Pesona Curug Bidadari Sentul - Reservasi Travel Blog

Pesona Curug Bidadari Sentul

Travel Destinations274
Pesona Curug Bidadari Sentul

Travel Blog Reservasi – Warga Sentul, Bogor boleh berbangga lantaran Curug Bidadari Sentul ini, kini menjadi salah satu destinasi wisata yang juga diminati oleh wisatawan dari berbagai daerah. Curug Bidadari ini awalnya bernama Curug Bojongkoneng. Memang lokasi Curug Bidadari ini berada di Desa Bojongkoneng. Namun pengelolaannya kini berada di bawah Sentul Paradise Park.

Curug Bidadari ini bisa dijadikan sebagai destinasi menarik untuk liburan bersama keluarga. Selain indah, suasana di Curug Bidadari ini sangat menunjang dengan udara pedesaan yang sejuk. Kalian pasti betah berlama-lama menghirup udara segar sambil menikmati pemandangan Curug Bidadari yang menjulang.

Pengelola sampai harus membelah sebuah batu yang sangat besar agar wisatawan bisa mendapatkan akses langsung menuju Curug Bidadari. Beberapa wisatawan memang disarankan tidak berenang langsung dibawah air terjun Bidadari, pasalnya arusnya sangat kuat. Meskipun demikian, kolam dibawahnya sengaja dibuat dangkal sehingga cukup aman jika bermain disekitar Curug Bidadari.

Kawasan Curug Bidadari ini awalnya belum diketahui banyak orang. Pasalnya untuk bisa menuju Curug Bidadari ini membutuhkan usaha yang sangat berat. Sebelum dibuka menjadi tempat wisata seperti saat ini, wisatawan yang ingin ke Curug Bidadari ini harus melakukan trekking terlebih dahulu sejauh 2 kilometer dari kampung Cibimbim. Itulah mengapa retribusi di Curug Bidadari ini memang tidak murah, karena pembangunan infrastruktur yang cukup mahal agar Curug Bidadari ini lebih mudah diakses oleh wisatawan.

Foto kiriman Ahmad Baehaky (@ahmadbaehaky) pada

Karena sudah dibuka menjadi tempat wisata, fasilitas di Curug Bidadari ini tergolong lengkap. Beberapa warung penjaja makananpun tidak sulit untuk ditemukan di area Curug Bidadari. Beberapa bahkan ada tempat makan yang tergolong restoran, bukan sekedar warung biasa. Di restoran tersebut viewnya memang lebih bagus karena langsung bisa melihat lembah.

Bagi kalian yang membawa kamera, pastikan kamera kalian menggunakan housing atau Water Proofs. Pasalnya rintik-rintik air dari curahan Curug Bidadari ini bisa saja membasahi kamera kalian. Curug Bidadari ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Itulah mengapa kalian harus tetap waspada ketika berada dibawah derasnya air yang jatuh dari ujung bukit Curug Bidadari.

Kalian yang sudah berkeluarga pun bisa mengajak anak-anak ke Curug Bidadari ini. Karena ada kolam terpisah yang berbeda dari kolam di Air Terjun Bidadari. Kolam khusus yang terpisah ini memiliki kedalaman yang beragam. Selain aktifitas berenang tersedia juga penyewaan sepeda air. Bahkan ada juga fasilitas terapi ikan di tepian kolam, lengkap dengan payung agar wisatawan yang sedang terapi ikan tidak kepanasan ataupun kehujanan.

Sumber air Curug Bidadari ini langsung berasal dari pegunungan. Dibelakang Curug ini terdapat sebuah aliran sungai yang merupakan hulu dari sungai Cikeas. Kolam yang dibangun sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menyenangkan seperti seluncuran yang berada di waterpark. Sensasi waterpark alami bisa kalian rasakan di Curug Bidadari Sentul.

Tiket Masuk dan Penyewaan di Curug Bidadari Sentul

Curug Bidadari buka dari pukul 07.30 – 17.00 WIB.

  • Dewasa dan anak diatas usia 3 tahun
    • (Weekdays) Rp. 25.000,-/orang.
    • Weekend/Hari Libur Rp. 40.000,-/orang
  • Parkir Mobil Rp. 10.000,-
  • Parkir Motor Rp. 5.000,-
  • Sewa Saung Rp. 50.000,-/120 menit
  • Sewa Tikar Rp. 30.000,- sepuasnya
  • Terapi ikan Rp. 20.000,-/30 menit

Tips dan Panduan Menuju Curug Bidadari Sentul

  • Untuk menuju Curug Bidadari ini kalian harus konsentrasi agar tidak tersesat. Panduannya, keluar dari pintu Tol Sentul Selatan lalu belok kiri. Ikuti jalan hingga ketemu dengan persimpangan yang agak serong kiri. Setelah melewati perumahan, kalian akan melintasi sebuah Desa. Perjalanan dari pintu Tol Sentul Selatan berkisar antara 50 menit hingga 60 menit.
  • Hati-hati dengan berbagai pungutan liar. Siapkan uang receh dan koin untuk pak ogah di beberapa persimpangan jalan.
  • Untuk menuju kesini ada beberapa retribusi, jadi siapkan juga uang kecil ribuan.
  • Akses jalan belum terlalu baik sehingga pastikan kendaraan kalian benar-benar dalam kondisi yang baik.
  • Akses jalan menuju Curug Bidadari ini dibeberapa titik curam dan sempit, jadi pastikan bahwa sopir benar-benar handal untuk menguasai kendaraan di jalan yang tidak mudah.
  • Akses dari keluar Tol Sentul Selatan tidak dekat, jadi jangan berharap menuju lokasi ke Curug Bidadari ini mudah. Namun kalian tidak perlu berjalan kaki karena tempat parkir berada bersebelahan dengan lokasi Curug Bidadari Sentul Paradise Park ini.

Review Curug Bidadari Berdasarkan Ulasan di Google Maps

  • View nya sangat indah….tp sayang sepanjang jln sebelum pintu gerbang banyak “pak ogah” yg mengurangi kenyamanan, mohon instansi terkait bisa mengkoordinasikannya. (Nabilah Mumtaz)
  • Lumayan keren air tejunnya. Tapi sayang, saya pikir air terjunnya mengalir jatuh lalu di bawahnya sungai… Ternyata bukan. Selain itu biaya masuknya mahal, Rp40.000,-/orang. Belum biaya parkir dan retribusi perbaikan jalan(sumpah, jalannya jelek banget). Dan peringatan!!! Jika saat belokan ke arah Sentul Paradise, jangan mengeluarkan uang berapa pun yang diminta anak muda ataupun tua disana… Saya rasa mereka preman kampret. (Bung Tinandy)
  • Biaya masuknya dikenakan 40.000 tetapi tempat untuk beristirahat atau untuk bersantai disewakan, ganti bilas tetap dikenakan biaya, air kolamnya bau amis dan tidak bersih. (Luvina Rahmahadi)

(Diakses pada tanggal 25/1/2016, 10.54 WIB)

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *