close

Danau Paisu Pok, Surga Alam Cantik yang Tersembunyi Dari Sulawesi

screenshot-www.instagram.com-2017-08-15-16-26-35-min
Instagram @andriafriansyah

Travel Blog Reservasi – Kamu tentu tahu kalau Indonesia punya banyak potensi wisata alam yang belum banyak dijamah oleh para traveler. Jika biasanya kamu cuma mampir ke destinasi populer seperti Bandung, Bali, Yogyakarta, Lombok, atau Raja Ampat, kini coba deh melipir sedikit ke daerah Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah.

Baca Danau Batu Bacan, Tempat Wisata Tak Biasa yang Hits di Sukabumi

A post shared by A (@intjedahlan) on


Ada sebuah kolam alami yang cantik dengan air kebiruan yang super jernih bernama Danau Paisu Pok. Sayangnya, meski penuh pesona yang memikat, tempat wisata alam ini belum terurus dengan baik sehingga tak banyak pengunjung yang datang ke sana.

Baca Pulau Bawah, Surga Tersembunyi Tempat Wisata Orang Kaya dekat Singapura Ternyata Wilayah Indonesia

Perpaduan Air Asin dan Tawar di Danau Paisu Pok


Ada alasan tersendiri mengapa kolam alami ini punya nama Paisu Pok yang berarti air hitam. Masyarakat setempat menyebutnya demikian karena warna air di sekitar danau yang hampir menghitam. Padahal, itu semua adalah pantulan dari rumput yang tumbuh di bagian dasar sehingga air yang berwarna biru terlihat lebih gelap. Dulunya, danau ini dipenuhi dengan air asin. Namun seiring berjalannya waktu, di kolam tersebut juga terdapat air tawarnya.

Yang menjadi daya tarik utama Paisu Pok bukan cuma sejarah keberadaannya. Kondisi air yang super jernih adalah alasannya. Saking beningnya, kamu bahkan melihat isi dalam kolam dengan mata telanjang. Ketika sudah berada di sana, jangan cuma foto-foto saja. Kamu tentu tak ingin melewatkan kesempatan untuk berenang, bermain air, terjun dari tebing, atau santai-santai di ban pelampung kan?

Hal lain yang perlu kamu ketahui dari surga dunia yang cantik ini adalah tempatnya yang dikelilingi oleh hutan dan jauh dari kawasan perkotaan. Jauh dari polusi dan banyak pohon rindang yang tumbuh di sekitar kolam alami tersebut. Terbayang dong betapa sejuknya udara di sana? Cocoklah didatangi oleh kamu yang benar-benar mendambakan syahdunya nuansa liburan yang dekat dengan alam sekitar. Pikiran dan tubuh pasti segar kembali deh sepulangnya dari sana.

Baca Menikmati Surga Tersembunyi di Taman Sungai Mudal Jogja yang Indahnya Bikin Betah!

Lokasi Danau Paisu Pok


Lokasi persis danau cantik ini berada di Desa Luk Panenteng, Bulagi Utara, Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Dari pusat kota, kamu memerlukan waktu 2,5 jam menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Setelah sampai desa tersebut, kamu hanya perlu mendaki selama 5 sampai 10 menit dari jalan utama untuk sampai Paisu Pok.

Ketika sampai di sana, kamu tak perlu membayar tiket masuk lho. Eits, jangan senang dulu karena bisa berkunjung ke sana secara gratis. Sebab, tempat ini memang sepertinya belum dikelola dengan baik oleh pemerintah atau masyarakat setempat. Oleh sebab itu, fasilitas yang ada di sana belum memadai. Jadi, pastikan kamu membawa perbekalan yang cukup ketika berkunjung ke sana dan jangan lupa untuk jaga selalu kebersihan tempat cantik ini.

Baca Wisata Alam, Danau, dan Sulawesi Tengah


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : DanauSulawesi Tengahwisata alam

Leave a Response