Cara Mendapatan Nomor Antrean Paspor Online di Website Imigrasi - Reservasi Travel Blog

Cara Mendapatan Nomor Antrean Paspor Online di Website Imigrasi

Travel Tips259
Cara Mendapatan Nomor Antrean Paspor Online di Website Imigrasi shutterstock

Travel Blog Reservasi – Sebelum berangkat ke luar negeri kamu wajib memiliki paspor. Salah satu caranya adalah dengan menguruskan ke Kantor Imigrasi. Sebelum itu kamu bisa mendapatkan nomor antrean paspor online di website Imigrasi.

Baca Simak Yuk Syarat, Biaya dan Cara Pembuatan Paspor Baru Tahun 2018

Selain mendapatkan nomor antrean paspor online di website Imigrasi, sebetulnya kamu juga bisa mendapatkan nomor antrean melalui aplikasi antrian paspor online melalui smartphone Android atau melalui Whatsapp System Gateway.

Jangan salah, anak-anak yang baru lahir pun wajib memiliki paspor jika hendak berangkat ke luar negeri. Beberapa kantor Imigrasi sudah punya layanan Emergency yang melayani bayi 0-40 hari untuk mendapatkan pelayanan paspor dalam keadaan darurat misalnya harus berobat ke luar negeri.

Persyaratan paspor untuk anak pun tidak terlalu sulit. Pengurusan paspor anak bisa dilakukan sendiri. Begitu juga bagi anak yang orang tuanya sudah bercerai atau ibu single parent yang membesarkan anaknya tanpa ayah, memiliki hak yang sama untuk mendapatkan paspor.

Perlu diketahui juga bahwa saat ini kamu bisa memilih paspor 24 halaman atau paspor 48 halaman. Bedanya hanya di jumlah lembar halamannya saja, sementara fungsi dan kedudukannya di mata hukum sama. Jadi, anggapan bahwa paspor 24 halaman hanya untuk TKI sudah tidak relevan lagi.

Indonesia mengeluarkan beberapa jenis paspor. Nah, buat yang mau berwisata ke luar negeri bisa menggunakan Paspor Biasa yang kini berwarna hijau toska. Dulu berwarna hijau tua.

Sedangkan untuk keperluan dinas bisa menggunakan paspor berwarna biru yang digunakan untuk tujuan misi diplomatik termasuk ketika ada ASN yang hendak bertugas ke luar negeri. Paspor dinas ini dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri dengan rekomendasi dari Sekretariat Negara.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan nomor antrean paspor online di Website Imigrasi?

1. Langkah pertama, kamu bisa mengakses situs Imigrasi dengan alamat www.antrian.imigrasi.go.id

2. Setelah itu lakukan pendaftaran. Ingat nama akun dan passwordnya saat melakukan pendaftaran. Jangan lupa menyiapkan NIK e-KTP untuk melakukan pendaftaran.

3. Setelah melakukan pendaftaran, jangan lupa untuk verifikasi dengan menunggu surat elektronik yang masuk ke email yang sudah didaftarkan.

4. Setelah itu barulah kamu bisa mengajukan permohonan nomor antrean di kantor Imigrasi yang dikehendaki.

paspor online di website imigrasi
Istimewa

5. Setelah memilih kantor Imigrasi yang dituju, pilih tanggal, sesi pagi/malam dan jumlah pemohon. Jumlah pemohon ditentukan berdasarkan kuota yang ada. Umumnya antara 2 sampai dengan 5 jumlah pemohon. Boleh juga mengajukan permohonan untuk orang lain meskipun bukan satu keluarga dalam satu Kartu Keluarga.

paspor online di website imigrasi
Istimewa

6. Setelah itu isi data pemohon berupa identitas seperti Nama Lengkap dan NIK.

paspor online di website imigrasi
Istimewa

7. Setelah selesai kamu akan mendapatkan jadwal wawancara sesuai dengan jadwal yang sudah dipilih.

8. Pastikan untuk datang 60 menit sebelum jadwal yang sudah ditetapkan. Jika berhalangan kamu bisa membatalkannya agar bisa memberikan kuota antrean pada orang lain yang membutuhkan.

Itulah cara mendapatkan nomor antrean paspor online di website Imigrasi. Cara ini bisa digunakan jika kesulitan mendapatkan nomor antrean melalui aplikasi online maupun tidak bisa menggunakan Whatsapp.

Namun demikian, ketiga cara tersebut memiliki database yang sama sehingga jika sudah terdaftar melalui website Imigrasi tidak bisa melakukan pendaftaran lagi melalui jalur lain. Sistem akan membacanya berdasarkan data dan juga NIK.

Jadi, jika kamu ingin mengubah atau pindah ke kantor Imigrasi yang lebih dekat, kamu harus membatalkan terlebih dahulu pendaftaran yang sudah dilakukan baru bisa mengajukan permohonan ulang secara online.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *