam.

Candi ini sangat menyenangkan untuk dilihat, namun untuk mencapai Candi Cangkuang, teman – teman traveler harus menyeberangi situ terlebih dahulu dengan rakit yang biasanya disewakan penduduk setempat. Selain candi, disini juga ada tujuh rumah adat di Kampung Pulo yang membentuk huruf U di sekeliling candi. Konon, adalah simbol dari tujuh anak dari panglima yang pernah menetap disini.

4. Taklukkan Jeram di Sungai Cikandang

Pacu Adrenalin di Jeram Sungai Cikandang.
Pacu Adrenalin di Jeram Sungai Cikandang. (sumber)

Buat para penyuka pacu adrenalin, berarti Garut adalah kota yang menyenangkan. Apalagi untuk para penggemar olahraga arung jeram. Jangan sampai teman – teman traveler melewatkan pacu adrenalin di Sungai Cikandang saat berkunjung ke Garut. Jeram di Sungai Cikandang ini bak surga di kalangan para pecinta rafting. Selain karena arusnya yang cukup deras, jeram-jeram yang ada pun begitu menantang. Dilengkapi dengan pemandangan indah di tepian sungainya.

Destinasi yang satu ini bisa dibilang sangant menantang dan menyenangkan. Sungai Cikandang ini memiliki jalur arung jeram sepanjang 28 km. Dengan sebagian besar jeram adalah grade III–IV juga jeram yang cukup ekstrim. Dengan kondisi seperti ini, pasti sanggup memompa adrenalin teman – teman traveler hingga ke batas maksimal. Memerlukan waktu sekitar 4-5 jam untuk mengarungi sungai ini. Jadi pastikan teman – teman traveler sudah mempersiapkan fisik dan mental sebelum menantang Jeram Di Sungai Cikandang.

5. Sauna Alami, Mandi Uap di Kawah Kamojang

Sauna Alami, Mandi Uap Di Kawah Kamojang
Sauna Alami, Mandi Uap Di Kawah Kamojang (sumber)

Posisinya yang berada di tengah – tengah pegunungan, menyebabkan Garut mempunyai beberapa sumber air panas alami. Salah satunya adalah Cipanas yang sudah terkenal di kalangan para wisatawan sebagai destinasi wisata pemandian air panas. Namun, selain yang sudah terkenal, di Garut juga ada tempat lain yang gak kalah menarik, yaitu Kawah Kamojang yang terletak di Kecamatan Samarang.

Destinasi yang satu ini memang unik, karena kawah yang ada di Kamojang ini mengeluarkan uap. Karena itu beberapa yang ada dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik oleh PT Pertamina dan PT Indonesia Tower. Pun kegunaanya tidak hanya berhenti sebagai sumber energi saja. Selain itu, uap yang keluar dari kawah-kawah ini juga baik buat kesehatan. Biasanya para pengunjung akan mencoba mandi dengan uap panas yang keluar dari Kawah.

6. Datangi Curung Sanghyang yang Menggelora

Curung Sanghyang yang Menggelora
Curung Sanghyang yang Menggelora (sumber)

Di Garut, ada sebuah curung atau air terjun yang unik. Namanya adalah Curug Sanghyang Taraje atau yang biasa dikenal dengan nama Curug Kembar oleh orang setempat. Curug ini berada di Desa Kombongan, Kecamatan Pakenjeng, Garut. Disebutkan kalau air terjun ini adalah salah satu yang tertinggi di Garut dengan ketinggian mencapai 82 meter.

Disebutkan juga menurut legenda, kalau curug ini adalah tempat Sangkuriang mengambilkan bintang untuk Dayang Sumbi. Sementara, sebuah batu besar yang terlihat di bawah air terjun dipercaya sebagai tempat penyimpanan harta karun Sangkuriang. Namun entah, sepertinya tidak terlihat sebagai tempat menyimpan harta disana. Satu – satunya harta yang menarik perhatian, adalah pemandangan Curung Sanghyang yang begitu mempesona.

7. Pantai Santolo dan Sayang Heulang yang Memukau di Garut Selatan

Pantai Santolo yang memukau
Pantai Santolo yang memukau (sumber)

Beranjak ke Garut Selatan, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia terdapat sejumlah destinasi berupa pantai. Tentunya pantai ini juga tidak kalah menarik untuk disinggahi. Salah satu yang menawan adalah Pantai Santolo yang berada kurang lebih sekitar 80 km dari kota Garut. Tempat ini mungkin tidak setenar Pantai Pangandaran, namun kecantikannya tidak kalah.

Perjalanan menuju pantai yang cukup memakan waktu denganan jalur yang berkelok-kelok membuat pantai ini jarang dikunjungi. Namun, dengan beitu suasana pantai yang sepi dan luas bisa dengan mudah ditemui disini. Selain itu Di dekat Pantai Santolo, ada sebuah pantai lagi namanya Pantai Sayang Heulang yang gak kalah keren. Pantai ini bertipe pantai karang yang biasa dikunjungi para pemancing.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *