close

Terungkap! 10 Daftar Situs Warisan Dunia Terbaru yang Diumumkan UNESCO Ini Wajib Kamu Ketahui

shutterstock

Travel Blog Reservasi – Selain Taj Mahal, Candi Borobudur, Pulau Komodo, atau Tembok Cina, ternyata masih banyak Situs Warisan Dunia yang wajib untuk kamu ketahui.

Setiap tahun, United Nation Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) atau organisasi Internasional naungan PBB yang menaungi hal-hal terkait dengan pendidikan, sains, dan kebudayaan selalu mengumumkan Situs Warisan Dunia Terbaru ke publik.

Pemberian gelar tersebut dilakukan sebagai pengakuan atas nilai luar biasa yang dimiliki oleh situs-situ tersebut. Dipilihnya suatu tempat sebagai Situs Warisan Dunia Terbaru tentu harus dilakukan dengan cermat. Semuanya harus memenuhi 10 kriteria, mulai dari gedung-gedung yang dibuat dari karya jenius manusia hingga tempat dengan keindahan panorama yang fantastis.

Baca : 5 Destinasi Wisata Dunia Paling Murah Buat Backpacker

Tahun 2017 ini, pemilihan Situs Warisan Dunia dilakukan di Krakow, Polandia. Dilansir dari National Geographic Australia, dari rapat tahunan UNESCO tersebut diputuskan ada 21 tempat yang dinobatkan sebagai situs warisan terbaru.

Dari 21 situs tersebut, ini dia 10 di antaranya yang bisa jadi referensi untuk kamu mencari tempat traveling terbaru!

1. The Sambor Prei Kuk, Kamboja

Kemegahan candi kuno di dalam hutan Desa Sambo, Kamboja. Tempat ini dulunya adalah ibu kota tua bernama Isanapura yang jadi pusat ibadah pada abad ke-6.

Situs Warisan Budaya Terbaru
sumber : shutterstock.com

2. Pulau Suci Okinoshima, Jepang

Di Pulau Suci Okinoshima terdapat Kuil Okitsu yang dibangun pada abad ke-17. Perempuan dilarang keras masuk ke pulau ini. Untuk para pria yang ingin masuk ke Okinoshima diwajibkan untuk menjalani ritual pembersihan diri terlebih dahulu.

Situs Warisan Dunia Terbaru
sumber : telegraph.co.uk

3. Kota Tua Al-Khalil, Hebron, Palestina

sumber : shutterstock.com

Saat ke Kawasan Kota Tua Al-Khalil, Hebron, Palestina, kamu akan temukan deretan bangunan yang dibuat dari batu kapur. Gedung-gedung tersebut masih berdiri kokoh dari tahun 1250-an hingga sekarang lho. Nggak heran kalau dinobatkan sebagai salah satu dari Situs Warisan Dunia Terbaru.

4. Taman Nasional Lake District, Inggris

Pemandangan cantik bak negeri dongeng bisa kamu temukan di Taman Nasional Lake District. Tempat ini baru mendapat gelar sebagai Situs Warisan Dunia setelah pemerintah Inggris mengajukan diri sejak tahun 1986. Lama juga ya!

sumber : nationalgeographic.com.au

5. Venetian Works of Defence, Kroasia, Italia, dan Montenegro

Sistem komplek pertahanan ini didesain dan dibangun oleh Republik Vensia untuk mengontrol wilayah teritorial.

sumber : nationalgeographic.com

6. Taman Nasional Los Alerces, Patagonia, Argentina

Pemandangan alam yang super cantik jadi alasan mengapa Taman Nasional Los Alerces ini dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia Terbaru.

sumber : telegraph.co.uk

Baca : 10 Tempat Keren di Dunia Yang Harus Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidup

7. Kota Yazd, Iran

Kota bersejarah Yazd ini jadi destinasi yang wajib dikunjungi saat kamu berlibur ke Iran. Bangunan di sana dibuat dengan bahan-bahan sederhana tapi bertahan lama meskipun digempur dengan cuaca yang ekstrem.

sumber : telegraph.co.uk

8. Aphrodisias, Turki

Situs Warisan Dunia ini punya nama yang sama dengan Dewi Cinta, Aphrodite. Kota Aphrodisias di Turki ini terdapat bangunan besar seperti kuil, aula pertunjukan, agora, dan kolam pemandian.

sumber : telegraph.co.uk

9. Swabian Jura, Jerman

sumber : shutterstock.com

Manusia modern pertama yang memijakan kaki di Benua Eropa pada 43.000 tahun lalu saat zaman es terakhir diperkirakan tinggal di Gua Swabian Jura yang berada di Jerman.

10. Kota Asmara, Afrika

sumber : shutterstock.com

Miniatur Roma di Afrika ini terletak di atas tanah tinggi dan dikelilingi oleh padang pasir. Cuaca di sana senantiasa sejuk dan nyaman. Arsitektur cantik dan bersejarah juga akan kamu temukan di kota ini.

Baca : Traveling dan UNESCO

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : Situs Warisan Duniatraveling

Leave a Response