Pikirkan Kembali Untuk Naik Gajah Tunggang - Reservasi Travel Blog

Pikirkan Kembali Untuk Naik Gajah Tunggang

Travel Inspirations251
Pikirkan Kembali Untuk Naik Gajah Tunggang

Travel Blog Reservasi – Angka kematian yang diakibatkan oleh gajah tunggang menunjukkan angka yang memprihatinkan. Angka tersebut bukan hanya kematian gajahnya saja, tapi juga para penunggang gajahnya itu sendiri. Bencana ini terjadi dalam lingkung pariwisata yang dikemas dalam bentuk wisata gajah tunggang.

Bukan dalam lingkungan pariwisata saja. Gajah-gajah yang dipekerjakan karena memiliki tenaga yang besar, kerap menemui ajalnya saat bekerja keras diluar batas kemampuannya. Gajah-gajah ini mampu bekerja sesuai dengan instruksi pawangnya. Mulai dari mengangkut kayu gelondongan hingga merubuhkan pohon-pohon besar yang masih kokoh berdiri.

shutterstock_135384581

Gajah-gajah yang harus melayani manusia baik untuk tujuan wisata pun untuk dipekerjakan akhirnya tersiksa secara mental dan secara fisik. Seperti dilansir dari CNN Travel, pada bulan April silam ada seekor gajah yang tumbang karena kelelahan bekerja. Nama gajah itu Sambo. Sambo mati di Angkor Wat di saat temperatur Kamboja sedang tidak bersahabat karena panas yang tinggi. Sambo akhirnya menyerah karena terpapar bekerja terlalu lama disaat suhu panas cukup tinggi.

Saat Sambo ambruk, usianya baru 40 tahun. Padahal usia harapan hidupnya masih bisa bertahan setidaknya 30 tahun lagi.

Kematian Sambo dianggap salah satu masalah diantara masalah lain yang telah ada di Asia Tenggara. Sambo mati ketika suhu panas terjadi, gelombang panas terburuk yang pernah dicatat lebih dari enam dekade.

Lain lagi dengan insiden yang menewaskan seorang wisatawan asal Skotlandia baru-baru ini. Turis asal Skotlandia ini harus tewas setelah gajah yang ditungganginya menggoncangkan badannya sehingga turis ini terlempar ke belakang.

Angka kasus kematian gajah karena perlakuan manusia dan kasus kematian manusia karena gajah kini seimbang. Cukup memprihatinkan karena angkanya terlihat meningkat dari kasus kasus yang telah terjadi.

Mungkin sebaiknya kita berpikir ulang dan bertanya pada diri kita sendiri. Benarkah gajah dilahirkan untuk ditunggangi? Benarkan mereka dilahirkan untuk membawa wisatawan berkeliling hutan atau kebun binatang. Pertanyaan ini tentu saja masih bisa diperdebatkan karena kita tahu bahwa Kuda pun rasanya tidak dilahirkan untuk menjadi kuda tunggang.

Namun, jika bisa kita menarik sedikit kesimpulan bahwa gajah merupakan tunggangan yang mematikan daripada seekor kuda. Dengan sekali injak saja, nyawa manusia bisa melayang. Jika ditendang kuda, paling-paling hanya memar atau patah tulang. Tak bisa dibayangkan jika diinjak-injak atau terjatuh dari punggung gajah tunggang.

Perlindungan Terhadap Gajah

Gajah adalah binatang yang sensitif.  Jika memang gajah sekarang ini diambang kepunahan, seharusnya tenaga gajah tidak lagi diekploitasi untuk hiburan atau membantu pekerjaan kasar manusia. Usia gajah yang harus bekerja keras demi pertunjukkan dan meringankan beban manusia menurun dari usia harapan sebenarnya.

Gajah adalah binatang yang suka berkelompok dan saling melindungi. Ketika dipekerjakan dan dijadikan satwa hiburan, mereka harus bekerja sendiri. Menghidupi periuk nasinya sendiri-sendiri dengan kondisi kandang yang terbatas dan ala kadarnya.

shutterstock_362112347

Wisata yang melibatkan tenaga gajah memang tidak tumbuh besar di Indonesia. Pariwisata gajah sangat berkembang di negara-negara seperti Thailand, Kamboja dan Myanmar serta Laos.

Bukan berarti ada pelarangan sepenuhnya. Ada aturan ada etika yang harus dipahami dan dipatuhi pengelola dalam merawat dan melindungi gajah. Ada standar tinggi yang harus dipatuhi agar gajah-gajah ini tidak mengalami stress hingga mengamuk dan membahayakan manusia itu sendiri.

Salah satu yang dijadikan contoh tempat perlindungan gajah sekaligus wisata natural yang menjadi magnet wisata adalah Elephant Natura Park di Chiang Mai, Thailand. Wisatawan bisa berinteraksi satu sama lain tetapi tetap melindungi masing-masing. Aman untuk manusia dan aman juga untuk gajahnya.

Dapatkan penawaran tiket pesawat murah dari Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat Juga Artikel Lainnya