9 Curug Indah di Garut yang Sukses Buat Hati Kamu Kepincut

9 Curug Indah di Garut yang Sukses Buat Hati Kamu Kepincut

Travel Destinations1.4K
9 Curug Indah di Garut yang Sukses Buat Hati Kamu Kepincut shutterstock.com

Travel Blog Reservasi – Kalau bicara tentang tempat wisata di Garut, Jawa Barat, destinasi yang paling kamu ingat tentu Gunung Papandayan atau Kawasan Cipanas. Padahal, masih banyak spot menyenangkan lain yang bisa kamu temukan di kota yang terkenal dengan kuliner dodolnya ini lho seperti wisata beberapa curug indah di Garut.

Untuk yang mau berileksasi dan memanjakan diri menikmati segarnya suasana alam yang masih asri, deretan curug indah di Garut ini patut kamu lirik lho. Tiap air terjun punya ciri khas dan keunikan masing-masing. Keelokan panorama yang ditawarkan selalu sukses buat traveler merasa jatuh hati.

Berikut ini daftar air terjun cantik yang bisa kamu jumpai saat mengunjungi Kota Dodol ini.

1. Curug Sanghyang Taraje


Siapa yang nggak kepincut hatinya saat melihat curug indah di Garut ini. Sanghyang Taraje lokasinya berada di Desa Cibuluh, Cikajang, Jatiwangi, Pakenjen.

Bisa dibilang kalau air terjun ini jadi yang paling terkenal di Kota Dodol. Masyarakat setempat percaya kalau Curug Sanghyang Taraje ini adalah tangga yang digunakan Sangkuriang untuk mengambil bintang di langit untuk kekasihnya Dayang Sumbi.

2. Curug Jaga Pati


Terdapat tiga tingkatan air terjun di Curug Jaga Pati ini. Kehadiran tebing bebatuan raksasa serta pohon paku yang lebat membuat pemandangan yang ada di sana terlihat semakin asri dan alami.

Kondisi air yang jernih pasti membuat kamu merasa tak sabar untuk segera nyebur dan bermain di sana. Curug indah di Garut ini berada di Neglasari, Cisompet.

3. Curug Nyogog

Curug Nyogog berada di Kampung Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip. Air terjun cantik ini belum banyak dijamah oleh traveler lho. Jadi, tentu keaslian yang ada di sana masih sangat terjaga.

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Curug Nyogog adalah aliran airnya yang menikung. Karena debit airnya cukup besar, kamu harus berhati-hati ketika bermain di sana ya. 

4. Curug Orok


Selain tumbuhan paku, Curug Orok ini dikelilingi oleh deretan pohon pinus yang rindang. Nah, sudah terbayang dong betapa segarnya udara yang ada di sana? Pemandangan bertambah indah dengan hadirnya grojokan yang debit airnya tak begitu deras serta kolam jernih.

Untuk kamu ketahui, tempat wisata yang berlokasi di Desa Cikandang, Cikajang, ini menyimpan sebuah cerita kelam. Dulu, ada bayi yang dibuang ke sana. Inilah alasan mengapa air terjun tersebut diberi nama Orok yang berarti bayi.

5. Curug Cibadak


Curug Cibadak terletak di Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip, Garut. Debit air yang ada di sana cukup besar lho. Ketinggian tebingnya saja bisa mencapai 100 meter. Walau sudah sering didatangi traveler, keaslian tempat ini masih terjaga dengan baik kok. Buktinya kolam air yang ada di sana tetap terlihat bening dan bersih.

6. Curug Rahong


Kamu yang mulai bosan dengan daerah perkotaan yang ramai dan berpolusi, rasanya cocok deh mendatangi Curug Rahong yang berada di Cisewu, Garut.

Nuansa alam yang ada di sana pasti sukses bikin hati dan pikiran kamu terasa teduh. Segala penat yang kamu rasakan akan hilang seketika saat menjumpai eksotisnya lanskap alam yang ada di sana.

Selain main air, jangan lupa abadikan momen kamu selama berada di air terjun cantik ini. Sebab, banyak banget spot instagramable yang bisa kamu temui di sana.

7. Curug Salawe


Perlu perjuangan untuk bisa mencapai curug indah di Garut ini. Air terjun yang berada di Desa Pangrumasan, Peundey ini memang belum memiliki akses jalan yang baik.

Karena kawasan air terjun ini dikelilingi dengan tebing dan bebatuan licin, sebaiknya kamu harus mengurungkan niat untuk bermain air di sana. Cukup nikmati keindahan dan kesegaran alamnya saja sambil mendengar suara deburan air yang turun.

8. Curug Cisarua


Masyarakat setempat juga menyebut Curug Cisarua dengan nama Curug Batu Nyusun. Berbeda dengan air terjun lainnya, tebing tempat air mengalir di sana berbentuk seperti bebatuan yang tersusun rapi.

Kamu baru bisa melihat hal ini ketika musim kemarau tiba sebab kondisi debit airnya tidak terlalu besar. Curug Cisarua ini berada di Kampng Pencut, Desa Pangrumasa, Peundey, Garut.

9. Curug Ciharus


Curug Ciharus juga dikenal dengan nama Curug Dano. Lokasinya berada di Desa Dano, Leles. Kamu yang suka dengan jenis wisata petualangan tentu harus mendatangi tempat ini. Kegiatan trekking dan berkemah bisa kamu lakukan ketika berada di sana.

Tentunya kamu nggak akan melewatkan serunya berenang dan bermain air di sana dong. Air di curug ini berasal dari Gunung Gede. Selain jernih, air tersebut juga terasa sangat sejuk dan menyegarkan.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang wisata Air Terjun dari Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Firstrianisa Gustiawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *