close

Cara Mudah Membuat Visa Turis Australia

visa-australia

Travel Blog Reservasi – Jika teman – teman traveler adalah seorang pejalan mandiri yang suka mengurus segalanya sendiri, tips mengurus visa turis negara Australia sendiri ini pasti akan sangat bermanfat. Pun konon katanya mengurus visa itu adalah sesuatu yang ribet bin sulit. Tetapi kalau kalian membaca tulisan cara membuat visa australia ini dengan seksama, semua akan terlihat mudah kok.

Apalagi sekarang ini beberapa negara sudah menunjuk beberapa agen untuk masalah menbuat visa turis. Seperti halnya Australia, dalam hal ini menunjuk AVAC (PT VFS) sebagai agen utama untuk mengurus masalah visa Australia di Indonesia. Perlu diingat, selain jenis visa khusus seperti Working Holiday Visa Australia, ada Visa Turis yang banyak digunakan wisatawan ketika pergi ke Australia.

Baca juga

10 Keuntungan WHV Australia

Cari Tiket Murah untuk Backpacker WHV Australia? Ini Tipsnya

Syarat WHV Australia Terbaru 2017

Jadi teman – teman yang akan membuat visa Australia akan langsung berurusan dengan mereka, bukan ke kedutaan besar Australia. PT VFS ini akan bertugas sebagai perantara antara teman – teman traveler dengan pihak kedutaan besar Australia. Untuk informasi lebih detail tentang PT VFS ini teman – teman traveler bisa mengunjungi vfsglobal.com

tips-mudah-cara-mudah-membuat-visa-turis-australia

Jadi sekarang itu mengurus visa turis Australia semakin mudah. Teman – teman traveler hanya perlu menyiapkan syarat – syarat untuk mengajukan visa australia seperti dibawah ini.

Dapatkan Tips dan Informasi Traveling dari Reservasi, GRATIS !

Persyaratan Dokumen Visa Australia

  • Formulir Pengajuan Visa Turis yang telah diisi, Formulir visa turis (Subclass 600) dapat didownload di sini.
  • Daftar dokumen yang diperlukan dan dipersiapkan bisa dilihat di sini.
  • Paspor Asli yang masih berlaku minimal 6 bulan kedepan.
  • Paspor lama yang sudah tidak berlaku (jika ada paspor lama).
  • Foto Copy KTP.
  • Foto Copy Kartu Keluarga.
  • Foto Copy Akte Kelahiran.
  • Foto Copy Surat Nikah (jika sudah menikah).
  • Foto Copy NPWP.
  • Copy ID Card/Driving License pembuat Invitation Letter.
  • Copy Birth Certificate pembuat Invitation Letter.
  • Copy Passport pembuat Invitation Letter.
  • Surat Izin Asli  dari Suami/Istri, jika bepergian sendiri tanpa Suami/Istri
    Surat Sponsor Asli Dari Perusahaan Tempat Bekerja. Isi surat ini adalah menerangkan bahwa kita benar-benar bekerja di tempat tersebut. Dan memastikan kita akan kembali bekerja dan tidak untuk menetap di Australia dengan visa turis ini. Untuk istri atau suami yang ikut dan bekerja, sebaiknya juga menyertakan Surat Sponsor Asli Perusahaan, jika istri atau suami tidak bekerja, bisa dicantumkan nama istri/suami/anak yang berada di bawah tanggungannya untuk dicantumkan dalam surat sponsor perusahaan.
  • Pasfoto 3×4 dan 4×6, latar belakang putih, masing-masing 1 lembar, tampak zoom wajah.
  • Foto copy Rekening Koran Tabungan, selama 3 bulan terakhir. Tidak ada jumlah pasti mengenai rekening koran ini, entah harus berapa puluh juta untuk bisa diapprove. Yang pasti pihak kedutaan hanya akan memastikan bahwa kita mempunyai cukup dana selama di Oz. Paling aman biaya hidup disana per hari 100-200 AUD. Tinggal kalikan masa waktu liburan di Australia berapa lama.
  • Asli Invitation Letter dari teman/saudara yang berada di Australia (Jika Ada). Pastikan mengirimkan scan invitation letter terlebih dahulu sebelum mengirimkan via pos, dan kirimkan dengan registered pos. Kebanyakan jika dikirim via regular mail ternyata tidak sampai tujuan. Hasil scan invitation letter tadi bisa dipakai terlebih dahulu jika yang asli masih dalam pengiriman. Akan lebih meyakinkan jika Invitation Letter dibuat oleh seorang Native Australian (Asli warga negara Australia) atau paling tidak Permanent Resident.
  • Asli Surat Kuasa di atas materai, jika mewakilkan pengurusan visa ke orang lain.
  • Biaya visa turis Australia Subclass 600 adalah AUD 135 (harga dapat berubah). Next…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : australiaPasporTipsVisa
Reservasi.com

The author Reservasi.com

77 Comments

    1. Lebih baik disertakan, namun jika belum memiliki NPWP, ada opsi untuk menyatakan belum memiliki NPWP dalam bentuk surat tertulis.

  1. Saya sdh pernah melakukan pengajuan sekali tetapi ditolak. Terus apakah boleh saya mengajukan lagi?, sampai berapa kali batas maksimal pengajuan …

    1. Hallo kak
      Silakan ajukan lagi. Pastikan semua syarat dokumen lengkap, terutama surat rekomendasi dari tempat bekerja atau sponsor dari Australia. Akan lebih baik jika mengetahui alasan penolakan sehingga bisa diperbaiki pada opsi yang ditolak tersebut.

  2. Saya sudah dapat visa multiple entry eh sudah sampe di cancel immigrasi di kira nya mau kerja di australia. Mau jalan2 aja ribet banget

    1. Alasannya kenap ktnya kak? Sy juga punya visitor vis multiple entry. Feb ini berangkat lagi ke sana. Takut udh nyampe suruh pulang.

    1. eVisitor masih berlaku bagi pemegang paspor Uni Eropa dan negara Eropa lainnya. Batas kunjungan (wisata/bisnis) 3 bulan dengan periode masa berlaku 12 bulan sejak diterbitkan.

  3. disini tertulis.. jika memiliki latar belakang buruk maka akan di tolak..
    latar belakang disini seperti apa bisa di jabarkan kah?
    atau BI checking buruk termasuk kah ?

    1. Latar belakang di sini maksudnya pernah terlibat kejahatan pidana. Kurang lebih seperti itu. Namun, kembali lagi tetap pihak kedubes yang meiliki hak untuk menerima atau menolak permohonan visanya. Selama memiliki deposit tabungan untuk jangka waktu kunjungan, sudah cukup memenuhi syarat.

  4. Untuk mengurus sendiri dokumen aplikasi visa jika saya diluar kota jakarta bagaimana ya? Apa bisa via email atau jasa kurir? Jika bisa dialamatkan kemana?

    1. mendingan pake tur, beda tipis aja harganya aud135 ama idr1,8 jutaan paling, ga repot, sy udah ampe kedutaan diinfo ama bpk2 yg lagi ngurus, dia dah 3bln masih blm keluar visanya. ama tur paling pol 2mgg

  5. Saya sekarang berada di cook island dkat dngan new zealand untuk mengurus visa dr sini menuju australi bgaimana..???

    1. Hallo pak, bapak bisa langsung mengurusnya di the Australian Visa Application Centres ya pak. Terima kasih

  6. selamat sore,
    saya mau bertanya bagaimana jika kita dapat sponsor dari calon suami kita yang PR di australia?
    trimakasih.

  7. Apakah benar kalau mengajukan visa australi passport kita harus ada stamp dari negara lain selain asia, minimal china. Mohon infonya..

    1. betul, tante sy pernah ditolak krn cap negara lainnya kurang (udh ada dr sing ama bangkok dan KL padahal) dan krn alasan balik ke Indo nya kurang kuat, mrk buka toko sendiri kebetulan, pdhl udah pk surat sponsor dr kakak (keponakan tante sy berarti) yg tinggal d sana, jadi mending ati2 di bagian surat pernyataan (harus yakinkan mrk bhw akan balik Indo)

  8. saya mau tanya dong.. kalau calon suami saya sudah menjadi warga sana ( permanen residen ) itu bisa jadi sponsor saya dalam kurun waktu berapa lama setelah PR nya jadi ya? ada yg bilang 1 th ada yg 2 th bahkan ada yg bilang bisa langsung.. tapi saya kurang yakin..
    dan apakah setelah PR jadi memang di haruskan tinggal di australi dulu selama 2 th tidak boleh pulang ke indo ?

    1. Hi ibu Dahlia

      Setelah PR granted bisa langusng memberikan sponsor pada keluarga. Betul untuk bisa menjadi PR harus tinggal beberapa tahun di Aussy kira-kira selama 4 hingga 5 tahun.

  9. Sy sudah pernah memiliki visa multiple entry valid 3 th dan sudah expired krn dulu pernah bekerja dikapal pesiar. Jika sy ingin berlibur bersama keluarga apakah lebih mudah utk apply visa lgi berhubung sy sudah pernah memiliki visa sedangkan istri sy belum ??

    1. Hi pak Made Agus

      Memang hal demikian bisa jadi pertimbangan. Namun bukan menjadi jaminan bisa diterima kembali apalagi bersama keluarga. Intinya bapak lengkapi saja syarat-syarat administrasinya ya.

    1. Bisa, diajukan saja. Yang penting biasanya sudah ada tiket pp dan bukti reservasi hotel dan tabungan. Itu yang paling membantu. Jika ada surat keterangan bekerja dari tempat kerja juga bisa dilampirkan.

  10. Klo apply u ortu ke aussie..Pake tur hrs beli Paket tur ato bs Tanpa beli Paket krn tinggi di rmh saudara ato lbh gampang apply sensitive?

  11. Klo apply u ortu ke aussie..Pake tur hrs beli Paket tur ato bs Tanpa beli Paket krn tinggi di rmh saudara ato lbh gampang apply sendiri Dr liar kota?

    1. Hi Maria

      Untuk tur bisa mengurus visa tanpa harus membeli paket wisatanya. Namun jika ingin mengurus sendiri bisa meminta jaminan dari saudara di Aussy. Biasanya melampirkan copy paspor penjamin.

      Terima kasih

  12. Tolong info nya sya membuat visa tapi di tolak hari ni dpt surat dari kedutaan ausralia, gmna cara agar sya bisa membuat visa thx

    1. Hi Maemunah, perhatikan syarat-syaratnya apakah sudah dilengkapi semua atau belum. Kemudian saat wawancara diperhatikan lagi pertanyaannya dan jawab dengan jujur. Jangan terkesan risau atau gelisah. Gabung juga di grup facebook misalnya Backpacker Internasional untuk mengetahui tips tips lolos mendapatkan visa. Semoga berhasil ya next-nya.

  13. Hi .. kalo ada perbedaan nama 1 huruf antara KTP dan paspor apakah masalah ? untuk disamakan harus bagaimana ? tks

  14. Hallo, kalau mau urus visa ke Australia anak usia 16 tahun, gimana ya? saya sendiri sudah berada di Australia lebih dari setahun dan sudah PR, dia belum ada rekening di bank, mohon pencerahannya, terima kasih.

    1. Hallo bu Nurmalia, untuk anak ibu bisa menggunakan jaminan rekening orang tuanya kok. Semoga membantu ya. Terima kasih

  15. Mau tanya cara isi form 1419, dan kalau ada contoh yang udah terisi form 1419.
    dicetak di kertas ukuran berapa itu? A4 atau legal?
    terimakasih atas jawabannya

  16. Hi, mau tanya kalau udah lodge visa student sudah medical chek-up juga keluar visanya berapa lama ? Dan apa akan ada tlpon dari kedutaan untuk di wawancarai ? Saya pernah ke australia tapi pulang ke indo lama karena orang tua saya sakit dan saya mengurus acara pernikahan dulu, lalu visa saya di cancel. Dan saya sekarang mau balik ke aussie lagi.

  17. Thks info ausi nya, mau nanya saya pernah kunjungi singapura, malaysia, dan hongkong …utk applay visitor visa apa susah ya … saya kerja ikut org jadi pegaiwai usaha bengkel,dan saya tdk punya NPWP … apa sebaik nya urus dulu NPWP baru aplay apa gak usah NPWP oke aja, mengingat tabungan di rekening lumayan lah.
    Mohon di jawab ya, sangat membantu buat yg mau ke atralia. Terimaksih.

    1. sebaiknya diurus NPWPnya dulu, sangat mudah kok membuatnya di kantor Pajak terdekat. Untuk history visa dari negara lain bisa jadi dipertimbangkan tapi bukan jaminan visa Aussynya diterima. Sebaiknya lbh fokus pd kelengkapan administrasi saja dulu. semoga sukses ya

    1. Proses pengurusan visa paling lama 15 hari, tp praktiknya ada yang 4-5 hari bahkan yang sehari jadi pun ada. Intinya kelengkapan administrasi harus oke ya. Nah, supaya aman, sebaiknya sebulan sebelum keberangkatan sudah mengajukan visa kunjungan. Jangan terlalu mepet akan lebih baik.

  18. Hi mau tanya boleh ya panjang-panjang? Hehhe
    -Apakah bisa mengurus Visa di kedubes Australia langsung?Berhubung saya tinggal di kota Makassar jadi urusnya lewat mana yah?
    -Saya sudah punya NPWP tapi nggak punya surat sponsor,rencana cuman mau holiday aja sekitar 10 hari. Apakah surat sponsor hanya option saja?Oh iya SPT itu apa yah?

    1. Hi Marwah
      Untuk pengurusan visa Australia hanya bisa di Jakarta dan Bali. Lebih dekat mungkin ke Bali ya klo dari Makassar.
      Bali
      Benoa Square 3rd floor No. 7-9.3/A
      Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A
      Kedonganan, Kuta, Bali – 80361 Indonesia

      Namun jika ada agen travel di kota kamu, kamu bisa meminta jasa bantuan dari mereka ya.

      Untuk sponsor sebaiknya dilengkapi meskipun hanya berlibur, surat keterangan bisa dari perusahaan atau teman yang mengundang dari Australia.

      SPT adalah surat pemberitahuan tahunan pajak yang kita laporkan.

      Semoga membantu ya, selamat berlibur 🙂

  19. kak mau nanya kalo visa sudah ditolak apa bisa apply lagi dalam waktu yg singkat?atau apa ada pembersihan visa dulu?

    1. Hallo kak, jika ditolak bisa mengajukan kembali. Apalagi jika sudah ada keterangan alasan penolakannya. Semoga membantu ya.

  20. Utk uang jaminan 5000 aud/ 50 jt apakah harus tabungan biasa atau bisa dgn deposito ?
    Seandainya saya ambil sbgian deposito saya dan tngalkan 50jt apakh bsa ?
    Soalnya klo hrs buat tabungan baru dan mngunggu 3 bln trlalu lama.

    1. Pada dasarnya yang dilihat adalah histori pemasukan dan pengeluaran. Lebih baik tidak usah dipindahkan jika memang sudah ada deposito. Lampirkan saja rekening koran dan bukti deposito. Klo ada perubahan rekening tabungan dalam jumlah besar secara tiba-tiba justru ada history pernah ditolak karena alasannya dianggap mencurigakan. Jadi dibuat natural saja ya Tari. Bisa juga melampirkan tabungan orang tua klo masih tinggal bersama ortu atau mendapatkan jaminan dari ortu.

      Semoga membantu ya kak

  21. Halo saya mau nanya, biasanya setelah wawancara berapa lama ya Kita bisa mengetahui hasil visa kita? maksudnya diterima atau ditolak. Terimakasih

    1. Hallo Lisia

      Hasilnya antara 1 minggu hingga 6 minggu. Sangat bergantung dari kelengkapan administrasi dan kebijakan vfsglobal.

  22. Maaf …bapak/ibu ,saya mau nanya, anak saya mau sekolah di melburn dan udau ada yang menggarati di sana apa yang perlu saya lakukan dan bagaimana caranya.? Mks

    1. Hallo bapak/bu Nengah

      Untuk mengurus visa student ada beberapa dokumen yang harus diurus seperti ijazah, IELTS dan LoA dari universitas yang dituju. Begitu juga jaminan dari pihak sponsor. Selengkapnya bisa ditanyakan pada pihak universitas/sekolah yang dituju.

      Semoga membantu

  23. Hi salam… sy mau visit ke Melbourne skitar bulan October sd Desember 2017 ini bersama suami yg WN Amerika yg sdh sering bolak balik ke Aussie.
    Kebetulan sy punya sister wive disana, sy ingin liburan bersama di sana dg invitation serta jaminan dari sister di sana yg WN Aussie…
    Apakah tetap butuh rek tab sbg bukti deposit, krn suami sy gak percaya… WN Amerika enak banget keluar masuk negara mana aja tdk pake lampiran account rek.
    Dan apakah syarat nya tetap sama dg yg di sampaikan d atas?

    mohon penjelasannya ya…

    terimakasih…

    1. Hi Dee

      Jika kamu pemegang paspor Indonesia tentu persyaratannya seperti yang sudah kami jelaskan. Jika ada sponsor dalam hal ini saudara, bisa dilampirkan surat undangannya beserta copy paspor pengundang. Dengan syarat tersebut kamu tidak perlu melampirkan rekening koran. Namun jika dibutuhkan kamu hanya perlu datang ke bank untuk mendapatkan catatannya.
      Terima kasih.

  24. saya mau nanya kak,
    saya ada rencana ke sydney bulan agustus pertengahan, saya kan masih kuliah dan kebetulan rekening saya baru buat karna biasanya simpen uang gak pernah di Bank. kalau mau pakai rekening koran orang tua bisa ya kak?
    terus selain kartu mahasiswa, apalagi yang saya bisa pakai yang menyatakan bahwa saya mahasiswa?
    mohon infonya ya

    1. Hi Nanda
      Kamu boleh kok menggunakan rekening koran milik orang tua. Surat keterangan dari Akademik Jurusan atau Fakultas bisa menjadi salah satu keterangan identitas mahasiswa. Namun, baiknya kartu mahasiswa juga ada.

      Terima kasih

  25. Hii salam kenal… Saya mengajukan visa per tanggal 22 juni 2017 lalu… Atas sponsor suami yg statusnya PR dia ksh saya lamoiran sponsor later, rek koran account, passport, licence car dan healthy card gtu… Karna status saya house wife apakah bisa di approved visa saya? Karna saya blm prnh visit ke sna slma dia pergi tahun 2015 smp saat ini. Baru mau ini waktu visit kesana. Mohon infonya terima kasih

    1. Hi Erlin

      Di approved atau tidak itu sangat bergantung dari pihak vfs, sebaiknya dilengkapi saja seluruh persyaratannya agar lebih mudah di approved. Tidak masalah jk kamu housewife atau bukan. Selama persyaratannya lengkap kamu masih punya kesempatan yang sama.

      Semoga membantu ya.

  26. Hallo admin
    Aku ada rencana buat visa Australia , kalau sponsor nya itu status nya hanya teman sekolah saja tidak ada hubungan darah apakah saya bisa mendapatkan sponsor teesebut ?
    Thank you ditunggu balasan nya di email saya

    1. Hi Nurfa

      Selama teman sekolah kamu merupakan warga negara Australia, kamu bisa mendapatkan sponsored visa dari teman kamu tersebut dengan melampirkan surat undangan dan copy paspor sponsor kamu. Semoga membantu ya.

  27. Selamat siang kak. Saya mau tanya. Jadi gini, saya ingin berkunjung ke sidney australia. Dan saya ingin mengajukan visa holiday dan working. Dan saya akan di tanggung oleh saudara saya yang tinggal di sidney. Bagaimana supaya visa saya di setujui oleh pihak kedutaan. Dan saudara saya siap menanggung semua biaya termasuk tiket pesawat PP dan juga menyediakan tempat tinggal. Sama biaya pembuatan visa nya kira ” berapa ya kak. Thanks sebelumnya

  28. Permisi kak numpang tanya,
    Apakah boleh kita mengaJukan visa ke singapur, setelah di singapur Kita mengajukan visa untuk ke australi, apakah bisa orang indonesia di singapur mengajukan visa ke australi

  29. saya mau mengajukan visa australia, bagaimana kalau saya belum punya tiket pp dan bbking hotel?saya kawatir kalau visa saya tidak di approve, rencana beli tiket dan booking hotelnya setelah dapat visa.

    1. Yap, itu kekhawatiran yang sama. Tp, syarat utama agar visa di approve justru lampiran tiket pesawat dan reservasi hotelnya. Hanya suggest saja mungkin klo ditolak visanya tiket dan reservasi hotelnya bisa dialihkan atau di jual ke orang lain. Tapi enggak usah khawatir, asal syarat-syarat pengajuan visanya lengkap dan alasan untuk ke Australia juga jelas, biasanya visa bakal diapprove kok. Semoga berhasil ya.

  30. Saya mau mengajukan visa australia utk saya & ibu. Apakah ada contoh surat sponsor utk pengajuan visa? Saya bekerja & ibu saya house wife.

Leave a Response