Festival Perang Air Selatpanjang Riau Jadi Event Tahunan Imlek yang Selalu Dinanti - Reservasi Travel Blog

Festival Perang Air Selatpanjang Riau Jadi Event Tahunan Imlek yang Selalu Dinanti

Travel Destinations274
Festival Perang Air Selatpanjang Riau Jadi Event Tahunan Imlek yang Selalu Dinanti

Travel Blog Reservasi – Tak mau kalah dengan Thailand yang punya Festival Songkran, Indonesia juga punya Festival Perang Air Selatpanjang Riau. Festival Perang Air Selatpanjang Riau atau lebih dikenal dengan sebutan Cian Cui hadir dalam rangka menyambut imlek di kota Selatpanjang.

Perang air ini merupakan tradisi masyarakat Tionghoa yang sudah lama dikembangkan. Namun baru di Thailand dan Riau saja yang menjadikannya event tahunan.

Perbedaan Festival Songkran dan Festival Perang Air Selatpanjang Riau

  • Festival perang air di Thailand atau Songkran merupakan salah satu festival paling populer di Thailand, yang dilaksanakan guna menyambut Tahun Baru Thailand. Sedangkan, Festival Perang Air dilaksanakan guna menyambut tahun baru Imlek di di Kota Sagu Selatpanjang, Meranti, Riau.
  • Festival Songkran biasanya diadakan tanggal 13 April – 15 April setiap tahunnya. Sedangkan Festival Perang Air di Kota Selatpanjang berlangsung selama enam hari terhitung sejak tahun baru Imlek hari pertama, dengan memberlakukan dua jam perang air dari jam 16.00 hingga 18.00 WIB.
Sumber gambar: instagram @tagpariwisata

Kegiatan Festival Perang Air Selatpanjang Riau

Acara ini dirayakan dengan pesta dan perang air, dimana penduduk kota akan saling menyiramkan air ke satu sama lain di sepanjang jalan di Kabupaten Kepulauan Meranti yang jadi kabupaten termuda di Provinsi Riau.

Di Kabupaten Kepulauan Meranti ini hampir 40 persen penduduknya adalah etnis Tionghoa. Semua orang yang berada di sini akan mempersenjatai dirinya dengan bom air dalam kantung plastik, ember, gayung dan aneka jenis pistol air.

Mereka melawan peserta yang ada di becak motor lain dan juga melawan peserta yang menunggu di pinggir jalan. Ada ratusan becak motor yang terlibat dalam perang air ini.

Tak ada perbedaan etnis di sini, karena etnis Tionghoa dan Melayu akan berbaur dalam suasana yang akrab.

Kebanyakan warga Melayu tidak naik becak motor tapi menyerang dari pinggir jalan, atau menjual amunisi kantong berisi air yang sudah dibungkus plastik.

Baca juga:

Sumber gambar: instagram @@harijuniawan_deafll
Sumber gambar: instagram @rian.is.robot

Meningkatnya Jumlah Wisatawan

Banyak hal positif yang hadir dari Festival Perang Air Selatpanjang Riau, tak hanya meningkatnya penjualan kuliner, oleh-oleh, pistol air, hingga meningkatnya pendapatan tukang becak.

Namun, Festival Perang Air Selatpanjang Riau ini juga meningkatkan wisatawan yang datang ke Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau dikabarkan juga meningkat dibandingkan 2016 yang mencapai 16 ribu orang.

Bahkan menurut, Ketua Festival Perang Air, Uyung Salis, Efek domino dari festival perang air ini sangat luar biasa karena hotel dan penginapan penuh, bahkan wisatawan yang ingin datang pada tahun depan sudah memesan kamar hotel dari sekarang dan sudah membayar lunas. Wuaah, kamu bisa-bisa sudah kehabisan penginapan nih untuk tahun depan.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *