5 Tips Mendapatkan Foto Pemandangan Indah Saat Traveling - Reservasi Travel Blog

5 Tips Mendapatkan Foto Pemandangan Indah Saat Traveling

Travel Tips228
5 Tips Mendapatkan Foto Pemandangan Indah Saat Traveling pexels

Travel Blog Reservasi – Siapa sih yang tidak mau mendapatkan foto pemandangan indah saat traveling? Dengan bermodalkan kamera ponsel dan sedikit pengetahuan, kamu juga bisa kok mendapatkan foto pemandangan indah.

Beberapa tips berikut ini bisa kamu coba untuk mendapatkan foto pemandangan indah.

Baca 7 Cara Bereksperimen dengan Smartphone untuk Foto Travel

Perhatikan Cahaya

Bagi para fotografer, menjadi pantangan jika datang ke tempat wisata pada siang hari. Karena sudah pasti akan sangat sulit untuk mendapatkan foto pemandangan indah dengan cahaya yang terlalu silau.

Nah, sebagai traveler pemula yang ingin mengabadikan perjalanan kamu, waktu terbaik untuk memotret adalah pada saat pagi hari dan menjelang sore hari.

Itulah kenapa kamu pun harus menjaga stamina dan tidur yang cukup. Usahakan untuk tidak tidur terlalu larut agar kamu bisa bangun lebih pagi saat subuh.

Itu juga yang menjadi alasan mengapa para fotografer lebih akrab dengan matahari terbit dan matahari terbenam. Karena kedua waktu itulah yang merupakan golden time untuk mendapatkan foto pemandangan indah terbaik entah itu di pantai, di gunung, di danau ataupun di hutan.

Survei Lokasi

Salah satu cara untuk mendapatkan foto pemandangan indah adalah dengan melakukan riset kecil terlebih dahulu.

Kamu perlu merasakan tempat yang hendak kamu abadikan dengan kamera kamu. Bahkan beberapa fotografer profesional biasanya melakukan survei lokasi beberapa hari sebelumnya demi mendapatkan foto pemandangan indah terbaik.

Tips Foto Saat di Pantai
Pexels

Ada banyak data yang perlu kamu kumpulkan dan kamu pelajari dengan melakukan survei lokasi. Misalnya kamu harus mengetahui dari mana arah cahaya datang, kapan tempat itu akan sepi atau mulai ramai dan beberapa informasi lain yang kamu butuhkan.

Itulah sebabnya untuk menjadi seorang travel fotografer membutuhkan waktu yang lebih lama dari traveler lainnya di suatu tempat. Karena dengan data yang lengkap akan membuat foto pemandangan indah menjadi lebih sempurna.

Berbaur dengan Warga Lokal

Untuk bisa mendapatkan tempat-tempat tersembunyi siapa lagi yang mengetahuinya lebih baik jika bukan warga lokal.

Itulah sebabnya kamu perlu berbaur dengan warga lokal. Caranya sebetulnya cukup mudah. Tinggal cari warung kopi dan ngobrol.

Bahkan dengan berbaur dengan warga lokal, kamu akan mendapatkan cerita-cerita seru dan cerita unik lainnya yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan di media cetak sekalipun.

Pahami Etikanya

Ketika kamu ingin mendapatkan foto pemandangan indah bukan berarti mengabaikan aturan apalagi etika setempat.

Beberapa kali wisatawan melampaui batas dan melanggar kearifan lokal yang ada. Itulah sebabnya ketika mendatangi sebuah tempat, riset diperlukan agar kamu tidak dianggap sebagai wisatawan yang kurang ajar.

Pemahaman dan etika wisata terutama bagi wisatawan Indonesia memang masih cukup lemah. Dan sedihnya kadang malah terbawa sampai ke luar negeri.

Misalnya baru-baru ini penyanyi terkenal seperti Syahrini yang mendapatkan kritikan pedas baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri karena berfoto  di Berlin Holocaust Memorial dengan mengatakan kata sensitif bagi warga Jerman.

Itulah pentingnya riset dan mengetahui larangan-larangan saat berkunjung ke daerah tertentu apalagi ke negeri orang. Pasti Syahrini belum paham larangan di Jerman yang seharusnya tidak dilakukannya.

Baca 7 Larangan di Arab Saudi yang Wajib Kamu Ketahui

Datangi Lebih dari Satu Kali

Untuk bisa berbaur dan menyatu dengan lokasi kadang-kadang seorang fotografer travel membutuhkan waktu berulang kali untuk mengunjungi sebuah tempat.

Karena ada beberapa sudut pandang dan juga momen-momen langka yang mungkin saja tidak bisa tercipta untuk yang kedua kalinya.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan foto pemandangan indah saat traveling.

Baca artikel lainnya tentang fotografi travel dari Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *