Rekomendasi 8 Destinasi Wisata Kece di Baturaden, Wajib Mampir!

Rekomendasi 8 Destinasi Wisata Kece di Baturaden, Wajib Mampir!

Travel Destinations119
Rekomendasi 8 Destinasi Wisata Kece di Baturaden, Wajib Mampir! shutterstock

Travel Blog Reservasi – Sudah pernah berkunjung ke Baturaden? Kecamatan ini masuk area Kabupaten Banyumas, terletak di sebelah Utara Kota Purwokerto. Namanya diambil dari dua kata yaitu ‘batur’ dan ‘raden’, yang artinya pembantu putra raja. Bisa diartikan Baturaden adalah pembantu putra raja.

Dahulu kala sang putra kerajaan mencintai pembantunya sehingga tak mendapat restu dari raja. Mereka lalu memutuskan mengakhiri hidup bersama di tempat yang kini menjadi Lokawisata Baturaden.

Kecamatan ini menyimpan keindahan alam yang menarik banget untuk dieksplor. Reservasi.com merekomendasikan sembilan destinasi wisata berikut buat kamu. Yuk simak, jangan lupa masukkan ke agenda liburanmu berikutnya ya!

Baca 10 Tempat Wisata Jawa Tengah yang Harus Kalian Kunjungi

Lokawisata Baturaden

Berlokasi di lereng Selatan Gunung Slamet menjadikan suasana Lokawisata Baturaden terasa sejuk dan asri. Berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Kota Purwokerto, Lokawisata Baturaden menawarkan banyak wahana kreasi seperti kolam renang, sepeda air, pemandian air panas, hingga air terjun. Ada juga spot permainan tradisional yang siap menambah wawasanmu tentang kearifan budaya lokal.

Di sini juga terdapat Teater Alam yang memanfaatkan pesawat milik Garuda Indonesia berjenis Foxer 28. Teater ini memutarkan video-video dokumenter tentang sejarah dan keindahan alam Indonesia. Tempat wisata yang komplit kan, bisa seru-seruan sekaligus bernilai edukatif.

Taman Wana Perga Kebun Raya Baturaden

Hanya berjarak 1 kilometer dari Lokawisata Baturaden, kamu bisa mampir ke Taman Wana Perga Kebun Raya Baturaden. Hampir mirip dengan Kebun Raya Bogor, di sini tersimpan banyak spesies flora khususnya yang tumbuh di dataran tinggi. Selain sejuk dan rindang, Kebun Raya Baturaden cocok untuk wisata edukatif anak-anak.

Kebun Binatang Kaloka Widya Mandala

Kalau ada kebun raya biasanya nggak jauh dari situ berdiri juga kebun binatang. Yup, Kebun Binatang Kaloka Widya Mandala bisa menjadi destinasi berikutnya. Masih berada dalam kawasan Lokawisata Baturaden, kebun binatang nggak cuma memelihara satwa lokal. Ada beberapa satwa khas Asia dan Australia di sana.

Taman Miniatur Dunia Small World

Liburanmu belum kekinian kalau nggak mampir ke Taman Miniatur Dunia Small World. Wisata favorit generasi milenial ini menawarkan banyak spot foto berlatar tempat-tempat ikonik di seluruh penjuru dunia. Ada miniatur Menara Pisa, Colosseum, Piramida, hingga ladang bunga tulip dan kincir angin khas Belanda. Bisa puas banget nih selfie di sini!

Pancuran Telu dan Pancuran Pitu

Beralih ke obyek wisata alam, sayang sekali kalau nggak mampir ke pemandian air panas Pancuran Telu dan Pancuran Pitu. Air di sini mengandung belerang sehingga bagus untuk menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Tapi meski memiliki banyak kemiripan, lokasi Pancuran Telu dan Pancuran Pitu terpisah agak jauh.

baturaden
dedygold/shutterstock

Curug Bidadari

Kawasan Baturaden terkenal dengan banyaknya obyek wisata air terjun yang menawan mata. Salah satunya yang wajib kamu kunjungi adalah Curug Bidadari, lokasinya ada di Desa Karangsalam.

Curug Bidadari terbilang masih alami, lokasinya tersembunyi dengan pintu masuk menyerupai goa. Pengunjung harus menempuh jalur yang agak menantang untuk menikmati keindahan air terjun yang satu ini.

Curug Bayan

Selain Curug Bidadari, wajib juga mampir ke Curug Bayan yang lokasinya lebih landai sehingga mudah dijangkau. Cocok untuk berfoto-foto karena medannya aman untuk segala usia. Di Curug Bayan terdapat dua bangunan peninggalan Jepang dan Belanda.

Ada dam buatan Jepang dan jembatan kokoh bikinan Belanda. Keduanya masih dalam kondisi bagus dan bisa kamu amati dari dekat.

Telaga Sunyi

Telaga berair bening dan tenang kini sedang banyak digandrungi wisatawan. Apalagi yang menyediakan spot selfie di dalam air. Nah, kamu bisa mampir ke Telaga Sunyi yang jaraknya sekitar 3 kilometer dari Lokawisata Baturaden.

Telaga ini airnya sangat jernih dan kedalamannya hanya 3 meter saja. Masih aman untuk berenang dan sedikit menyelam menikmati keindahan di bawahnya.

Wah, destinasi wisata di Baturaden menggiurkan semua ya! Jadi kapan mau berangkat nih?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *