close

Pertama Kali Naik Pesawat ke Luar Negeri? Simak 10 Tips Berikut Ini

woman with luggage
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Saat ini, pesawat terbang telah menjadi alat transportasi udara yang dapat menjangkau semua kalangan. Selain pilihan maskapai dan pilihan layanan penerbangan yang beragam, harga tiket pesawat di masa sekarang ini juga cukup terjangkau dan tak jarang bersaing dengan harga bus antarkota maupun kapal laut. Namun masih banyak yang belum paham bagaimana cara naik pesawat pertama kali ke luar negeri.

Kesan eksklusif yang ditawarkan oleh pesawat terbang dalam perjalanan udara tidak pernah luntur. Tidak hanya itu, waktu tempuh yang lebih cepat dan harga tiket yang kompetitif juga menjadi daya tarik dari pesawat terbang. Hal itulah yang kemudian membuat sebagian besar masyarakat baik dari kalangan atas maupun kalangan menengah lebih memilih pesawat untuk memudahkan mobilisasinya khususnya di dalam negeri atau rute domestik.

Baca Informasi Ketentuan Penumpang Infant atau Bayi Pada Tiap Maskapai di Indonesia!

Khususnya di Indonesia, bagi sebagian besar orang, berpergian dengan pesawat ke antar wilayah di Indonesia mungkin merupakan hal biasa. Pasalnya, untuk rute domestik, penumpang tidak memerlukan dokumen khusus seperti paspor dan visa serta peraturan ketat lainnya. Hanya perlu membeli tiket pesawat dengan tujuan tertentu, check-in serta menunjukkan kartu identitas, mengikuti aturan awak kabin, dan menikmati perjalanan udara hingga sampai di kota atau wilayah tujuan di Indonesia.

Bagaimana dengan naik pesawat ke luar negeri? Melakukan perjalanan udara ke luar negeri mungkin sesuatu hal yang baru sekaligus mendebarkan bagi sebagian orang. Kalian perlu ketahui cara naik pesawat pertama kali ke luar negeri dengan baik.

Apakah ini pertama kalinya kalian berpergian ke luar negeri dengan pesawat? Jika ya, kalian tidak perlu khawatir. Pasalnya, proses naik pesawat terbang dengan tujuan domestik maupun internasional kurang lebih sama. Hanya saja, kalian perlu lebih disiplin dan teliti dalam mempersiapkan keberangkatan kalian.

Untuk kalian yang baru pertama kali naik pesawat dengan tujuan internasional atau luar negeri, berikut ini akan diulas 10 tips yang akan berguna bagi kalian. Simak, ya!

1. Persiapkan itinerary ke negara tujuan dengan matang

cara-naik-pesawat-petama-kali-1

Rencana perjalanan atau itinerary merupakan rancangan berisi catatan daftar tempat yang akan kalian kunjungi dan hal-hal yang akan kalian lakukan selama berada di negara tujuan. Itinerary biasanya disesuaikan dengan budget yang kalian miliki dan juga tanggal kepulangan yang tertera di tiket pesawat.

Jika tujuan kalian bepergian ke luar negeri adalah untuk sekolah atau kegiatan akademik, rencanakan dan siapkan dengan matang semua keperluan kalian mulai dari biaya perjalanan, pendaftaran sekolah, tempat tinggal, hingga biaya hidup. Kalian bisa mulai mencari atau menghubungi himpunan atau organisasi mahasiswa Indonesia di negara tujuan kalian untuk mendapatkan informasi lebih banyak.

Selain itu, kalian juga bisa menghubungi agen-agen konsultan pendidikan yang menyediakan informasi seputar pendidikan di negara tujuan kalian.

Baca Pesawat Paling Imut di Dunia Ini Bergambar Hello Kitty!

Sementara itu, jika tujuan kalian bepergian ke luar negeri adalah untuk traveling, tentukan budget dan rajin-rajinlah browsing di intenet mengenai negara tujuan traveling kalian. Kalian disarankan untuk mempelajari kultur dan wilayah negara tujuan kalian terlebih dahulu. Tidak perlu terlalu serius, setidaknya kalian perlu memiliki wawasan awal tentang negara yang akan kalian kunjungi. Hal itu tentunya akan membantu kalian bagaimana cara bersikap dan berkomunikasi dengan warga setempat di negara tujuan. Tentunya, beda negara, beda budaya, kan?

Setelah itu, kalian juga perlu mencari destinasi wisata apa saja yang ada di negara tujuan tersebut, bagaimana transportasinya, dan berapa biaya masuk atau biaya transportasinya. Catat semua informasi yang kalian dapatkan dan sesuaikan dengan budget yang kalian punya.

Tentunya, kalian juga perlu mencari hotel atau penginapan yang di negara tujuan kalian. Carilah penginapan yang sesuai dengan budget kalian. Hal yang terpenting adalah usahakan hotel atau penginapan kalian terletak di pusat kota negara tujuan. Hindari letak hotel atau penginapan yang terletak terlalu jauh atau terlalu pelosok. Selain mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama berada di luar negeri, menginap di hotel atau penginapan yang berada di pinggir atau pusat kota akan memudahkan kalian untuk menuju destinasi wisata.

Jangan ragu-ragu untuk mengunduh peta wisata negara tujuan traveling kalian jika peta tersebut tersedia di internet. Peta ini akan membantu memandu kalian sesampainya kalian di bandara negara tujuan. Mungkin terdengar kuno karena kalian bisa mengandalkan GPS. Tetapi, kalian tidak disarankan untuk “percaya” terhadap GPS sepenuhnya. Selain itu, peta wisata ini juga akan berguna jika kalian tidak memiliki koneksi internet yang cukup selama berada di negara tujuan. Pakai GPS tentunya perlu koneksi internet, kan?

2. Pesan dan periksa tiket pesawat dengan teliti

Pesawat Awan

Saat ini, pesawat terbang adalah alat transportasi yang paling memungkinkan dan efektif untuk bepergian ke luar negeri. Selain itu, berbagai maskapai penerbangan juga berlomba-lomba dalam memberikan promo tiket pesawat baik untuk rute domestik maupun rute internasional. Untuk maskapai tertentu yang bersegmen Low Cost Carrier atau penerbangan berbiaya murah seperti AirAsia, tidak jarang kalian akan menemui promo tiket PP ke Jepang misalnya hanya bertarif sekitar 1 jutaan.

Jika ini pertama kalinya kalian bepergian ke luar negeri, cobalah untuk lebih teliti saat melakukan reservasi tiket pesawat. Pastikan kalian membeli tiket pesawat di travel agent yang terpercaya. Kalian juga bisa langsung membeli tiket pesawat ke negara tujuan di situs resmi maskapainya.

Baca 7 Alasan Mudik dengan Pesawat Lebih Menyenangkan!

Masalah paling krusial yang kerap terjadi pada tiket pesawat adalah kesalahan ejaan nama misalnya saja typo. Sebagai contoh, nama “Rianty” kerap ditulis dengan “Riyanti” atau “Rianti. Pelafalan “Y” sebagai “I” di akhir kata sebenarnya tidak tercatat sebagai struktur asli bahasa Indonesia melainkan merupakan struktur bahasa asing. Tidak mengherankan jika kesalahan tersebut kerap kali terjadi. Bagi pemilik nama, bukan tidak mungkin mereka salah menuliskan atau mengetik ejaan nama mereka sendiri apalagi jika berada dalam kondisi terburu-buru dan tidak teliti.

Tidak hanya typo, kelebihan atau kekurangan huruf pada nama juga bisa berakibat fatal misalnya saja nama “Dewie” yang ditulis menjadi “Dewi”. Terlihat sepele, namun fatal akibatnya bagi penerbangan internasional.

Pasalnya, bagi penerbangan domestik, kesalahan-kesalahan kecil seperti demikian masih dapat ditoleransi, tetapi tidak demikian halnya dengan penerbangan internasional. Kesalahan kecil tersebut dapat membuat kalian terdeportasi dari negara tujuan. Jika nama yang tertera pada tiket tidak sesuai dengan nama yang tertera pada paspor, kalian akan dianggap sebagai dua orang yang berbeda. Satu orang adalah orang bernama sesuai tiket dan satu orang lagi bernama sesuai paspor. Fatal, bukan?

Oleh karena itu, saat mengisi form pembelian tiket pesawat, cek kembali KTP atau Paspor kalian dan pastikan kalian mengetik nama sesuai dengan ejaan yang sama dengan yang tertulis di KTP dan Paspor. Tidak hanya nama, pastikan lagi negara dan bandara tujuan kalian di dalam form sebelum proses pembayaran.

Biasanya, maskapai penerbangan atau online travel agent memang menyediakan layanan untuk koreksi nama. Namun, prosesnya bisa memakan waktu yang cukup lama dan ada juga beberapa maskapai yang tidak menyediakan layanan koreksi nama. Jadi, daripada menyulitkan di kemudian hari, tidak ada salahnya untuk lebih teliti dan cermat dalam hal ini.

Setelah membayar pesanan tiket pesawat, pastikan tiket kalian telah issued dan cek email kalian. Pastikan juga kalian mendapatkan tiket yang berupa E-Ticket yang sah dan dikirim ke email kalian. Simpan E-Ticket tersebut sampai kalian kembali ke tanah air dengan selamat. Jika perlu, cetak atau print E-Ticket tersebut untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu dengan gadget tempat kalian menyimpan E-Ticket.

3. Siapkan paspor dan visa

visa-amerika

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat pemerintahan yang berwenang di suatu negara. Paspor berisi data identitas pemegangnya dan digunakan sebagai tanda pengenal atau identitas resmi untuk melakukan perjalanan udara antar negara.

Tidak hanya saat perjalanan udara saja, saat berada di luar negeri, paspor adalah satu-satunya identitas diri yang resmi bagi para turis. Jenis paspor yang paling populer dan paling sering diajukan adalah Paspor Biasa dan E-Paspor yang digunakan untuk perjalanan regular.

Sementara itu, visa adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh sebuah negara kepada seseorang agar diberikan izin memasuki sebuah negara dalam periode waktu dan untuk tujuan tertentu. Negara-negara yang dapat dikeluarkan dan diberikan visanya adalah negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan negara yang mengeluarkan visa.

Baca 5 Tips Agar Pengajuan Visa Kamu Diterima

Misalnya saja, jika kalian akan berkunjung ke Jerman, kalian perlu membuat visa. Antara Jerman dan Indonesia memiliki hubungan diplomatik sehingga negara dapat membuat dan mengeluarkan visanya. Lain halnya jika kalian ingin berkunjung ke Israel, negara tidak bisa membuat dan mengeluarkan visanya karena Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel (untuk saat ini).

Ada berbagai jenis visa yaitu di antaranya yang populer adalah Visa Turis (Tourist Visa), Visa Bekerja (Limited Stay Permit/Working Visa), Visa Transit (Transit Visa), dan Visa on Arrival (VoA). Satu jenis visa yang paling populer dan paling sering diajukan adalah Visa Turis yang biasanya diajukan untuk tujuan traveling.

Indonesia mengeluarkan Visa Republik Indonesia dalam bentuk stiker. Stiker visa ini kemudian akan dicantumkan ke dalam paspor pemohon visa. Visa ini memiliki masa berlaku 90 hari sejak tanggal dikeluarkannya visa tersebut.

Paspor merupakan dokumen yang wajib dimiliki bagi kalian yang berencana bepergian ke luar negeri, sedangkan visa merupakan dokumen yang sifatnya tentatif. Pasalnya, saat ini, beberapa negara tercatat sudah membebaskan visa untuk kunjungan dalam jangka waktu tertentu bagi warga negara Indonesia. Untuk wilayah Asia Tenggara, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, dan Brunei Darussalam adalah beberapa negara yang membebaskan visa bagi warga negara Indonesia dengan jangka waktu kunjungan sekitar 30 hari.

Hal yang terpenting adalah pastikan kalian memiliki paspor. Jika kalian belum memiliki paspor, kalian dapat mengajukan permohonan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi. Selain itu, tetapkan negara tujuan traveling kalian dan carilah informasi sebanyak-banyaknya di internet mengenai negara tersebut mengenai visa. Apakah negara tersebut masuk ke dalam daftar negara bebas visa bagi warga negara Indonesia atau tidak.

Jika negara tujuan traveling kalian termasuk negara yang belum membebaskan visa bagi warga negara Indonesia, kalian wajib mengurus visa langsung di kedutaan besar negara tujuan kalian.

Baca Lelah Antre Bikin Paspor? Unduh Aplikasi Antrian Paspor Online Sekarang!

Banyak yang berkata bahwa mengurus visa adalah hal yang “gampang-gampang susah”. Ada visa negara tertentu yang mudah didapatkan dan ada juga negara yang sulit didapatkan visanya seperti Amerika Serikat dan Inggris. Ada beberapa ketentuan ketat yang harus diikuti jika ingin berhasil mendapatkan visa negara tersebut misalnya saja kejelasan tujuan berkunjung dan jumlah saldo di rekening tabungan.

Untuk jumlah saldo di rekening tabungan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemohon visa memiliki biaya hidup yang mencukupi selama berada di negara tersebut sekaligus mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Penting bagi kalian untuk mempersiapkan segala sesuatunya jika ingin mengajukan permohonan pembuatan visa. Selamat mencoba!

4. Datang ke bandara 3 jam sebelum waktu keberangkatan

terminal-3-ultimate-bandara-soekarno-hatta-2

Jangan pernah menyepelekan waktu keberangkatan pesawat. Pasalnya, telat 1 menit saja, kalian tentu akan ketinggalan pesawat.

Perhatikan dengan benar dan catat waktu keberangkatan pesawat kalian mulai dari hari hingga jam keberangkatan. Informasi waktu keberangkatan tertera di dalam tiket pesawat. Untuk penerbangan internasional, kalian disarankan untuk sudah hadir di bandara minimal sekitar 3 jam sebelum waktu keberangkatan. Terlalu lama? Sekali lagi, jangan sepelekan waktu keberangkatan.

Baca Ini Hak Penumpang Jika Pesawat Terlambat

Hadir di bandara lebih awal tentunya akan lebih banyak memberikan kalian keuntungan dibandingkan kerugian. Kalian akan terhindar dari kemacetan dan juga tidak akan terburu-buru. Kondisi yang terburu-buru seringkali dapat berakibat fatal. Selain itu, kalian juga tidak akan bisa tenang jika bepergian dalam kondisi terburu-buru.

Terlebih lagi untuk rute penerbangan internasional, proses pengecekan identitas hingga check in bagasi memerlukan waktu yang cukup lama dan cukup ketat. Tidak hanya itu, mencari terminal keberangkatan di bandara juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar karena luasnya bandara.

Selain itu, boarding gate biasanya akan ditutup 45 menit menjelang keberangkatan. Setelah boarding gate ditutup, dapat dipastikan kalian tidak dapat masuk ke pesawat meskipun pesawat tersebut belum lepas landas.

Lebih baik datang lebih awal daripada terlambat, kan? Next…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : appsInfo PenerbanganPenerbangan Pesawat

67 Comments

  1. K,,mau nanya aku rencana ke india pke evisa,,,,apakah di imigrasi surabaya atau di india ditanya tiket pp ya k,soalnya aq blm tau kpn kmbali,,menimmati india dlu k kbtln visaqu 60 hari,,,ooo iya K’ disana aq mngkin nginap dirumh tmn,,,apa ditanya reservasi hotelnya,,klu iya gmna ya K’ buat reservasi hotelnya sma utk Tket pp,,,mksudnya klu cma di booming aja tpi blm di byar apa bisa,,,,,? Satu lgi K,,klu pke kartu mahasiswa sma passport aja waktu check in bisa ngga soalnya Passport sma KTM, namanya sama yang di tiket? Maaf K banyak nanya soalnya bru prtakali, ke LN,,,

  2. Assalamu’alaikum gan
    sy kan mau ke KL,,,,dengar dengar saat di imigrasi,,kita harus nunjukin uang sebanyak RM.1000,,katanya biar gak di sangka TKI !!!

    Makasih gan

  3. Mau nanya, aku mau ke kota kinabalu terus transit dulu di kuala lumpur, apakah saya harus antri di bagian imigrasi ? Atau boleh di bandara kota kinabalu saya mendapat visa on arrival ?

  4. Untk mngisi formulir yg d kasih d dlm peswat itu gmn min… saya bekerj di luar negri.. saya pnya id card 2 indo sama korea.. untuj mngisi formulir pke data yg mana..

    1. Data yang diminta bukannya pakai nomor paspor saja ya? Kalau alamat, pakai alamat yang nanti akan ditempati saat tiba di negara tujuan.

  5. Nanya dong Kak, Sy mau ke Hong Kong, tapi lewat Malaysia dgn Maskapai yg berbeda. Hanya beda jam saja. Pertanyaan nya, apakah Sy harus keluar imigrasi dan kemudian masuk lagi? (Cek Imigrasi lagi) perbedaan penerbangannya hanya 3 jam. Makasih

  6. Saya Januari ini mau ke Malaysia, apakah KTP diperlukan kesana? atau bisa diganti identitas SIM dan cukup Passport saja. Karena KTP saya sedang untuk proses ganti pemilik kendaraan di luar kota, takutnya januari belum selesai. Terimakasih atas jawabannya.

    1. Saat di Malaysia sih gak diminta KTP. Tapi biasanya pas check in di bandara Indonesia yang akan diminta tunjukin KTP.

  7. Mau tanya, saya akan ke UAE tapi harus transit dlu di Brunei. Dari Surabaya ke Dubai.
    Lalu setelah tiba di Brunei, apa yang harus saya lakukan? Saya harus ke imigrasi atau bagaimana? Dan koper yang di bagasi saya harus ambil dlu atau sudah langsung transfer ke pesawat saya yg selanjutnya? Terima kasih 😊

    1. Kalau naik pesawat yg sama (transit sudah termasuk di dalam tiket yg Anda punya), tidak perlu keluar imigrasi dan ambil bagasi. Supaya lebih yakin, nanti setelah check in di Surabaya, lihat dulu label tag di koper Anda. Tujuan akhirnya ke Brunei atau Dubai. Kalau sudah tertulis Dubai, berarti aman. Tidak perlu ambil bagasi lagi nanti saat transit di Brunei.

  8. Hallo kak..pertama kali nih mau backpacker an ke luar negeri..pertama mau ke maldives 1 mingguan di sana,saya booking tiket yg sekali jalan..soalnya belum pasti negara tujuan selanjutnya,nah kira2 bikin ribet ga sih pas di bagian imigrasinya,khawatir di tanya yg ribet2 kak..

  9. Mau tanya, saya akan ke korea tapi harus transit dlu di china. Dari jakarta ke china di pesawat di china dibagikan Kertas kartu kedatangan dan beacukai, apa saya harus isi? Atau hanya isi saat di pesawat ke korea? Atau isi dua2nya?
    Lalu setelah tiba di china, apa yang harus saya lakukan? Saya harus ke imigrasi atau bagaimana? Dan koper yang di bagasi saya harus ambil dlu atau sudah langsung transfer ke pesawat saya yg selanjutnya? Terima kasih 😊

    1. Iya. Kartu kedatangannya diisi. Ini Anda kasusnya ke China hanya transit dan pakai maskapai yg sama, atau akan keluar dulu dari bandara dan stay di China selama beberapa hari?

