close

Ngaku Pecinta Seni? Galeri Seni Yogyakarta Ini Wajib Kamu Kunjungi

Bentara Budaya, Sumber gambar: ayomlaku.com

Travel Blog Reservasi – Tak ada yang bisa memungkiri jika Yogyakarta punya sejuta tempat yang menarik. Setiap sudut di kota gudeng ini seakan menghadirkan cerita, pesona dan keistimewaan yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan saat liburan ke Yogyakarta adalah berkunjung ke Galeri Seninya. Berikut galeri seni kontemporer yang ada di Yogyakarta:

Sangkring Art Space

Sangkring Art Space didirikan tahun 2007 oleh pelukis Bali Putu Sutawijaya, tempat ini jadi pusat seni utama yang ada di Jogja. Sangkring Art Space berlokasi di Jl. Nitiprayan No.88 RT. 01 / RW. 20, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Sangkring Art Space
Sangkring Art Space, sumber gambar: sangkringartspace.net

Galeri seni Yogyakarta ini jadi salah satu wadah untuk menampilkan seni rupa kontemporer terbaik di Indonesia. Dibangun dengan dua lantai yang setiap lantainya menjadi representatif bagi seniman untuk menggelar karya seninya. Ruang seni ini sudah pernah menghadirkan lebih dari 50 pameran yang berbeda-beda sejak Sangkring Art Space pertama didirikan.

Sangkring Art Space, Jl. Nitiprayan No.88 RT. 01 / RW. 20, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, +62 274 381032, Buka: Senin – Sabtu, 11.00 AM – 06.00 PM.

Ruang MES56

Bisa dibilang Ruang MES56 jadi salah satu galeri seni kontemporer yang sangat unik karena berupa sebuah bangunan tua dengan sentuhan Jawa modern dan pohon besar di halaman depannya.

Ruang MES 56 berlokasi dekat dengan wilayah istana Sultan dan taman pusat Yogyakarta. Di bawah pohon besar yang ada di Ruang MES 56 kamu bisa duduk sambil browsing internet WIFI gratis.

Ruang MES56
Holy Picnic Indonesia in Songeun, MES 56 – KEREN DAN BEKEN, sumber gambar: instagram @nunungprasetyoo

Ruang MES56 tercipta dengan tujuan untuk membangun seni rupa kontemporer dan budaya visual, serta mengoptimalkan jaringan seni di wilayah Asia Tenggara melalui beberapa program seperti residensi, presentasi/ diskusi, pameran, maupun proyek-proyek seni lintas disiplin.

Ruang MES56, Jl. Mangkuyudan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143, Indonesia, +62 817-4121-369

(Baca juga: 5 Pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi)

Bentara Budaya

Bentara Budaya jadi salah satu ruang seni dan pameran tertua yang ada di Yogyakarta. Tempat ini sudah jadi culture institution paling terkenal di Jogja.

Bentara Budaya
Bentara Budaya, Sumber gambar: ayomlaku.com

Tak hanya ada di Daerah Istimewa Yogyakarta, tapi bentara budaya juga ada di Jakarta dan Bali. Pada tanggal 26 September 1982 mulailah sejarah bentara budaya bergulir. Acara pertamanya adalah pameran lukisan tradisional karya Citra Waluyo dari Solo dan Sastra Gambar dari Muntilan.

Bentara Budaya hadir dengan tujuan untuk menampilkan karya terbaik di Indonesia, termasuk lukisan tradisional, patung kayu dan keramik, serta menawarkan tempat bagi seniman local untuk memamerkan karya mereka. Selain pameran, bentara budaya juga secara teratur menyelenggarakan berbagai acara budaya seperti pemutaran film, pertunjukan seni budaya dan diskusi.

Bentara Budaya Jln. Suroto 2, Kotabaru, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, +62 274 560404, Senin – Jumat, 09.00AM – 12.00AM

Cemeti Art House

Cemeti Art House didirikan pada tahun 1988 oleh Nindityo Adipurnomo dan Mella Jaarsma. Yayasan Seni Cemeti terbagi menjadi dua organisasi, yaitu Arsip Seni Visual Indonesia yang berfungsi sebagai pusat informasi, dokumentasi dan pusat promosi seni rupa di Indonesia, sedangkan Rumah Seni Cemeti, lebih terfokus pada pameran seni dan proyek baik oleh seniman kontemporer Indonesia dan luar negeri, manajemen seni dan residensi.

Cemeti Art House
Cemeti Art House, sumber gambar : Cemeti Art House

Rumah Seni Cemeti telah memamerkan karya-karya seni dari berbagai seniman modern dan kontemporer di Indonesia, dari yang kreator terkenal, termasuk Anusapati, Agung Kurniawan dan Ugo Untor, dan yang lainnya.

Rumah Seni Cemeti menaruh perhatian utama pada stimulasi praktek kerja kesenian, wacana dan manajemen seni. Seni kontemporer di Indonesia dapat dilihat sebagai bentuk, perhatian, pandangan dan refleksi dari seniman terhadap isu yang berkembang di masyarakat. Melalui karya mereka, seniman melakukan komentar dan penggambaran mengenai fenomena yang terjadi di masyarakat, sedangkan orang lain mengekspresikan pendekatan personal ke dalam kehidupan masing-masing. Ide dan tema-tema ini kemudian diekspresikan melalui berbagai medium.

Pada tahun 2010, Rumah Seni Cemeti meluncurkan platform baru di mana kegiatan dan perhatiannya berkisar dan berpusat pada penciptaan kembali ‘Seni dan Masyarakat’, yang menekankan praktek seni alternatif yang lebih menghormati ‘proses’, ketimbang ‘promosi’.

Cemeti Art House, Jalan Mayjen D.I. Panjaitan No. 41, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, +62 274 371015

Jogja Gallery

Sebelum menjadi Jogja Gallery tempat ini adalah gedung bioskop “Soboharso” yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1929. Jogja Gallery merupakan galeri seni visual dua lantai yang terletak di dekat Alun-alun Utara Yogyakarta.

Jogja Gallery
Jogja Gallery, sumber gambar: arsip.tembi.net

Jogja Galeri memiliki tujuan untuk mempromosikan seni kontemporer Indonesia dan menyediakan ruang pameran yang sangat dibutuhkan bagi seniman muda Yogyakarta untuk memamerkan karya-karya mereka kepada publik yang lebih luas.

Jogja Gallery, JL. Pekapalan Jl. Alun-Alun Utara No.7, Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131, Indonesia, +62 274 419999, Tutup di hari Senin, Buka jam: 09.00AM – 09.00PM

Jadi, galeri seni Yogyakarta pilihan kamu yang mana?

Kamu lagi cari tiket pesawat dan hotel di Yogyakarta? Dapatkan langsung promo dan diskon menariknya di sini.

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : Tempat WisatatravelingYogyakarta
Gardena Puteri

The author Gardena Puteri

Leave a Response