Masih Percaya Mitos Obati Luka Sengatan Ubur-Ubur dengan Urine? - Reservasi Travel Blog

Masih Percaya Mitos Obati Luka Sengatan Ubur-Ubur dengan Urine?

Travel Tips314
Masih Percaya Mitos Obati Luka Sengatan Ubur-Ubur dengan Urine?

Travel Blog Reservasi –  Jangan pernah percaya mitos bahwa air urine merupakan pengobatan pertama jika kamu tersengat ubur-ubur. Padahal faktanya tidak demikian. Cara pengobatan jika tersengat ubur-ubur bisa dilakukan beberapa hal sederhana saja tanpa perlu menggunakan air urine atau air pipis.

Sayangnya memang beberapa orang masih percaya bahwa dengan cara pipis pada luka sengatan ubur-ubur akan membuat rasa sakit menghilang. Hal tersebut bukanlah ide yang baik dan juga berpotensi membuat luka semakin parah.

Baca juga: Pulau Kakaban Dengan Ubur – Ubur Yang Tidak Menyengat

Ketika ubur-ubur menyengat kamu, ia tidak hanya akan meninggalkan bekas luka sengatan seperti rasa panas dan kulit yang merah melepuh, juga ia akan meninggalkan duri sengatannya. Jika dibasuh dengan air urin, justru duri racun dari sengatan tersebut akan semakin aktif dan membuat kalian semakin terluka.

cara-pengobatan-sengatan-ubur-ubur-2

Berikut adalah beberapa langkah pertolongan petama ketika kalian tersengat oleh ubur-ubur seperti dikutip dari TechInsider (18/06/2016).

Pertama, basuh dan bersihkan luka sengatan ubur-ubur dengan menggunakan air laut.

Kedua, gunakan ujung kartu debit atau kartu pipih lainnya yang sedikit lebih tebal untuk menyingkirkan duri-durinya dengan cara digosok-gosok secara perlahan.

Ketiga, jangan pernah menggosok-gosok area luka sengatan dengan menggunakan handuk.

Keempat, agar racun sengatan ubur-ubur bisa dilumpuhkan, gunakan cuka untuk membasuh duri-duri sengatan tersebut kurang lebih selama 30 detik saja.

Kelima, jika tidak tersedia cuka, kamu juga bisa menggunakan baking soda dicampurkan dengan sedikit air laut dan balurkan di area luka sengatan secara perlahan.

Keenam, biasanya luka sengatan akan reda sakitnya setelah 24 jam.

cara-pengobatan-sengatan-ubur-ubur-1

Untuk meredakan rasa sakit kamu bisa menggunakan salep, kompres dengan es batu, atau bisa juga dibasuh dengan shower air hangat.

Apapun yang terjadi, jangan pernah menggunakan air urin untuk mengobati luka kalian jika tersengat oleh ubur-ubur.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *