Dear Pecinta Kultur, Datang Deh ke Tempat Wisata Budaya yang "Bali Banget" Ini!

Dear Pecinta Kultur, Datang Deh ke Tempat Wisata Budaya yang “Bali Banget” Ini!

Travel Destinations1.6K
Dear Pecinta Kultur, Datang Deh ke Tempat Wisata Budaya yang “Bali Banget” Ini! Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Bali dan pantai, adalah dua hal yang saling berkesinambungan dan sulit untuk dipisahkan. Memang, pesona pantai Bali seolah tidak ada duanya. Namun, perlu untuk kita ketahui kalau di Pulau Dewata ada juga kok alternatif wisata lainnya, yakni tempat wisata budaya.

Cukup disayangkan kalau kita liburan ke Bali dan hanya mengunjungi pantai dan tempat wisata mainstream lainnya. Padahal ada banyak sekali tempat wisata penuh nilai budaya dan seni tinggi yang tidak kalah menarik.

Tempat wisata tersebut ada di desa-desa bali yang masih menganut kearifan lokal yang kental. Ingin tahu dimana saja tempat yang “Bali banget” tersebut? Di sini kita akan mengulas tuntas tempat yang tidak akan kamu temukan di tempat lain selain di Bali.

Desa Trunyan

Kalau kamu merasa tempat tinggal kamu sudah cukup indah, mungkin pikiran kamu akan berubah ketika kamu berkunjung ke Desa Trunyan. Di desa ini yang akan kamu dapatkan adalah pemandangan langsung Danau Batur yang dikelilingi dengan kepungan Gunung Batur.

tempat wisata budaya
Shutterstock

Desa yang terletak di wilayah Kintamani, Kabupaten Bangli ini, masih memegang teguh nilai budaya dan tradisi mereka yang sangat kental. Salah satunya adalah ritual pemakaman yang lain daripada biasanya.

Di sini, jasad seseorang tidak dikubur, melainkan diletakkan di atas tanah dan ditutupi dengan kurungan bambu yang bernama Seme Wayah. Namun, peletakan jasad tersebut tidak di sembarang permukaan tanah,  tetapi di bawah pohon Taru Menyan.

Meskipun jasad tidak dikubur maupun dibakar terlebih dahulu, uniknya tidak tercium bau sedikitpun. Masyarakat percaya kalau hal itu terjadi karena pohon Taru Menyan yang dapat menyerap bau dari pembusukan jasad yang ada di sekelilingnya.

tempat wisata budaya
Shutterstock

Tidak jauh dari areal makam ada sebuah pura bernama Pura Dalem yang ada di pinggir Danau tempat masyarakat setempat melakukan doa. Pemandangan dari sini pun sangat indah yakni perpaduan hamparan kaki bukit yang hijau ditambah dengan Danau Batur yang berlatar belakang Gunung Batur.

Desa Tenganan

Sekitar 60 km dari kota Denpasar, ada sebuah desa yang masih sangat asri dan penuh kedamaian dengan tradisi lokal yang masih sangat kental. Adalah Desa Tenganan yang berada tepat di Kabupaten Karangasem.

tempat wisata budaya
Shutterstock

Masyarakat di desa ini termasuk ke dalam golongan Bali Aga, sebutan untuk kelompok masyarakat Bali yang masih memegang erat tradisi dan juga cara hidup tradisional mereka sejak ribuan tahun yang lalu. Tidak heran, jika masyarakat di sini masih sangat berpegang teguh dan mematuhi peraturan yang sudah ada sejak leluhur mereka.

Di desa ini pun, terdapat peraturan khusus mengenai hak tanah, sumber daya alam, sistem administrasi, hingga pernikahan.

tempat wisata budaya
Shutterstock

Jangan dulu membayangkan kalau bisa ini benar-benar menolak kemajuan teknologi karena desa ini pun telah menggunakan listrik, alat telekomunikasi, dan anak-anaknya di sana pun dituntut untuk menimba ilmu setinggi mungkin.

Kalau ingin mengunjungi salah satu tempat wisata budaya ini, kamu bisa datang pada bulan Januari, Februari, Juni, Desember, karena pada saat-saat tersebut di Desa Tenganan banyak diadakan upacara tradisional, dan wisatawan pun banyak berdatangan.

Desa Penglipuran

Terletak 45 km dari kota Denpasar, tepatnya di Kelurahan Kubu, Kabupaten Bangli berdiri sebuah desa bernama Desa Penglipuran.

Sama seperti Desa Trunyan, Desa Panglipuran juga terletak di kaki Gunung Batur yang mana akan memiliki pemandangan langsung ke Danau Batur. Saat ke sini, kamu akan disambut dengan suasana yang “Bali banget” dan udara sejuk karena memang terletak di dataran tinggi.

tempat wisata budaya
vacanzebali.it

Di desa ini ada banyak rumah-rumah tradisional yang tertata dengan rapi. Mereka pun menjaga keasrian desa mereka dengan melarang kendaraan bermotor masuk ke areal pedesaan. Oleh karena itu, untuk para wisatawan harus memarkirkan kendaraan mereka di luar pedesaan.

tempat wisata budaya
Shutterstock

Untuk berkunjung ke desa Penglipuran setiap wisatawan akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp15.000 untuk orang dewasa, dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Baca juga: Rasakan Sensasi Menginap Bak Rapunzel di Bangunan Unik Ini!

Sekarang, sudah tahu kan tempat wisata budaya di Bali yang antimainstream dan masih kental nilai kebudayaannya. Buat kamu pecinta kultur wajib banget deh berkunjung ke tiga desa tersebut.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Septania W. Zakiyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *