Bepergian dengan Batik Air? Ini 7 Langkah Mudah Lakukan Online Check In

Bepergian dengan Batik Air? Ini 7 Langkah Mudah Lakukan Online Check In

Travel Tips30
Bepergian dengan Batik Air? Ini 7 Langkah Mudah Lakukan Online Check In shutterstock

Travel Blog Reservasi – Berada di bawah naungan korporasi yang sama dengan Lion Air, maskapai Batik Air banyak diminati pengguna jasa transportasi udara. Sama seperti lainnya, maskapai ini juga menginformasikan cara online check in Batik Air via website dan mobile.

Sudah tahu caranya? Kalau baru pertama kali menaiki Batik Air, 7 langkah mudah di bawah ini bisa kamu ikuti saat melakukan online check in. Yuk, simak!

Baca 5 Fasilitas Gratis di Bandara Changi Singapura Belum Banyak Diketahui Orang

  1. Online check in bisa dilakukan lewat website resmi Batik Air atau aplikasi berbasis iOS dan Android
  2. Jika mengakses via website resmi Batik Air, pilih fitur check in lalu masukkan kode booking e-ticket dan nama belakang penumpang.
  3. Klik ‘Search’ untuk memunculkan kolom fasilitas tambahan. Baca baik-baik, jika tidak membutuhkan fasilitas tambahan tersebut langsung klik ‘No, continue to check-in
  4. Halaman selanjutnya memunculkan rincian mulai dari waktu berangkat, perkiraan waktu sampai dan nomor penerbangan.
  5. Jika sudah dibaca dan sesuai dengan pesananmu, langsung menuju ke kolom ‘Select Seats’
  6. Pilih tempat duduk dari kolom ‘Select Seats’, lalu klik ‘Return’ untuk kembali ke halaman utama online check in.
  7. Tekan ‘Check In’ di halaman utama untuk menyelesaikan rangkaian prosesnya

Cara yang sama juga berlaku untuk online check in via aplikasi iOS dan Android. Kedua layanan ini sama-sama mengharuskanmu melakukan check in dalam kurun waktu H-24 sampai H-4 jam keberangkatan.

Bukti online check in akan dikirimkan ke alamat email yang kamu cantumkan dalam bentuk file PDF. Selain melakukan check in penumpang, kamu juga bisa mendapat keterangan soal ketentuan bagasi gratis di website resmi dan aplikasi mobile. Mau tahu rinciannya?

Untuk penerbangan perorangan baik domestik maupun internasional, berat bagasi yang digratiskan adalah 20 kg untuk kelas ekonomi, 30 kg untuk kelas bisnis dan 7 kg tas jinjing yang dibawa ke dalam kabin.

Untuk penerbangan rombongan atau kelompok, penghitungan berat bagasi gratis tinggal dikalikan dari jumlah batas perorangan dengan banyaknya penumpang. Tapi ada syaratnya, semua penumpang harus sudah hadir di bandara saat proses pendaftaran bagasi.

Biaya bagasi tambahan di Batik Air dibandrol mulai Rp 6.000,00 – 22.000,00 per kg sesuai rute dan kelas penerbangan yang diambil.

Langkah-langkahnya mudah untuk diikuti, dijamin nggak sampai 10 menit kamu sudah berhasil check in dan siap melakukan perjalanan. Data bagasi gratisnya juga sangat bermanfaat kan?

Ada tips tambahan nih untuk memudahkanmu memisahkan barang bawaan. Pisahkan barang bawaanmu dengan teliti, mana yang akan diletakkan di bagasi dan apa saja yang dibawa ke dalam kabin.

  • Semua pakaian, sepatu dan aksesoris selain perhiasan emas ditata dalam satu tas/koper yang akan dimasukkan ke dalam bagasi
  • Jika ragu-ragu, bawa kamera dan laptop ke dalam kabin
  • Jangan pernah menyimpan uang tunai dalam koper yang masuk ke bagasi. Meski sudah diletakkan dalam amplop atau diselipkan di antara pakaian, potensi bahaya tetap ada
  • Oleh-oleh berupa makanan ditata ke dalam satu tas besar agar ringkas, lalu gabungkan dengan muatan bagasi. Bawa seperlunya saja yang ingin dimakan selama perjalanan
  • Hati-hati jika membawa oleh-oleh berupa suvenir atau barang antik. Beberapa mungkin memiliki bentuk mencurigakan, seperti senjata adat atau kerajinan berbahan logam.

Informasinya sudah lengkap banget kan? Sebagai saram agar tidak antre usahakan untuk datang 3 jam sebelum boarding. Kecuali jika kamu memang tidak bisa meninggalkan pekerjaan utama. Selamat bepergian!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *