close

Curug Ciputrawangi Sumedang, Sumber Air Minum Macan Kumbang Tampomas

curug-ciputrawangi-sumedang
Instagram @amboreynaldi

Travel Blog Reservasi – Rasanya mungkin kalian akan kaget jika melihat satwa liar dihadapan kalian di tengah hutan. Begitu pula yang rasanya akan terjadi jika kalian mengunjungi Curug Ciputrawangi, Sumedang, Jawa Barat ini. Diperkirakan ada empat macan Kumbang yang kerap turun Gunung dari Tampomas untuk mampir minum di Curug Ciputrawangi ini.

Bukan hanya macan Kumbang yang kerap turun gunung demi memuaskan dahaga. Jika kalian beruntung, kalian akan bertatapan langsung dengan babi hutan, landak hutan, monyet dan yang harus kalian waspadai adalah macan Kumbang. Menurut warga Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Sumedang, macan Kumbang yang kerap mengunjungi Curug Ciputrawangi ini tak pernah menganggu warga. Mereka hanya turun gunung sekedar untuk minum. Bahkan tak pernah ada riwayat konflik antara warga dengan Macan Kumbang. Begitu juga dengan satwa lainnya. Pasalnya, warga Desa Narimbang begitu kuat memegang dan menjalankan adat dan istiadat demi menjaga alam tetap lestari.

Merasakan Tumpahan Air Curug Ciputrawangi

Menurut salah seorang peneliti dari Yayasan Pedaringan Tampomas, Edah Jubaedah, bawah ada jam tertentu macan Kumbang Tampomas turun gunung. Biasanya sekitar pukul dua siang. Warga sekitar sudah tahu keberadaan macan Kumbang di sekitar Curug Ciputrawangi. Kawasan Curug ini kini merupakan salah satu posko untuk mendaki Gunung Tampomas melalui jalur Narimbang, Sumedang.

 

Suasana Curug Ciputrawangi yang Alami

Foto kiriman Muhammad Ilfan Rosydi. (@muhilfan) pada

Curug Ciputrawangi ini juga kerap disebut warga dengan Curug Narimbang. Curug ini memang berada di kaki gunung Tampomas yang merupakan kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tampomas. Pohon besar di sekeliling Curug merupakan pertanda bahwa alam dan lingkungan sektiar Curug Ciputrawangi ini sangat terjaga kelestariannya. Hal ini tentu tak lepas dari peran warga yang juga ikut menjaga kelestarian alam kaki Gunung Tampomas. Tidak mudah memang, namun hal ini dapat dilakukan dengan kerjasama. Kalian yang hadir sebagai pendatang sebaiknya juga ikut serta menjaga kelestarian alam Curug Ciputrawangi Sumedang.

 

Wisata Asri dan Tersembunyi Curug Ciputrawangi

Foto kiriman @kindzie pada

Karena lokasinya berada di tengah hutan, sebaiknya kalian tidak sendirian datang ke Curug Ciputrawangi ini. Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Curug ini merupakan sumber air minum berbagai satwa di sekitar kaki Gunung Tampomas. Alih-alih ingin menikmati keindahan alam, kalian justru bisa grogi jika bertemu satwa liar di alamnya langsung. Apalagi jika bertatapan mata langsung dengan si Macan Kumbang. Curug Ciputrawangi tidak terlalu tinggi, dan kalian bisa berenang disini karena terdapat kolam yang terbentuk dibawahnya. Siapkan saja pakaian ganti saat mendaki ke Curug Ciputrawangi ini.

Curug Ciputrawangi, Destinasi Pilihan di Akhir Pekan

Curug Ciputrawangi ini memiliki medan yang tidak terlalu sulit. Akses masuk dari tempat parkiran juga sudah memadai. Bahkan jika liburan bersama keluarga ke Curug Ciputrawangi ini pun masih memungkinkan. Hanya saja, kalian harus ekstra waspada terutama saat musim hujan, selain jalan licin juga pasti kotor karena tanah merah yang berlumpur. Pastikan kalian menggunakan alas kaki yang nyaman dan mudah kering.

Tips dan Panduan Menuju Curug Ciputrawangi Sumedang Jawa Barat

  • Jaga kelestarian tempat wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk menuju Curug Ciputrawangi ini.
  • Perjalanan dari areal parkir sekitar 30 menit menuju Curug Ciputrawangi ini.
  • Hati-hati saat musim hujan, selain licin juga jalan menuju ke Curug ini berlumpur.
  • Destinasi wisata ini paling ramai dikunjungi pada akhir pekan oleh wisatawan dan pendaki gunung Tampomas.
  • Waktu yang tepat untuk bertandang adalah pada saat debit air cukup tinggi karena air yang jatuh dari bebatuan akan terlihat menarik dari lensa kamera.
  • Lokasi wisata ini sudah terdapat banyak pedagang. Sayangnya wisatawan seperti kalian yang kurang sadar tentang kebersihan. Maka, sudah sepantasnya siapapun yang datang harus menjaga kebersihan lingkungan.
  • Tolong dengan sangat, jika berenang di Curug Ciputrawangi tidak usah pake shampo apalagi sabun segala. Karena ini bukan tempat pemandian umum, sejatinya adalah sumber air minum bagi satwa kaki gunung Tampomas.
  • Semoga kalian tidak bermasalah dengan alam apalagi bentrok dengan satwa liar yang sejatinya hanya butuh minum dan makan serta sedikit toleransi dari kalian.
  • Sangat disayangkan sudah terdapat sisa sisa vandalisme di bebatuan sekitar Curug. Kalau sudah begini siapa yang harus kita salahkan? Yuk mari rawat bersama alam ini demi anak cucu dan satwa yang berlindung di kaki gunung Tampomas ini.

Panduan Jalan Menuju Curug Ciputrawangi Sumedang Jawa Barat

Sumber Featured Image IG @amboreynaldi


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : CurugJawa BaratWisata Airwisata alam
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response