    2. Di china hanya transit 2 jam dan pakai maskapai yg sama untuk ke korea? Jd isi kartu kedatangannya hanya saat di pesawat dari china ke korea?

  10. Saya mau ke kuala lumpur.beli tiket pp 4orang.saat mau kembali dqri kuala lumpur ke indinesia.salah satu teman saya terlambat datang.apa yg akan petugas bandara tanyakan tentang tiket yg jadi satu itu.terima kasih

  11. Mas saya dari dari jakarta ke kuala lumpur kemudian saya ke penang, namun dengan maskapai yang berbeda dan pembelian tiketnya secara terpisah. Apakah sesudah melewati imigrasi di kuala lumpur saya harus ke imigrasi lagi setelah check in untuk menuju ke penang? Makasi

  12. Kak misal saya mau ke india.itu kan harus transit dulu tuh d Malaysia atau Singapore biasanya. Kalau transit itu kan ga harus beli tiket lagi kan kak untuk naik k pesawatnya lagi. Dan tolng kak jelasin juga prosedur apa saja yg harus kita lakuin ketika sudah sampai d bandara negara tujuan.trimakasih.maaf nanya banyak cz baru pertama mau ke luar negri.

    1. Kalau beli tiket pesawatnya yg memang sudah ada transitnya, ya tidak perlu beli tiket pesawat lagi. Kecuali kamu beli tiket dari 2 maskapai yg berbeda. Kalau sudah sampai di bandara negara tujuan, ikuti saja prosedur yg ada di bandara. Misalnya antri di imigrasi, ambil bagasi, dsb.

  13. salam
    paspor dan tiket saya berbeda satu huruf apa jadi masalah pada saat check in? mhon informasinya terimaksih..

  14. Halo gan Mau tanya kalo misalnya dari Indonesia ke jepang,transit di Malaysia 10 jam an kalo misalnya Mau jalan2 dulu keluar syarat keluarnya apa sama nanti syarat masuknya lagi apa, dengan pesawat yg Berbeda.isi form apa saja?terimaksh sebelumnya.baru pertama kali soalnya.

  15. Kalau booking ticket AA keluar negri bisa pakai KTP dahulu tidak ya? karena passport lagi mau diperpanjang nih? nanti setelah sudah selesai bisa info ke maskapainya tidak ya? Info ya terima kasih salam ….

    1. Silakan langsung pesan saja tiketnya dan perpanjang paspornya. Nanti paspor diminta saat di bandara.

  16. Saya ingin ke malaysia tapi saya ingin berangkatnya naik pesawat pulang nya naik fery bisa gak tuh ya, soal.a nih baru pertama kali saya ingin ke malaysia

    1. Di bandara sih gak dimintain KTP mbak. Cuma nama di tiket pesawat silakan dicek lagi karena harus sama dengan paspor.

  17. Salam.
    Saya sudah mempunyai paspor and paspor belum ada stempel/keterangan di kolom visas (masih bersih) karena belum ke pakai, saya mau ke Malaysia untuk kunjungan ke home kawan. apa yg mesti saya lakukan dengan paspor tsb. (apakah tinggal bawa saja/ apa harus ada yg di urus) Thanks…..

  18. Kalau penerbangan ke luar negeri terus transit,butuh nulis di imigrasi gak ya?
    Contoh : saya mau ke bangkok,transit dulu di kuala lumpur. Apa perlu saya nulis kedatangan di malaysia?
    Terus,saya mau reservasi di salah satu travel agent. Lebih baik transit 7 jam atau 1 jam ya? Kan katanya 45menit sebelum keberangkatan gate ditutup kan? Tolong jawahannya. Terimakasih:-)

    1. Hi mbak Ajeng

      Kalau masih mengunakan maskapai yang sama tidak perlu keluar hanya perlu check in ulang saja. Beda jika menggunakan maskapai yang berbeda saat transit.

      Lebih baik yang 7 jam ya mbak.

  19. Lebih nyaman mana membawa tas kecil atau tidak?? Tas kecil buat tempat dompet,hp,dll. Dan apakah kena biaya tambahan jika membawa electronic berlebihan?
    Dan Vietnam, Cambodia sama Laos bebas visa kan bagi negara WNI?. Dan apakah dibandara ada pertanyaan2 yang diajukan ke pengunjung tentang negara tujuan??
    Hehe..mohon bantuannya…….belum pernah keluar negeri soalnya…..

    1. Betul lebih enak bawa tas kecil tp diisi secukupnya aja jgn terlalu berlebihan atau kelihatan full banget mas. Klo barang elektroniknya beli di luar negeri dan dibawa ke Indonesia tidak boleh lebih dari $100 atau akan dikenai bea masuk. Biasanya pemeriksaan random sih mas, selebihnya oke aja mengikuti alur di konter imigrasi dengan tenang dan rileks.

  20. kak, mau tanya saya mau ke malaysia januari 2018, tapi saya baru mau bikin paspor minggu depan? apa bisa paspor baru belum ada 6 bulan dipakai?

  21. Ketika kita akan mendarat di Negara tujuan yang menggunakan Visa, Awak Kabin berjalan menawarkan kertas, untuk apa kertas itu? Thanks

    1. Itu kertas untuk diisi, biasanya ada kartu untuk kedatangand dan kartu untuk beacukai. Semua harus diisi sesuai dengan data yang benar. Jika ada kesulitan atau hal yang tidak dimengerti mintalah bantuan pada pramugari

  22. Kalo check in hotel ninggal passport ga sih ? Padahal kan passport kita butuhkan setiap saat selama di LN kalau2 ada random check pas jalan2.

    Terus untuk pemeriksaan finger print di bandara itu harus ya ? Saya selalu ada masalah dg fingerprint krn jari saya tipis kulitnya. Sering gagal. Masalah ga ya ?

    1. Jangan meninggalkan paspor di hotel atau dititipkan pada orang yang tidak dikenal! Jika ada pemeriksaan fingerprint seperti di Jepang, tekan saja jarinya agak kuat. Petugas pasti akan membantu kok.

  23. ini perjalanan pertama saya bsk bulan oktober ke malaysia
    tapi saya tdk menggunakan bagasi..karna klu saya pikir barang yg saya bawa pun tdk lbh dr 7kg
    bagaimana ??

  24. Kalau bawa laptop dengan windows bajakan kira2 gimana ya? Saya pernah dengar kalau itu tidak diperbolehkan. Tapi kira2 gimana ya? Apakah pasti akan diperiksa oleh pihak bandara? Thanks!

    1. Beberapa kasus ada yang diperiksa tapi ada juga yang tidak. Sifatnya random atau pemeriksaan acak. Terutama ke USA.

  25. Terimakasih banyak atas informasinya. . Sangat membantu. Oh ya, ingin bertanya. Untuk visa itu hanya 1x pakai kemudian saat akan ke negara itu lagi apakah harus membuat visa lagi? Terima kasih sebelumnya

    1. Hi Syahrul, untuk visa ada yang single (sekali masuk) ada yang multiple (beberapa kali masuk). Jadi tergantung kamu mengurus visanya apa sejak awal. Semoga membantu.

  26. itu kalau mau check in perlu tunjukin boarding pass pasport, ktp sama sim ? harus ketiganya atau boleh boarding pass sama passport aja?

  27. Trimakasih byk… sy sgt mmbutuhkan informasi ini karena saya akan pergi keluar negeri untuk pertama kali.

  28. trims. sngat mmbantu skali. sy blm prnh prg keluar negeri. jd sy btuh bnyak info tntang yg akn sy hdapi di bandara negara tujuan. slm skses

Leave a Response