Danau Kaco Jambi, Telaga Biru dari Kerinci - Reservasi Travel Blog

Danau Kaco Jambi, Telaga Biru dari Kerinci

Travel Inspirations185
Danau Kaco Jambi, Telaga Biru dari Kerinci

Travel Blog Reservasi – Danau Kaco ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki telaga biru lainnya. Menurut beberapa penuturan traveler yang sudah mencobanya, Danau Kaco ini dapat memantulkan cahaya bulan saat purnama. Begitu bening dan jernihnya danau Kaco sampai mampu memantulkan cahaya redup sekalipun di malam hari. Wajar jika banyak traveler yang memperjuangkan untuk mencapai danau Kaco saat mendaki Kerinci, Jambi.

Danau Kaco berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang sudah dikukuhkan menjadi situs warisan dunia UNESCO. Danau Kaco memiliki luas sekitar 90 meter persegi. Kalian harus berhati-hati karena belum ada yang pernah mengukur kedalaman danau Kaco ini. Pastikan kalian mahir berenang jika memang ingin merasakan langsung kesegaran air Danau Kaco.

Danau Kaco, Beningnya Seperti Kaca

Foto kiriman KukangJantan (@sefriadi.zuer) pada

Danau Kaco ini bukan hanya menarik perhatian para pendaki gunung dari dalam negeri. Melainkan juga dari luar negeri. Beberapa peneliti pun mencoba melakukan jawaban mengapa Danau Kaco ini bisa bercahaya pada malam hari terutama ketika bulan purnama.  Tak terbayangkan bagaimana indahnya melihat langit malam disekitar Danau Kaco.

Rehat Sejenak di Telaga Biru Kerinci

Foto kiriman ratnianjaly (رتني) (@cwekmsterius) pada

Menurut cerita warga yang sudah menjadi legenda Danau Kaco bahwa di dasar danau ini terdapat intan. Intan tersebutlah yang diduga memantulkan sinar pada malam hari. Konon, intan tersebut merupakan titipan seorang Raja yang berkuasa pada zaman dahulu. Intan tersebut merupakan tanda lamaran pangeran demi mempersunting putri Raja Gagak yang cantik bernama Putri Napal Melintang.

Kecantikan Putri inilah yang membuat banyak pemuda tergila-gila padanya. Hingga Raja Gagak pun tak kuasa menahan nafsunya. Malang benar nasib sang putri yang ternyata digagahi oleh ayahnya sendiri. Sang putri akhirnya di buang ke Danau yang kini dikenal dengan Danau Kaco. Menurut cerita, intan dan emas titipan para pemuda tersebut masih tersimpan di dasar Danau Kaco.

Trekking Tiga Jam Tak Berarti Setelah Melihat Keindahan Danau Kaco Kerinci

Foto kiriman Muhammad Ikram (@ikram_superb) pada

Medan jalan untuk menuju Danau Kaco ini tidak mudah. Berada di ketinggian 1289 mdpl, Danau Kaco memang memiliki pesona yang tiada tara. Lokasinya tersembunyi di dalam hutan dibalik rerimbunan semak dan pepohonan nan menjulang tinggi.

Camping di Pinggir Danau Kaco Juga Menantang

Foto kiriman Hady Kurniawan Harahap (@bang_harlen) pada

Kalian yang ingin melihat keindahan Danau Kaco sebaiknya menggunakan penunjuk jalan alis guide. Konon ada warga yang melihat jejak-jejak ular besar jelmaan Putri Napal Melintang yang ingin menuntut balas perbuatan bejat ayahnya sendiri. Bukan apa-apa, demi keamanan dan supaya tidak tersesat dihutan, ada baiknya semua persiapan dilakukan. Hutan bisa menjadi sahabat, namun juga bisa menjadi peristirahatan terakhir bagi mereka yang arogan dan kerap menantang alam.

Medan Menuju Danau Kaco bukan untuk Anak Manja

Foto kiriman Hady Kurniawan Harahap (@bang_harlen) pada

Danau Kaco dapat diakses dari kota Jambi. Perjalanan dari Jambi menuju Sungai Penuh memakan waktu sekitar 10 jam perjalanan. Tak heran kalian harus menempuh 500 kilometer dari kota Jambi. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan sepeda motor ketika sudah tiba di Desa terdekat. Desa tersebut adalah Desa Lempur, Kecamatan gunung Raya. Belum selesai sampai disitu kemudian dilanjutkan kembali dengan berjalan kaki menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam.

Tips dan Panduan Menuju Danau Kaco Kerinci Jambi

  • Siapkan peralatan memadai karena lokasi ini bukan lokasi wisata biasa melainkan hutan belantara.
  • Siapkan tembakau atau minyak tanah untuk berurusan dengan lintah.
  • Jika ingin berkemah tentu kalian harus menyiapkan tenda dan perbekalan secukupnya.
  • Ingat! Jangan buang sampah sembarangan. Jika tujuan kalian hanya merusak, silahkan bermimpi saja untuk bisa ke Danau Kaco.
  • Gunakan Jasa Guide yang sudah memahami medan jalan dan lingkungan Kerinci terutama sekitar Danau Kaco Jambi.
  • Hindari datang kesini saat musim hujan, medan akan semakin berat.
  • Gunakan alas kaki yang melindungi, dan utamanya celana panjang.
  • Komunitas di Kerinci cukup banyak. Manfaatkan untuk traveling dan camping bersama.
  • Jaga tata krama dan sopan santun. Jangan berbuat asusila dan maksiat di hutan belantara.
  • Jangan main-main berlebihan karena sudah pernah ada pengunjung yang hilang di Danau Kaco.
  • Pastikan kelengkapan dengan aman karena masih banyak binatang buas yang berkeliaran di Kerinci

Peta Menuju Danau Kaco Kerinci Jambi

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dzulfikar Alala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *