Berkunjunglah ke Pantai Sepanjang, Dijamin Hatimu Pasti Senang!

Berkunjunglah ke Pantai Sepanjang, Dijamin Hatimu Bakal Senang!

Travel Destinations1K
Berkunjunglah ke Pantai Sepanjang, Dijamin Hatimu Bakal Senang!

Travel Blog Reservasi – Kalau ingin merasakan Pantai Kuta dengan suasana Jawa, ada baiknya jika kamu mencoba berkunjung ke Pantai Sepanjang yang berada di Desa Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia. Iya, dengan berkunjung ke Pantai Sepanjang, kamu akan merasa seperti sedang berada di Pantai Kuta yang masih sepi pada zaman dahulu. Pantai Sepanjang dapat dikatakan merupakan pantai yang tergolong ke dalam pantai yang baru dikenal di Yogyakarta.

Nama “Sepanjang” bukanlah sekadar nama, tetapi kata “Sepanjang” dijadikan sebagai nama pantai ini karena memang ciri khas pantai ini adalah memiliki garis pantai yang panjang. Bahkan, Pantai Sepanjang merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang di antara semua pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana dan panorama alam di sekitar Pantai Sepanjang juga sangat indah dan menenangkan.

Pantai Sepanjang

Selamat datang di Pantai Sepanjang, Yogyakarta!

Pantai Sepanjang berpotensi untuk menjadi salah satu pantai primadona di Yogyakarta.  Di sepanjang bibir pantai ini juga dihiasi dengan tumbuhan palem dan gubuk-gubuk atau saung-saung yang beratap daun kering yang disediakan sebagai tempat bagi para pengunjung pantai untuk beristirahat. Karang-karang yang berada di wilayah pasang surut Pantai Sepanjang juga masih cukup terawat. Laut yang berwarna biru juga menjadi bukti kalau air laut di Pantai Sepanjang masih terjaga dari pencemaran. Dengan suasana yang indah ini, Pantai Sepanjang adalah salah satu pantai yang berpotensi menjadi destinasi favorit wisatawan di Yoggyakarta.

Ada hal unik yang akan terjadi di Pantai Sepanjang ketika air laut mulai surut. Ketika air laut surut, kamu bisa melihat karang-karang bermunculan di sekitar bibir pantai yang landai. Karang-karang ini merupakan tempat tinggal sekaligus habitat dari berbagai biota laut yang ada. Di Pantai Sepanjang, kamu akan dengan mudah menemukan bintang laut, anggang laut, bulu babi, kerang-kerangan, ikan-ikan kecil, sampai rumput laut yang biasanya menempati cekungan atau lubang-lubang di sekitar karang.

senja-di-pantai-sepanjang-gunungkidul

Senja di Pantai Sepanjang, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Kondisi air laut yang sedang surut biasanya juga dimanfaatkan para penduduk setempat untuk berburu dan mencari rumput laut, kerang-kerangan, dan lain-lainnya untuk dimakan sendiri atau pun untuk selanjutnya diolah dan dijual kembali. Di pantai ini juga terdapat beberapa gubuk yang menyediakan aneka makanan dengan bahan dasar hasil laut.

Menariknya, di dekat Pantai Sepanjang juga terdapat sebuah situs bersejarah yang dinamakan Banyusepuh. Sesuai dengan namanya, Banyusepuh memiliki makna “membasuh dengan air”. Sebelum dinobatkan menjadi situs bersejarah, tempat atau letak Banyusepuh ini memang pada awalnya adalah sumber mata air yang digunakan oleh para wali untuk memandikan atau membasuh beragam benda pusakanya. Sayangnya, situs bersejarah ini sekarang ini hanya tinggal berupa sebuah kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar.

Lokasi Pantai Sepanjang berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak atau lokasi pantai ini juga tidak jauh dari beberapa pantai terkenal yang ada di Yogyakarta misalnya Pantai Kukup yang hanya berjarak sekitar 1 km di sebelah timur dan Pantai Drini di sebelah barat.

Papan penunjuk jalan menuju Pantai Sepanjang

Papan penunjuk jalan menuju Pantai Sepanjang

Akses Jalan Menuju Pantai Sepanjang

Untuk menuju Pantai Sepanjang, aksesnya cukup mudah.  Berikut ini adalah rute menuju Pantai Sepanjang dari pusat Kota Yogyakarta: Yogyakarta – Piyingan – Patuk – Sambipitu – Lapangan Uddara TNI AU Gading – Siyono – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – pertigaan masuk ke kawasan Pantai Baron ke arah timur – pintu masuk Pantai Kukup masih ke  arah timur – Pantai Sepanjang.

(Klik di sini untuk melihat peta lokasi Pantai Sepanjang).

Harga tiket masuk ke Pantai Sepanjang juga sangat murah yaitu sebesar Rp4.000. Harga tiket masuk ini juga sudah termasuk paket akses menuju 8 wisata pantai lainnya yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Drini, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Pulang Syawal dan Pantai Poktunggal. fasilitas yang tersedia di Pantai Sepanjang juga sudah cukup lengkap dan tersedia beberapa rumah makan serta penginapan  yang bisa disewa untuk bermalam di pantai ini.

Saung di Pantai Sepanjang

Saung-saung tempat beristirahat yang berjajar di Pantai Sepanjang

Note : Yogyakarta merupakan salah satu dari beberapa kota tujuan wisata terbaik yang ada di Indonesia. Mulai dari wisata sejarah, wisata belanja, hingga wisata alam seperti Pantai Sepanjang ada di Kota Yogyakarta. Sementara itu, untuk menuju Kota Yogyakarta, kamu bisa menempuh perjalanan dengan menggunakan kereta api dari berbagai kota besar di Jawa. Kamu juga bisa menempuh perjalanan menuju Yogyakarta dengan penerbangan yang murah baik dari luar negeri atau dalam negeri seperti Bandung, Jakarta dan Bali.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *