Dusun Bambu Bandung - Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata - Reservasi Travel Blog

Dusun Bambu Bandung – Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata

Travel Destinations5.1K
Dusun Bambu Bandung – Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata

Travel Blog Reservasi – Bandung selalu menjadi tempat wisata yang mengasyikkan. Selain dekat dengan Jakarta, Bandung juga terus melakukan inovasi dalam menghadirkan tempat-tempat wisata anti mainstream. Kawasan Bandung memang sangat mendukung, selain udaranya segar, kawasan Bandung yang rimbun dengan pepohonan menjadi salah satu daya tarik tersendiri yang tak bisa dibantah lagi.

Sebagian diantara kalian mungkin sudah mengenal salah satu tempat wisata favorit di Bandung, Dusun Bambu. Iya, kawasan Ekowisata di kaki Gunung Burangrang ini meyajikan lanskap yang menarik. Dengan misi 7E yang merupakan singkatan dari Edukasi, Ekonomi, Etnologi, Etika, Estetika dan Entertaniment. Dusun Bambu menasbihkan diri sebagai ekowanawisata pertama yang lahir di Jawa Barat.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Farm House Lembang Begitu digandrungi Wisatawan.

Dusun Bambu Bandung - Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata
Glamping di Dusun Bambu (Istimewa/Yuniar Nurul)

Liburan keluarga di Dusun Bambu menjadi sebuah kado terindah yang pernah ada. Keluarga dapat menikmati berbagai fasilitas ekowanawisata yang dibangun dengan mementingkan konservasi alam. Wisata sambil belajar bagaimana mencintai alam dan hidup berdampingan dengan alam secara mutualisme.

Alamat Dusun Bambu berada di Jalan Kolonel Masturi KM 11 Cisarua, Bandung Barat. Dengan ketinggain 1.500 mdpl, Dusun Bambu akan memberikan suasana udara yang dingin tapi sejuk khas lingkungan di kaki pegunungan.

Sawah yang indah dusunbambu.com
Sawah yang indah dusunbambu.com

Dusun Bambu dibangun dari sebuah keprihatinan terhadap sebuah lahan di Bandung Barat. Saat itu Dusun Bambu merupakan lahan yang tidak diperhatikan oleh petani setelah panen. Maka, sejak tahun 2008 beberapa pengusaha memiliki ide sederhana untuk mengembalikan lahan yang memprihatikan tersebut untuk diperbaiki. Salah satu ide yang muncul adalah sebagai lahan konservasi bambu.

Dengan area lahan sekitar 15 hektar, proses pengembalian lahan supaya menjadi hijau kembali ini tidak mudah. Pasalnya Dusun Bambu harus memulai dari awal dengan menanam lebih dari 100,000 bibit pohon. Tujuannya agar bisa menciptakan surga alam yang bisa dinikmati semua orang.

Dusun Bambu Bandung - Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata
Hiking di dusun bambu dusunbambu.com

Usaha penghijauan Dusun Bambu memakan waktu lama dari tahun 2008 hingga tahun 2011 yang dipimpin oleh Arsitek Hijau Oky Kusprianto. Setelah vegetasi alam Dusun Bambu mulai pulih, kemudian dibangunlah beberapa bangunan dengan konsep green.

Arsitektur harus berpikir keras untuk membangun sebuah bangunan yang dapat menyatu dengan alam namun memiliki nilai estetika yang tinggi. Sebuah maha karya yang tidak mudah untuk dibangun. Namun, akhirnya pada tanggal 16 Januari 2014, Dusun Bambu mampu bermetamorfosa menjadi ekowanawisata pertama di Jawa Barat yang peresmiannya dihadiri tokoh msayarakat dan warga masyarakat setempat.

Dusun Bambu Bandung - Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata
Burangrang Cafe and Resto dusunbambu.com

Dusun Bambu Family Leasure Park menjadi salah satu destinasi unggulan di Bandung yang menjadi primadona pariwisata saat ini. Lahir di tatar Sunda Jawa Barat, Dusun Bambu banyak menggunakan nama-nama yang lekat dengan kearifan lokal setempat.

Misalnya tempat glamping diberi nama dengan Sayang Heulang, Restoran diberi nama dengan Burangrang yang merupakan nama Gunung yang dekat dengan Dusun Bambu. Salah satu Legenda masyarakat Sunda, Lutung Kasarung merupakan nama Cafe yang dibangun dengan konsep yang sangat unik. Kalian bisa menikmati hidangan kuliner di rumah pohon yang cantik. Ruang-ruangnya didesain dengan indah seperti kandang burung.

Dusun Bambu Bandung - Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata
Sarang Burung Lutung Kasarung Dusun Bambu sharontravelogue.com

Salah satu putri yang ditolong oleh Lutung Kasarung bernama Purbasari, namanya disematkan sebagai nama tempat lesehan. Lokasi ini cocok untuk kalian yang membawa keluarga. Sambil lesehan kalian bisa menikmati pemandangan gunung Burangrang yang indah. Apalagi didepannya sudah terhampar danau buatan yang menambah susana menjadi syahdu khas restoran Sunda yang tak bisa dilepaskan dari karakter Jawa Barat.

Buat ibu-ibu mudah yang doyan belanja juga disediakan tempat khusus untuk berbelanja di Pasar Khatulistiwa, Dusun Bambu. Sensasi berbelanja di kaki Gunung Burangrang sambil menghirup segarnya udara Cisarua, Bandung Barat. Para Ibu muda dapat membeli berbagai macam kerajinan tangan dan kuliner khas kota Bandung. Tidak perlu kaget karena Dusun Bambu juga menyediakan kuliner tradisional lain seperti pempek Palembang, Tahu Gejrot  dan lain sebagianya. Jangan lewatkan juga untuk membeli beberapa produk alam seperti sayuran dan buah segar yang ditanam disekitar area kaki gunung Burangrang.

Dusun Bambu Bandung - Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata
Saung Purbasari IG @david8js

Tidak usah khawatir untuk mencari hotel di Dusun Bambu, karena sudah ada Villa Kampung Layung yang memberiakn konsep penginapan yang homy banget buat pasangan ataupun keluarga besar. Dengan harga mulai dari 2 juta hingga 3.75 juta rupiah, kalian sudah bisa menikmati suasana desa dengan fasilitas modern. Sungguh sebuah pengalaman menginap yang tak bisa dilupakan di Kampung Layung Dusun Bambu Cisarua, Bandung Barat.

Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di Dusun Bambu Cisarua, Bandung Barat. Kalian bisa menikmati suasana pedesaan yang damai sambil naik sampan Sangkuriang. Saat kemping atau glamping di Dusun Bambu, jangan lupa untuk hiking pada pagi hari untuk menikmati langsung keindahan alam kaki pegunungan Burangrang.

Dusun Bambu Bandung - Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata
main di sungai IG @patricialeona

Berbagai macam olahraga bisa kalian nikmati di Dusun Bambu dintaranya seperti latihan memanah dan bersepeda. Bagi kalian yang berminat untuk melakukan team building di Dusun Bambu pun akan menjadi pengalaman yang berbeda dari tempat lainnya.

Dusun Bambu memang surganya keluarga. Semua fasilitas lengkap terutama untuk anak-anak. Anak-anak dapat bermain di Bamboo Play Ground, belajar tali tamali, dekat dengan alam dengan kegiatan panen padi atau produk pertanian, dan yang unik dan sudah banyak ditinggalkan adalah bermain mainan tradisional khas Indonesia. Siapa anak-anak yang tidak senang bila diajak belajar dari alam?

playground dusun bambu tesyaskinderen.com
playground dusun bambu tesyaskinderen.com

Siapa yang belum pernah bermain egrang? Ya, Dusun Bambu memang memberikan pengalaman bermain di alam dengan cara yang bebeda. Semua alat dan aneka fasilitas permaian dipadukan dengan bahan-baha dari alam mulai dari bambu hingga gelondongan pohon yang dibentuk sebagai wahana permainan.

Jika kalian ingin menikmati luasnya areal Dusun Bambu, sudah disediakan mobil pick up seperti mobil wisata yang ada di TMII, atau Taman Safari. Namun jika ingin berjalan kaki juga akan lebih menyenangkan karena kalian bisa berfoto dengan latar belakang keindahan alam Dusun Bambu Cisarua, Bandung.

Dusun Bambu Bandung - Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata
Glamping di Dusun Bambu (Istimewa/Yuniar Nurul)

Tak perlu jauh-jauh juga untuk ke luar negeri naik balon udara. Dusun Bambu menyediakan fasilitas bagi wisatawan yang ingin menikmati pesona keindahan alam Dusun Bambu dari sudut pandang bird eye dengan menggunakan balon urdara.

Dusun Bambu Family Leasure Park memang masih satu pemilik dengan Kampung Daun Cultural Gallery & Cafe. Maka mungkin kalian akan banyak melihat kemiripan dari beberapa spotnya. Namun yang paling utama memang yang dijual adalah suasana alam dan wisata yang membaur dengan alam tanpa merusaknya.

Selain Dusun Bambu dan Kampung Daun, sang arsitek brand Ronny Lukito juga punya usaha asli Indonesia yang dikira brand dari luar negeri seperti Exsport, Eiger dan Bodypack. Keberhasilan Ronny Lukito dalam bisnis gear pecinta alam tersebut kemudian dikembangkan dengan mendirikan ekowanawisata Dusun Bambu, Cisarua, Bandung.

Denah Wisata Dusun Bambu Cisarua Bandung

Dusun Bambu Bandung - Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata
Dusun Bambu Cisarua Bandung dusunbambu.com

3 Tempat Makan di Dusun Bambu

  • Resto Purbasari dengan panorama pedesaan Jawa Barat. Muat untuk 6-12 orang anggota keluarga.
  • Cafe Burangrang dengan sentuhan modern.
  • Lutung Kasarung, Cafe Rumah Pohon berbentuk seperti sangkar burung, cocok untuk kalian pasangan muda bahagia.

Tempat Menginap di Dusun Bambu*

  • Eagle Camp Sayang Heulang
    • Single Camping Deck Rp 1.700.000,-
      • Fasilitas: 1 tenda, 2 matras, kebun pribadi, api unggun dan BBQ.
  • Kampung Layung
    • Village Residence Rp 2.500.000
      • Fasilitas: 1 ruang tidur, ruang keluarga, pantry, dapur, kebun pribadi, api unggun, BBQ.
    • Deluxe Village Residence Rp. 2.750.000,-
      • Fasilitas: 1 ruang tidur, ruang keluarga, pantry, dapur, kebun pribadi, api unggun dan BBQ.
    • Family Village Residence Rp. 3.750.000,-
      • Fasilitas: 2 ruang tidur, ruang makan, ruang keluarga, pantry, dapur, kebun pribadi, api unggun dan BBQ.
  • Harga sudah termasuk:
    • Pajak service 7.5% dan pajak pemerintah 10%
    • Buffet di Burangrang Cafe
    • Sarapan Pagi (anak-anak usia 5-10 tahun mendapatkan diskon 50%)
    • Extra Bed Rp. 300.000 sudah termasuk sarapan pagi.
    • Bisa menggunakan kartu kredit.
    • Waktu Check in pukul 2 PM dan waktu Check out pukul 12.00 AM.

Spot Wajib Selfie

  • Tugu Selamat Datang Dusun Bambu
  • Shuttle Car Dusun Bambu
  • Sangkar Burung Lutung Kasarung
  • Danau Purbasari
  • Pasar Khatulistiwa
  • Playing Ground

Aktifitas di Dusun Bambu Cisarua Bandung

  • Balapan Gokart
  • Biking
  • Hiking
  • Glamping – Glamour Camping
  • Paint Ball
  • Telusur Sungai Dusun Bambu
  • Panen dan Menanam Padi
  • Naik Sampan di Danau Dusun Bambu
  • Memanah
  • Team Building
  • Menikmati Taman Arimbi

Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang*

  • Tiket Masuk Rp. 15.000,-
  • Parkir Mobil Rp 10.000,-
  • Kisaran harga makanan antara Rp. 20.000 hingga Rp. 60.000
  • Tiket Balon Udara Rp 300.000 (15 menit).
  • Main Ikan atau Kelinci Rp. 15.000/anak

Tips dan Panduan ke Dusun Bambu, Cisarua , Bandung.

  • Range Harga makanan di Dusun Bambu menengah keatas.
  • Datang pada saat Weekdays diutamakan jika ingin banyak mendapatkan spot foto keren.
  • Sarang Burung Lutung Kasarung terbatas, jadi datang lebih awal sebelum makan siang.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk tracking atau hiking selama berada di Dusun Bambu.
  • Dari Tol Cipularang kalian bisa keluar dari di Gate Cimahi lalu ikuti Jalan Kolonel Masturi (Bebas Macet)
  • Dari Tol Cipularang jika keluar di Gate Pasteur ke arah Ledeng melalui Jalan Sersan Sodik kemudian lanjut Jalan Kolonel Masturi.
  • Dari Tol Cipularang keluar di Pasteur kemudian ke Ledeng arah Lembang, lalu ke Jalan Kolonel Masturi.
  • Dari Tol Cipali kalian bisa keluar di Gate Subang kemudian ikuti arah Lembang lanjut ke Jalan Kolonel Masturi.
  • Saat makan di pasar Khatulistiwa kalian harus menyiapkan yang yang ditukarkan dengan voucher. Jangan khawatir jika vouchernya tidak habis digunakan bisa di refund kok.*

Baca Juga: Danau Tebing Makariki Yang Mengagumkan.

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

One thought on “Dusun Bambu Bandung – Menyatu Dengan Alam Sambil Berwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *