Drama Mengurus Paspor yang Harus Kamu Selesaikan - Reservasi Travel Blog

Drama Mengurus Paspor yang Harus Kamu Selesaikan

Travel Tips837
Drama Mengurus Paspor yang Harus Kamu Selesaikan shutterstock

Travel Blog Reservasi – Mengurus paspor ternyata ada seninya, karena tanpa seni tersebut rasanya akan seperti makan sayur tanpa garam. Begitu juga dengan drama mengurus paspor, pasti beberapa pemohon paspor memiliki kesulitannya masing-masing.

Agar tidak ditolak mentah-mentah ketika datang ke kantor imigrasi, sebaiknya kamu selesaikan terlebih dahulu berbagai permasalahan sebelum membawa semua berkas-berkasnya untuk mengajukan permohonan paspor.

Tidak Punya E-KTP

Gara-gara korupsi, banyak pemohon paspor yang kesulitan. Itulah sebabnya kita tidak boleh apatis dengan penyakit masyarakat seperti ini. Jangan pula gara-gara susah mendapatkan kuota, kamu jadi mencari solusi dengan menggunakan jalur belakang untuk mengurus paspor. Itu sama saja dengan merawat korupsi yang sudah akut merusak negeri ini.

Jika belum mempunyai e-KTP jangan khawatir karena kamu bisa mendapatkan surat rekomendasi atau surat pengantar dari Disdukcapil setempat yang sesuai dengan domisili KTP kamu saat ini. Dengan menggunakan surat rekomendasi atau surat keterangan tersebut, kamu dapat mengajukan permohonan paspor tanpa permasalahan dan akan dilayani seperti halnya penduduk yang memiliki e-KTP.

Baca Solusi Permasalahan Aplikasi Antrian Paspor Online

Nama Berbeda di Dokumen

Persoalan lama sudah mutlak wajib sama baik di KTP kartu keluarga maupun dokumen lainnya. Apalagi jika sudah melakukan penggantian nama, kamu harus melampirkan surat keterangan dari pengadilan atau kantor yang berwenang untuk mengeluarkannya.

Jika tidak ingin bermasalah ketika berangkat ke luar negeri, apalagi sudah sampai di Bandara negara lain, sebaiknya kamu mengganti salah satu dokumen yang terdapat kesalahan. Perbedaan satu huruf satu spasi atau bahkan satu kata sekalipun tidak akan bisa ditoleransi ketika kamu sudah memiliki paspor.

Bahkan untuk pemohon yang memiliki nama hanya satu suku kata saja, biasanya kerap kali mengalami beberapa pemeriksaan atau terkena random checking akibat nama yang terlalu pendek.

Masalah penambahan nama pun menjadi salah satu yang kamu harus perhatikan. Jika kamu hendak umroh ke Arab Saudi. Cara mengurusnya saat muda selain mendapatkan surat keterangan dari travel umroh kamu bisa mengurus penambahan nama melalui informasi atau customer service di kantor imigrasi setempat.

Mengurus Paspor dengan KTP Daerah atau Beda Domisili

Drama yang harus kamu hadapi adalah ketika domisili KTP kamu berbeda dengan kantor Imigrasi yang hendak kamu datangi. Bukannya tidak boleh, tetapi kamu harus melengkapi beberapa prasyarat untuk mengajukan permohonan paspor yang berbeda dengan KTP domisili yang dimiliki.

Syarat yang harus kamu lengkapi adalah surat keterangan atau kartu domisili sementara. Selain itu ada juga beberapa pemohon yang dimintai surat jaminan sponsor di atas materai 6000,

Untuk membawa serta dokumen seperti fotokopi paspor penjamin atau fotokopi KTP penjamin jika menjamin belum memiliki paspor

Baca Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Aplikasi Paspor Online

Syarat Tiket Pesawat dan Kontak di Luar Negeri untuk Urus Paspor

perbedaan e-paspor dengan paspor biasa
shutterstock

Ketika wawancara memang menjadi salah satu hal yang menentukan apakah permohonan paspor kamu diterima ataupun tidak. Beberapa daerah bahkan ada yang memberikan aturan yang cukup ketat. Hal tersebut dilakukan untuk upaya preventif agar tidak ada TKI ilegal yang berusaha untuk mencuri curi kesempatan.

Itulah sebabnya beberapa Kantor Imigrasi memiliki kebijakan yang kemungkinan berbeda antara kantor yang satu dengan yang lainnya karena faktor-faktor tersebut.

Namun umumnya, pengurusan paspor di Jakarta tidak dimintai tiket pesawat ataupun nomor kontak orang yang berada di luar negeri atau kerabat yang hendak kita datangi. Jikapun hal ini harus dipenuhi, sebaiknya persiapkan lebih awal agar ketika mengajukan permohonan paspor sudah siap dengan dokumen yang dibutuhkan.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

3 thoughts on “Drama Mengurus Paspor yang Harus Kamu Selesaikan

  1. Kalo saya masalah paspor dengan ktp ga sama dan tgl lahir jg tidak sama,mohon persaratan apa aja yg bisa saya baawa ke pengadilan negri cirebon supaya bisa mendapatkan surat pernyatan untuk menyamakan paspor dengan ktp…???

  2. Mas Dzulfikar,

    Kalau KTP saya Jakarta, tapi tempat tinggal di Bogor apakah saya bisa mengurus di Imigrasi Bogor?.

    Untuk persyaratan, pakah bisa pilihan hanya buku nikah saja?.

    Terimakasih

    1. bisa mas, klo masih jabodetabek rasanya masih bisa. kmrn saya ktp tangsel bikin di jkt. buku nikah bisa aja, tp baiknya bawa dokumen lain sebagai pembanding, klo gak bawa siap2 aja disuruh balik lagi klo mmg diminta dokumen lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *