Daftar Gunung Indonesia yang Ditutup Tahun 2018 - Reservasi Travel Blog

Daftar Gunung Indonesia yang Ditutup Tahun 2018

Travel News261
Daftar Gunung Indonesia yang Ditutup Tahun 2018 Shutterstock.com

Travel Blog Reservasi – Bagi penggemar hiking, gunung Indonesia selalu menantang dan menyenangkan untuk didaki.

Tapi sayang, akibat faktor cuaca banyak gunung Indonesia yang harus ditutup. Misalnya saja Gunung Rinjani.

Sedihnya, ternyata tak hanya jalur pendakian Gunung Rinjani saja yang tutup, namun jalur pendakian Gunung Semeru dan Gunung Prau juga tutup di awal tahun 2018.

Supaya kamu tidak keburu kecewa, yuk cek dulu gunung apa saja yang ditutup jalur pendakiannya tahun depan.

Daftar Gunung Indonesia yang Jalur Pendakiannya Ditutup

Gunung Semeru

Jalur pendakian Gunung Semeru ditutup total mulai 1 Januari 2018.

Penutupan tersebut tertuang dalam surat pengumuman Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), nomor PG.4/T.B/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/12/2017.

Alasan jalur pendakian tersebut ditutup guna pemulihan ekosistem di sepanjang jalur pendakian.

Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga beralasan demi menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya.

Menurut Humas Balai Besar TNBTS, Sarif Hidayat yang dilansir dari berbagai sumber (23/12), ada beberapa alasan yang menyebabkan ditutupnya semua jalur pendakian ke Gunung Semeru.

Antara lain melihat intensitas curah hujan yang tinggi hingga beberapa bulan ke depan, dilihat tidak baik dari segi keselamatan.

Gunung Indonesia
Shutterstock.com

Selain itu juga pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga ingin melakukan perbaikan, dan pemeliharaan sarana prasarana di jalur pendakian, demi kenyamanan pendaki.

Tindakan penutupan jalur pendakian ini memang dilakukan setiap tahun. Namun lama waktu penutupan, tergantung banyaknya atau besarnya pemulihan yang dilakukan.

Berakhirnya penutupan jalur pendakian Gunung Semeru tersebut belum bisa ditentukan. Pasalnya perlu tinjauan lebih lanjut secara berkala, mungkin minimal tiga bulan, atau lebih.

Sekilas tentang Gunung Semeru

Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah gunung kerucut di Jawa Timur Indonesia. Gunung Indonesia, Semeru ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncak Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl).

Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat.

Gunung Prau

Menyusul daftar Gunung Indonesia yang tutup, Perum Perhutani, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara, menutup pendakian Gunung Prau, Jawa Tengah di awal 2018. Langkah tersebut sebagai tindakan rutin yang dilakukan setiap tahun.

Penutupan jalur pendakian Gunung Prau ini mulai 5 Januari 2018 hingga 4 April 2018. Selama itu, akan dilakukan perbaikan jalur-jalur pendakian hingga kegiatan penghijauan/konservasi.

Menurut Kepala Urusan Komunikasi Perusahaan Perhutani KPH Kedu Utara Divisi Regional Jawa Tengah, Herman Sutrisno yang dilansir dari berbagai sumber (23/12), selama penutupan tersebut, perbaikan jalur-jalur pendakian dilakukan oleh basecamp-basecamp. Hal tersebut bertujuan untuk keamanan dan kenyamanan pendaki setelah masa penutupan.

Gunung Indonesia
Shutterstock.com

Senada dengan itu, Ketua Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI), Raybowo juga mengatakan alasan penutupannya ialah reboisasi.

Penutupan dan aksi penghijauan yang dilakukan merupakan kesepakatan dari semua basecamp yang tergabung dalam FKPI Gunung Prau.

Ada delapan basecamp, berasal dari lima kabupaten berbeda, yaitu Pranten, Dwarawati, Dieng, Kalilembu, Patakbanteng, Igirmranak, Wates, dan Kenjuran.

Jika kamu masih tetap mendaki saat masa penutupan tersebut, kamu akan dikenakan sanksi Rp250.0000.

Lalu, jika ada basecamp yang tetap memperbolehkan pendakian pada waktu tersebut, juga dikenai sanksi Rp500.000 per pendaki.

Sekilas tentang Gunung Prau

Gunung Prau adalah gunung Indonesia yang terletak di kawasan Daratan Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia.

Puncak Gunung Prau merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Gunung Indonesia ini juga merupakan puncak tertinggi di kawasan Daratan Tinggi Dieng, dengan beberapa puncak yang lebih rendah di sekitarnya, seperti Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun dan Gunung Juranggrawah.

Baca selengkapnya untuk mengetahui informasi terbaru tentang Gunung Indonesia. 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

2 thoughts on “Daftar Gunung Indonesia yang Ditutup Tahun 2018

    1. Sila cek ke pengelola setempat ya kak, kami hanya merangkum dari beberapa sumber berita yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *