Dramatis, Sebuah Tas Terbakar di Kabin Pesawat - Reservasi Travel Blog

Dramatis, Sebuah Tas Terbakar di Kabin Pesawat

Travel News1.4K
Dramatis, Sebuah Tas Terbakar di Kabin Pesawat

Travel Blog Reservasi – Dramatis! Itulah yang terjadi saat sebuah tas tiba-tiba terbakar di kabin pesawat. Asap mengepul dari salah satu tas disertai dengan api yang mulai menjilat kompartemen bagasi pesawat.

Para penumpang yang tadinya sudah siap-siap berangkat tiba-tiba langsung dilanda kepanikan luar biasa menyadari ada sebuah tas yang terbakar di atas kepala mereka. Sontak, semua penumpang pun dievakuasi sementara beberapa di antaranya tetap membantu pramugari memadamkan api dengan air seadanya.

Penumpang Langsung Dievakuasi

Para penumpang sedianya akan diberangkatkan dengan menggunakan pesawat China Southern Airlines dari Guangzhou ke Shanghai ketika api memenuhi seluruh isi kabin pesawat.

Sebuah video yang diambil oleh salah satu penumpang pesawat menunjukkan bahwa tas yang terbakar tersebut disimpan di overhead bin, tempat para penumpang biasanya menyimpan barang saat di kabin pesawat.

Detik-detik kebakaran pun terekam dengan jelas terutama saat salah satu awak kabin berusaha untuk menyiramkan sebotol air minum dan tetap berusaha untuk memadamkan api. Belakangan justru salah satu penumpang yang lebih tinggi berusaha untuk membantu awak kabin tersebut untuk memadamkan api yang sudah terlihat mengecil, seperti dilaporkan Channel News Asia (25/2).

Dugaan Ledakan Berasal dari Sebuah Power Bank

Akhirnya tim pemadam kebakaran dan petugas keamanan mendatangi lokasi kejadian dan mengamankan tempat kejadian perkara untuk memastikan tidak ada api kembali sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pesawat yang lebih besar lagi, tutur pihak Maskapai penerbangan.

Sedangkan pemilik tas tersebut pun dibawa ke kantor kepolisian untuk dimintai keterangan. Sementara dugaan yang ada bahwa api disebabkan karena sebuah power bank yang meledak.

Seperti diketahui bahwa power bank menggunakan lithium-ion seperti halnya baterai yang digunakan dalam banyak ponsel saat ini. Kasus ledakan baterai bukan kali ini saja terjadi, sampai-sampai beberapa maskapai penerbangan melarang sebuah ponsel tertentu untuk dibawa masuk ke dalam kabin pesawat dalam kondisi hidup.

Lebih tegas lagi bahkan ada maskapai yang tidak memperbolehkan sama sekali untuk membawa ponsel tersebut meskipun dalam kondisi mati demi keselamatan penerbangan.

Penerbangan Delay Sampai 3 Jam

Setelah kejadian tersebut, akhirnya maskapai penerbangan mencari pesawat pengganti untuk mengangkut penumpang yang terlantar akibat insiden tersebut. Hampir selamat tiga jam lamanya para penumpang harus menunggu untuk diberangkatkan.

Kasus-kasus kebakaran di dalam pesawat seperti ini juga pernah terjadi sebelumnya. Contohnya saja seperti sebulan sebelumnya terjadi kasus kebakaran sebuah lambung pesawat American Airlines saat sedang diparkir di bandara Hong Kong.

Saat itu juga videonya menjadi viral karena ada beberapa warganet yang kebetulan sedang menunggu pesawat yang melihat dan merekam kejadian dengan menggunakan kamera ponsel kemudian mengunggahnya di sosial media.

Juga seperti tahun sebelumnya, sebuah ponsel pernah meledak dan mengakibatkan kebakaran di dalam pesawat saat dalam perjalanan menuju bandara Melbourne, Australia dari Beijing.

Diduga api muncul karena ledakan dari sebuah ponsel yang digunakan untuk mendengarkan musik selama dua jam lebih. Penumpang tersebut sepertinya tertidur selama penerbangan sambil mendengarkan musik. Entah bagaimana mulanya hingga akhirnya ponselnya menimbulkan kebakaran dan ledakan kecil.

Akibat insiden tersebut, Biro Keselamatan Penerbangan Australia mengeluarkan peringatan kepada khalayak untuk waspada terhadap bahaya baterai selama dalam penerbangan.

Beberapa rentetan kejadian tersebut ada baiknya memang untuk menonaktifkan ponsel atau alat elektronik lainnya ketika sedang dalam perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang untuk menghindari hal-hal yang tidak dingginkan seperti ledakan dari baterai ponsel.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *