close

5 Tips Menghasilkan Foto Makanan Instagramable dengan Handphone

Menghasilkan Foto Instagramable dengan Handphone
shutterstock

Travel Blog ReservasiInstagram saat ini memang menjadi salah satu media sosial paling banyak digunakan karena bisa langsung memamerkan foto. Salah satu yang tak pernah terlewat adalah membidik foto makanan Instagramable.

Malahan kini ada sebuah anekdot bahwa orang Indonesia kerap kali lupa berdoa daripada memfoto hidangan yang akan disantapnya. Ritual update foto di Instagram hampir tidak pernah lepas ketika berada di meja makan saat sedang makan di restoran, cafe atau bahkan warung pedagang kaki lima yang menjajakan makanan yang terkenal enak.

Lalu, kira-kira bagaimana caranya agar bisa mendapatkan foto makanan yang Instagramable meskipun hanya bermodalkan kamera handphone? Berikut ulasannya dari berbagai sumber.

1 . Cari Cahaya Alami dekat Jendela

Lokasi dan posisi memang sangat menentukan hasil foto terbaik meskipun menggunakan kamera handphone. Biasanya kamera handphone tidak semuanya memiliki sistem pencahayaan yang baik meskipun sudah dilengkapi dengan flash.

Agar bisa mendapatkan cahaya terbaik, pilih meja yang dekat dengan jendela dan penerangan alami. Pastikan cahaya yang masuk tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu redup. Jika, kamu datang pada saat malam hari. Pilih meja yang memiliki penerangan yang cukup agar foto yang dihasilkan juga bagus.

2. Atur Sudut Pengambilan Gambar dengan Baik

Sudut pengambilan gambar tidak terlalu sulit. Ada dua sudut pengambilan gambar paling favorit. Haitu mengambil gambar dari sudut 90 derajat atau tepat dari atas makanan atau mencoba dengan posisi 45 derajat seolah-olah kamera mewakili pandangan mata saat hendak menyantap makanan yang dihidangkan.

Saat pengambilan usahakan tangan tidak bergoyang atau bergetar. Salah satu tekniknya adalah mengambil foto sambil menahan nafas beberapa detik saja. Cara tersebut cukup efektif meskipun saat ini beberapa kamera handphone sudah dilengkapi dengan fitur Image Stabilization.

foto makanan instagramable
shutterstock

3. Gunakan Aksesoris Sekitar

Penggunaan aksesoris cukup membantu untuk menghasilkan foto makanan Instagramable meskipun dengan peralatan sederhana sebatas handphone saja.

Beberapa aksesoris yang digunakan bisa disiapkan dari rumah atau menggunakan peralatan yang ada di sekitar misalnya seperti sebet, sendok garpu ataupun taburan beberapa garnish baik di datas makanan ataupun di sekeliling piring saji sehingga akan lebih tampak manis dan Instagramable.

4. Pilih Filter yang Tepat

Jika kamu kurang jago dalam editing atau penyuntingan foto, jangan khawatir. Karena Instagram sudah punya solusinya. Pastikan kamu memilih filter foto yang tepat.

Menurut catatan Facebook, ada beberapa filter Instagram yang kerap kali digunakan pengguna Instagram di Indonesia diantaranya adalah Valencia, Ludwig, X-Pro II, Crema, dan Amaro. Selain menggunakan filter Instagram, kamu juga bisa berkreasi dengan menggunakan aplikasi filter lain seperti  VSCO Cam.

5. Promosikan Kuliner Lokal Indonesia

Indonesia memiliki banyak suku bangsa dari 33 Provinsi yang berbeda. Potensi itulah yang harus digali sebagai salah satu warisan budaya yang bisa dijual sebagai salah satu nilai wisata. Sebagai contoh, Macao berhasil mendapatkan predikat atau penghargaan dari UNESCO sebagai City of Gastronomy karena dianggap memiliki banyak kuliner unik dari perpaduan Asia dan Eropa.

Kuliner Lokal Indonesia tak kalah Instagramable dibandingkan dengan beberapa kuliner dari barat seperti egg tart, spaghetti, pasta atau pizza. Generasi zaman now harus mulai dikenalkan dengan berbagai kuliner lokal menggunakan media Instagram seperti ongol-ongol, getuk lindri sampai dengan papeda.

Instagram sangat efektif untuk mempromosikan makanan dan kuliner khas Indonesia. Itulah mengapa cara membuat foto makanan Instagramable ini sangat penting sebagai salah satu cara mempromosikan kuliner kuliner lokal yang memiliki cita rasa autentik dan khas dari tanah air.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : FotoInstagram

Leave a Response