Mengenal 12 Fakta Buaya Muara yang Meresahkan Warga Jakarta - Reservasi Travel Blog

Mengenal 12 Fakta Buaya Muara yang Meresahkan Warga Jakarta

Travel News28
Mengenal 12 Fakta Buaya Muara yang Meresahkan Warga Jakarta pixabay.com

Travel Blog Reservasi – Buaya muara atau yang dikenal dengan nama latin Crocodylus Porosus merupakan salah satu reptil terbesar yang bisa memiliki bobot hingga 200 kilogram. Panjangnya pun bisa mencapai 4 meter hingga 5 meter.

Bobot tersebut memang amat mengejutkan. Apa jadinya jika buaya muara yang sama-sama punya bobot besar ini bertemu dengan ikan monster Arapaima Gigas yang bisa tumbuh hingga 200 kilogram juga?

Baca Kronologi Bocah 2 Tahun Diseret Buaya di Disney World Orlando

Buaya muara ini sudah tercatat beberapa kali muncul di sekitar Kali Grogol, Jakarta Barat dan juga ditemukan di Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Yuk kita kenali lebih jauh seperti apa buaya muara yang saat ini masih dicari oleh aparat agar tidak meresahkan warga Jakarta. Seperti dihimpun Reservasi.com dari berbagai sumber (1/7), inilah beberapa fakta buaya muara yang perlu kamu ketahui.

1. Buaya muara ternyata merupakan salah satu buaya terbesar di dunia. Salah satu habitat aslinya di Indonesia. Bobotnya memang sangat berat. Bahkan ada buaya muara yang bisa memiliki panjang hingga lebih dari 7 meter.

2. Buaya muara memiliki kekuatan pada kulit dan ekornya. Rahangnya juga sangat mematikan dan bisa mematahkan leher mangsanya dalam sekejap saja. Buaya muara akan memutar badannya demi mengoyak-ngoyak tubuh mangsanya.

buaya muara
Shutterstock

3. Buaya muara hampir memakan semua jenis makanan seperti ikan, unggas, hingga mamalia. Hewan yang memiliki kemampuan menyelam sangat andal ini termasuk salah satu hewan yang sangat berbahaya di dalam air. Pergerakannya lincah meskipun tubuhnya sangat berat.

4. Habitat asli buaya muara tak berbeda seperti namanya. Buaya muara hidup di air tawar yang dekat dengan muara sungai dan laut. Penyebarannya di benua Asia termasuk di Indonesia.

5. Buaya muara termasuk salah satu hewan yang hidup sendiri. Buaya sangat menjaga daerahnya sendiri. Ia akan bertarung dengan buaya lain untuk mempertahankan daerahnya.

6. Cara berburu buaya sangat unik. Ia bisa berada di dalam air selama bejam-jam tanpa harus kehabisan udara. Sebabnya karena hidung dan matanya bisa sejajar dengan permukaan air tanpa diketahui oleh mangsanya.

7. Buaya muara betina bisa bertelur 50 sampai dengan 60 butir telur. Telur-telurnya biasanya disimpan di dalam gundukan tanah di daratan. Telur buaya ini juga menjadi salah satu target predator lainnya.

8. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis buaya lain selain buaya muara, diantaranya adalah buaya Irian berasal dari papua (Crocodylus Novaeguneae), buaya Kalimantan (Crocodylus raninus) yang berasal dari Kalimantan dan terakhir adalah buaya Senyulong (Tomistoma schlegilii) yang berasal dari Sumatera.

9. Buaya termasuk binatang yang sangat agresif meskipun terlihat sangat tenang ketika berada di air. Itulah sebabnya di beberapa muara kerap kali diberikan peringatan untuk tidak berenang karena khawatir mendapatkan serangan tiba-tiba dari buaya.

10. Dari empat jenis buaya yang ada di Indonesia, buaya muara (Crocodylus Porosus) merupakan buaya yang tercatat paling sering menyerang manusia hingga menimbulkan korban jiwa.

11. Meskipun ganas, namun ada beberapa gelintir orang yang memelihara buaya muara di rumahnya dan dijadikan sebagai hewan peliharaan jinak lainnya. Namun demikian, tentu saja buaya muara ini tetaplah hewan ganas yang harus diwaspadai. Risikonya terlalu besar untuk memelihara buaya muara di dalam rumah.

12. Buaya termasuk yang aktif pada malam maupun siang hari. Setelah merasa kenyang biasanya buaya akan naik ke darat untuk berjemur. Jangan gegabah ketika berada di dekat buaya karena buaya bisa melompat dari air ke darat dalam sekejap. Buaya juga dapat menyergap mangsanya secara vertikal dari dalam air.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *