Curug Citambur, Kemolekan Wisata Air Cianjur yang Bikin Jatuh Hati - Reservasi Travel Blog

Curug Citambur, Kemolekan Wisata Air Cianjur yang Bikin Jatuh Hati

Travel Destinations448
Curug Citambur, Kemolekan Wisata Air Cianjur yang Bikin Jatuh Hati Curug Citambur (Instagram : @irfanpermana15)

Travel Blog Reservasi – Bertetangga dengan Jakarta, Bogor dan Bandung membuat tempat wisata di Cianjur terkadang jadi terlupakan, padahal pesona wisata di Cianjur ini tak akan mengecewakan kamu.

Untuk kamu yang belum pernah menjamah Cianjur, tak ada salahnya mampir ke curug atau air terjun Citambur Cianjur ini.

Penamaan Curug Citambur berasal dari bahasa Sunda, “Ci” yang berarti air, dan “Tambur” yang merupakan alat musik yang dipukul.

Konon kabarnya, penamaan tersebut dilatarbelakangi oleh air yang turun dari atas tebing yang mengeluarkan suara berdegum mirip suara alat musik yang dipukul.

Panorama mempesona

Panorama yang indah jadi salah satu daya tarik yang dimiliki curug atau air terjun Citambur ini.

Curug Citambur ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan debit air yang sangat deras. Maka tak heran, curug ini menimbulkan suara berdegum dan uap air yang mirip kabut tipis.

Meski perjalanan menuju ke Curug atau air terjun Citambur ini lumayan jauh, namun hal tersebut tak akan membuat kamu menyesal, karena pemandangan menuju Curug Citambur ini indah banget lho.

Ikuti tips biar liburan makin nyaman

  • Sebaiknya kamu tidak berenang atau bermain air di bawah curug, karena curug atau air terjun ini dikelilingi oleh tebing yang curam dan air yang dalam.
  • Jika kamu ingin tetap bermain air, kamu bisa turun melewati persawahan yang ada di sekitar Curug Citambur.
  • Harap selalu berhati-hati karena jalan menuju dan menuruni air terjun Citambur lumayan licin, terlebih lagi saat musim hujan.
  • Sebaiknya kamu bawa perbekalan, seperti makanan dan minuman.
  • Pastikan kondisi kendaraan kamu dalam keadaan yang baik, karena perjalanan menuju Curug Citambur lumayan berbatu dan rusak.

Lokasi Curug Citambur

Secara administratif curug ini berada di Desa Karang Jaya, kecamatan Pagelaran, kabupaten Cianjur, Cianjur Selatan, Provinsi Jawa Barat.

Rute menuju Curug Citambur

Kamu bisa menggunakan rute ini untuk dijadikan patokan : Dari Bandung – Soreng – Ciwidey – Rancabali – Perkebunan Teh Sinumbra (Cipelah) – Karangjaya – Curug Citambur.

Nah, kira-kira kapan kamu main ke Cianjur dan berkunjung ke sini?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *