close

10 Foto Alam Liar Terbaik 2016, Orang Utan Kalimantan Ini Juaranya

2016-wpy-winners-07-ngsversion-1476829830918-adapt-1190-1
Tim Laman

Travel Blog Reservasi – Sebuah foto orang utan dari Kalimantan Indonesia secara mengejutkan keluar sebagai juara utama dalam kompetisi foto binatang terbaik dunia 2016. Penghargaan tersebut merupakan sebuah lomba foto tahunan yang digelar oleh sebuah museum sejarah alam yang berbasis di London, Inggris.

Baca juga Ini dia Foto Jepretan Terbaik 2016 dari Kamera iPhone

Foto Orang Utan yang sedang memanjat pohon Ara tersebut tidak mudah didapatkan. Seorang Ilmuwan bernama Tim Laman-lah yang berhasil mendapatkan momen yang sempurna.

Usaha Mendapatkan Foto Terbaik

Tim Laman harus berjibaku tiga hari naik turun pohon dengan menggunakan tali untuk menempatkan sebuah kamera GoPro untuk mendapatkan foto tersebut di Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan, Indonesia.

Tim merupakan seorang fotografer alam yang juga bekerja sebagai peneliti. Saat itu Tim Laman sengaja menenmpatkan kamera di beberapa sudut untuk mendapatkan foto terbaiknya. Ia sudah mempelajari kebiasaan Orang Utan Kalimantan tersebut yang akan kembali ke pohon yang sama untuk mencari makan.

Tim Laman berhasil mendapatkan penghargaan Wildlife Photographer of The Year2016 berkat foto Orang Utan Kalimantan tersebut.

Lomba foto alam liar yang diselenggarakan oleh sebuah museum di London ini menyedot banyak peserta dari seluruh dunia. Tim tidak sendirian karena foto Orang Utannya harus berlomba dengan 49.999 foto lainnya dari 95 negara yang berbeda dari seluruh dunia.

Foto Tim dianggap memenuhi tema perlindungan keanekaragaman satwa dan hayati dunia yang semakin terancam punah akibat ulah manusia sendiri.

Baca juga Akibat Sampah Manusia, Beginilah 20 Foto Kondisi Satwa yang Menyedihkan

Lomba Foto demi Lindungi Satwa yang Terancam Punah

“Foto pemenang menyentuh hati kita dan membuat kita berpikir dengan cara yang berbeda tentang kehidupan alam di dunia” ujar Michael Dixon, direktur Museum Sejarah Alam yang bermarkas di London ini.

Tim Laman, sang juara, berharap bahwa fotonya bisa membantu melindungi habitat Orang Utan di Asia Tenggara khususnya di Kalimantan Indonesia yang kian hari populasinya kian menurun akibat hilangnya habitat aslinya.

Pada bulan Juli 2016, International Union for Conservation of Nature (IUCN) mengumumkan bahwa kedua spesies, Orang Utan Sumatera dan Kalimantan terancam punah.

10 Foto Pemenang Wildlife Photographer of The Year 2016

foto binatang terbaik 2016
Grand Prize Winner/Tim Laman
foto binatang terbaik dunia 2016
Winner Impressions/Luis Javier Sandoval
foto binatang terbaik dunia 2016
Winner. Black and White/Mats Andersson
foto binatang terbaik dunia 2016
Winner, Details/Rudi Sebastian
foto binatang terbaik dunia 2016
Winner, Urban/Nayan Khanolkar
foto binatang terbaik dunia 2016
Winner, Underwater/Tony Wu
2016-wpy-winners-10-nometa-ngsversion-1476973174626-adapt-1900-1
Winner, Land/Stefano
foto binatang terbaik dunia 2016
Winner, Young Wildlife Photographer of the Year/Gideon Knight
foto binatang terbaik dunia 2016
Winner Single Image/Paul Hilton
foto binatang terbaik dunia 2016
Winner, Bird/Ganesh H. Shankar
Sumber nationalgeographic.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : FotografilombaOrang UtanSatwa

Leave a Response