close

9 Foto Jadul Kabin Pesawat Ungkap Sejarah Kelam Penerbangan Komersial

foto-jadul-pesawat
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Maskapai penerbangan mengalami perkembangan yang cukup signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Penanganan pertama pada awal tahun 1900-an menunjukkan betapa jomplang nya kondisi pesawat saat itu dengan kondisi pesawat saat ini yang sudah mendengarkan hiburan berupa konsol touch screen.

Foto jadul kabin pesawat terbang ini bercerita banyak tentang perkembangan maskapai penerbangan dari tahun ke tahun. Dan terlihat jelas beberapa fasilitas sangat kentara terlihat dalam kabin pesawat, seperti dilansir insider (18/11).

Era awal penerbangan komersial

foto jadul kabin pesawat
Fox Photos

Pada tahun 1920-an era pertama penerbangan komersial untuk penumpang. Pesawat pada zaman tersebut hanya dapat mengangkut sedikit penumpang saja sekitar 20 orang penumpang.

Bahkan untuk kecepatannya saja boleh dibilang lebih lambat dibandingkan kereta api Karena pada saat itu pesawat hanya mampu terbang dengan kecepatan sekitar 160 km per jam. Jadi saat itu penerbangan pesawat masih belum cukup nyaman karena harus beberapa kali berhenti untuk mengisi bahan bakar.

Mengalami pengalaman penerbangan pada tahun 1920-an benar-benar sebuah pengalaman yang sangat tidak nyaman bagi para penumpang Karena pada saat itu maskapai penerbangan sangat berisik dan juga sangat dingin sehingga hampir semua penumpang harus menggunakan baju hangat atau jaket.

Meskipun demikian kondisi tersebut tidak menyurutkan popularitas transportasi dengan menggunakan pesawat terbang.

Sejarah awal keberadaan pramugari

foto jadul kabin pesawat
Fox Photos

Sejarah pramugari ternyata baru muncul pada tahun 1930-an. Saat itu Pramugari dikenalkan untuk membuat penerbangan semakin nyaman. Peran pramugari saat itu tidak berbeda jauh dengan peran pramugari saat ini.

Ada beberapa Inovasi dan juga perkembangan yang cukup signifikan seperti kabin yang mulai kedap udara pemanas ruangan hingga kursi yang lebih nyaman dan memiliki bantalan yang sangat tebal.

Pesawat pun bisa terbang lebih tinggi dari sebelumnya yang hanya 3000 kaki menjadi 20.000 sehingga bisa mengurangi resiko turbulensi dan membuat penerbangan menjadi lebih cepat dengan kecepatan sekitar 321 km per jam.

Perang dunia membuat transportasi udara terhenti

foto jadul kabin pesawat
AP

Pada tahun 1940-an transportasi udara berubah selama perang dunia ke-2. Pasalnya saat itu pesawat udara lebih banyak digunakan untuk tempur di medan perang dibandingkan digunakan sebagai penerbangan komersial.

Setelah perang dunia Usai justru banyak bandara dan juga pesawat pesawat yang ditinggalkan. Kemudian akhirnya dibangun ulang untuk penerbangan komersial. Beberapa bandara dibangun di daerah eropa terutama di kota-kota seperti Dilan dan New York dan beberapa kota-kota dunia lainnya.

Era keemasan dunia penerbangan

foto jadul kabin pesawat
Fox Photos

Pada tahun 1950 inilah yang disebut-sebut masa keemasan penerbangan komersial. Saat itu penerbangan komersial bukan hal yang murah. Tiket pesawat bisa mencapai 1000 hingga 3000 dolar untuk satu kali penerbangan. Sebuah harga yang fantastis sehingga wajar disebut sebagai masa keemasan dunia penerbangan.

Fasilitas yang didapatkan benar-benar sangat setimpal dengan harga yang dibayarkan. Para penumpang diberikan fasilitas kelas 1 dengan aneka kuliner mewah dan mahal. Sehingga yang menikmati pesawat terbang komersial hanya orang-orang yang kaya saja di dunia yang bisa merasakannya.

Naik pesawat tanpa KTP

foto jadul kabin pesawat
Fox Photos

Tahun 1960 dunia penerbangan menjadi lebih santai tidak seperti pada tahun sebelumnya, merasakan pesawat terbang salah seperti hendak pergi ke sebuah pesta besar nan mewah.

Pada era ini bahkan Setiap penumpang tidak dimintai identitasnya saat hendak terbang dengan pesawat terbang. Pemeriksaan keamanan baru mulai dilaksanakan sekitar tahun 1973. Bahkan itupun jauh lebih santai dan tidak terlalu ketat seperti saat ini.

Cikal bakal penerbangan murah

foto jadul kabin pesawat
Alan Light/Flickr

Tahun 1970 menjadi dan cikal-bakal tiket pesawat murah Karena maskapai penerbangan menggunakan jumbo jet yang dapat mengangkut lebih banyak penumpang namun memberikan harga yang lebih rasional.

Pa daerah ini meskipun tiket pesawat sudah lebih murah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, kenyamanan masih menjadi prioritas salah satunya adalah ruang untuk kaki yang lebih nyaman dibandingkan pesawat komersial saat ini yang menawarkan tiket pesawat murah namun dengan minim fasilitas.

Pada tahun 1980 bisa jadi menjadi masa keemasan bagi penumpang, karena saat itu belum ada aturan larangan merokok bagi para penumpang bahkan belum ada pembatasan bagasi pesawat.

Revolusi dunia penerbangan

foto jadul kabin pesawat
Hunter Desportes/Flickr

Pada tahun 1990 sudah mulai ada beberapa kelas pesawat seperti kelas ekonomi perbedaan pesawat penerbangan komersial dan internasional serta fasilitas hiburan yang disematkan di kursi penumpang masing-masing.

Pada tahun 2000 inilah era penerbangan pesawat mengalami revolusi besar-besaran setelah terjadinya insiden pembajakan pesawat di Amerika Serikat yang menewaskan ratusan orang sehingga menghancurkan gedung World Trade Center amerika Serikat.

foto jadul kabin pesawat
Shutterstock

Sejak itulah keamanan bandara menjadi lebih ketat seperti saat ini yang para penumpang rasakan. Pintu kokpit pesawat pun mulai dikunci dengan sandi yang hanya diketahui oleh kepala pramugari dan juga pilot dan ko-pilot. Selain itu juga hanya Penumpang yang memiliki tiket yang bisa melewati pintu di bandara.

Baca artikel lainnya tentang pesawat dari Reservasi.com

Tags : FotoPesawat

Leave a Response