close

5 Foto Kapal Karam yang Sangat Menakjubkan dari Berbagai Tempat di Dunia

kapal karam di amerika
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Tenggelam atau karamnya sebuah kapal memang menjadi sebuah tragedi yang tidak bisa dilupakan oleh keluarga korban. Namun, tak sedikit foto kapal karam yang tenggelam dan ditinggalkan ini justru pada akhirnya menjadi salah satu destinasi wisata menarik wisatawan termasuk bagi para penyelam.

Berikut adalah foto kapal karam dari beberapa tempat di dunia yang menjadi salah satu tempat wisata terbaik bagi para penyelam dan wisatawan dari seluruh dunia, seperti dilansir dari LoveExploring (25/11).

1. The Maheno, Australia

foto kapal karam
queensland.com

Bertenaga uap, SS Maheno yang dibuat pada tahun 1905 ini salah satu kapal uap pertama yang memiliki satu turbin. Kapal ini berlayar mengikuti jalur regulernya antara Sydney dengan Auckland.

Pada saat perang dunia pertama meletus, kapal ini pernah dijadikan sebuah kapal rumah sakit di Eropa. Namun nasib naas menimpa kapal ini pada tahun 1935 ketika melakukan perjalanan diterpa topan badai yang sangat hebat sehingga mengakhiri perjalanannya untuk selamanya.

2. Sweeptakes, Kanada

foto kapal karam
ontariotravel.net/uk

Salah satu bangkai kapal yang akan membuat kamu terpesona adalah sebuah bangkai kapal di daerah Ontario Kanada. Lokasi ini merupakan tempat bangkai kapal terbesar karena hampir 25 bangkai kapal ada di kawasan ini.

Kamu tak perlu menyelam untuk bisa melihat bangkai kapal ini karena hanya dengan menggunakan perahu saja kamu sudah melihat bangkai kapal ini dari atas permukaan air atau bisa juga dapat melihat bangkai kapal sambil bersnorkeling ria. Salah satu bangkai kapal yang terkenal di sini adalah Kapal Sweeptakes yang karam dalam perairan dangkal pada tahun 1885 stelah menabrak sebuah karang.

3. MV Panagiotis, Yunani

foto kapal karam
Matthew Colvin de Valle/Flickr

Salah satu negara di Eropa yang terkena dampak krisis ekonomi tak berkesudahan ini memiliki sebuah tempat wisata kapal karam di pesisir pantai Zayknthos, Yunani.

Foto kapal karam ini menjadi salah satu tempat paling instagramable di pesisir pantai ini. Apalagi dengan pasir putih dan air laut yang membiru membuat daerah ini menjadi tempat wisata yang cukup dramatis

Kapal yang dibuat pada tahun 1930-an kandas pada tahun 1980-an cuaca buruk karena badai yang sangat besar. Namun karena lokasinya sudah terlalu mainstream disarankan untuk datang pada saat-saat tertentu meskipun lokasi wisata ini memang cukup tersembunyi karena dikelilingi dengan bukit berbatu karang di sekelilingnya.

4. Salem Express, Laut Merah

foto kapal karam
Stas Moroz/Shutterstock

Salah satu kisah paling tragis dalam dunia kelautan pada abad ke-19 adalah kisah kapal Salem Express yang tenggelam pada tahun 1991 di Laut Merah yang memakan korban kurang lebih sekitar 470 orang.

Kapal yang bermuatan penuh ini diterpa angin kencang sehingga kapal menabrak dinding terumbu karang yang menyebabkan lubang besar di bagian lambung sehingga kapal ini akhirnya tenggelam.

Namun dibalik kisah tersebut ternyata menyimpan keindahan bagi para penyelam. Mereka masih bisa menemukan berbagai barang misalnya seperti koper hingga sepeda di dalam kapal tersebut.

Untuk bisa menyelam dan menikmati pesona kapal karam ini dibutuhkan lisensi tertentu karena kedalaman yang berbeda. Belakangan justru menyelam di sekitar kapal karam ini menjadi salah satu kontroversi karena memiliki risiko yang cukup tinggi bagi para penyelam terutama para penyelam yang masih amatir.

5. Eduard Bohlen, Nambia

foto kapal karam
Cezary Wojtkowski/Shutterstock

Salah satu pemandangan yang sangat kontras karena kapal ini seolah-olah ada di sebuah padang gurun yang sangat gersang.

Salah satunya adalah kapal Edward Bohlen yang kini hanya tinggal tersisa struktur tulang kapalnya saja. Jaraknya seutuhnya hanya beberapa kilometer saja dari lepas pantai namun yang menjadikannya sangat istimewa karena kapal ini berada di tengah padang pasir.

Baca artikel menarik lainnya tentang kapal dari Reservasi.com

Tags : kapal

Leave a Response