5 Kuliner Salatiga yang Selalu Dirindukan - Reservasi Travel Blog

5 Kuliner Salatiga yang Selalu Dirindukan

Travel Destinations736
5 Kuliner Salatiga yang Selalu Dirindukan

Travel Blog ReservasiSalatiga kerapkali disamakan dengan salah tiga. Padahal Salatiga merupakan sebuah kota di Jawa Tengah. Lokasinya terletak diantara Semarang dan Surakarta atau Solo. Buat anak gunung, Salatiga memang surga bagi kalian. Karena Salatiga memiliki dua gunung yang menarik. Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo.

Selain kedua gunung yang cantik, ada juga Universitas Kristen Satya Wacana. Kabarnya dosen disini muda-muda dan enerjik. UKSW juga dijadikan rujukan kampus Bhineka Tunggal Ika. Di kampus inilah berkumpul semua pemuda dari seluruh penjuru Indonesia.

Nah, setelah kalian tahu keindahan Salatiga dari gunung dan keberagaman kehidupan kampus di UKSW, kira-kira makanan apa saja yang paling populer di Salatiga? Berikut ulasannya.

Sate Sapi Suruh Salatiga

Kalau di Bungur, Purwakarta punya sate sapi Maranggi, Salatiga memiliki sate sapi Suruh. Kenikmatan sate sapi Suruh terkenal karena dagingnya sangat empuk. Bahkan bagian lemaknya pun nikmat. Dengan harga yang sangat terjangkau kalian bisa datang ke kios sate sapi Suruh di dekat Polsek Pasaraya 2 Jalan Jendral Sudirman, Salatiga.

Untuk sensasi rasa sate sapi Suruh ini memiliki rasa manis dan pedas. Kesegarannya didapat dari jeruk nipis yang dipadukan dalam bumbunya. Proses yang menjadikan dagingnya tidak amis dan empuk karena sebelum di panggang, terlebih dahulu direndam dengan air perasan jeruk nipis dan didiamkan dalam bungkusan daun pepaya. Disinilah proses daging sapi sate Suruh bermula.

Sate Blontongan Salatiga

A photo posted by Vio-Violet (@taripiyo) on

Masih tentang sate, Salatiga memiliki sate Blontongan. Sate ini memiliki keistimewaan di bumbunya yang nikmat. Aroma bumbunya yang kuat akan bikin kalian balik lagi ke jalan diponegoro. Harganya pun sangat terjangkau untuk ukuran satu porsi sate Blontongan, Salatiga.

Berbeda dengan sate sapi suruh Salatiga, sate Blontongan ini menggunakan daging kambing. Jadi bagi yang suka daging sapi bisa memilih sate Suruh, sedangkan yang menyukai daging kambing bisa memilih sate Blontongan.

Daging yang dipilih yang merupakan resep utamanya adalah daging kambing muda dibawah satu tahun. Nah, cara penyajiaan sate Blontongan inilah yang juga unik karena disajikan dengan plat besi seperti layaknya steak yang disajikan dengan hot plate sehingga dagingnya tetap hangat.

Bebek Goreng Salatiga

Jawa Tengah memang sentra kuliner bebek. Maka kalian wajib juga mencoba bebek goreng Salatiga. Bebek goreng Salatiga yang populer ada di Pasaraya Salatiga. Kalian tinggal datang saja ke Pasaraya Salatiga di Jalan Jendral Sudirman, Salatiga. Selain terkenal nikmat, lezat, juga bebek goreng ini kriuk banget alias crispy banget. Jadi jangan sampai terlewat ya untuk merasakan bebek goreng Salatiga.

Yang menjadikan bebek goreng Salatiga begitu populer dan menjadi salah satu bisnis waralaba adalah karena daging bebeknya tidak terasa amis. Juga dagingnya yang begitu lembut. Kuncinya adalah pada perasan air jeruk nipis yang digunakan untuk membuang bau amis dan menjadikan dagingnya lebih lembut.

Bakmi Djowo Salatiga

A photo posted by @idairawan on

Sudah pasti bakmi Djowo ya pasti jawaranya ada di Jawa Tengah. Salatiga juga memiliki bakmi Djowo. Bakmi Djowo paling populer di Salatiga adalah bakmi Djowo Semeri Bapak Agus. Kuliner Salatiga ini dicampur dengan sayuran berupa sawi, seledri dan daun bawang. Khasnya bakmi Djowo tentu saja suwiran daging ayamnya yang nikmat. Cobain deh bakmi Djowo Semeru, Salatiga yang berada di jalan Semeru, Salatiga. Rasanya bakal bikin kalian kangen untuk balik lagi ke Salatiga.

Keunikan bakmi Djowo Salatiga terletak pada alat masak yang digunakan yaitu anglo. Anglo adalah kompor tradisional dari tanah liat, bahan bakarnya menggunakan arang batok kelapa. Inilah salah satu kearifan lokal yang membuat bakmi Djowo Salatiga begitu populer kenikmatannya. Dan lagi, proses memasak benar-benar diolah satu porsi satu olahan. Jadi, semua dilakukan satu persatu. So, kalian harus lebih sabar ya untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna.

Nasi Rames Bu Djono Salatiga

Nasi Rames memang makanan yang paling merakyat. Di Salatiga terdapat nasi rames yang populer. Salah satunya adalah Nasi Rames Ibu Djono Salatiga. Nasi Rames ini tentu bisa divariasikan dengan lauk yang kalian inginkan. Semua makanan yang populer berada di sekitaran Jalan Jendral Sudirman Salatiga. Untuk masalah harga, dijamin Salatiga memang sangat ramah di kantong mahasiswa.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *