close

Cara Membuat Visa Taiwan Secara Online

visa-paspor-taiwan
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Buat sebagian besar orang Indonesia, mungkin akan lebih mengenal negara Taiwan sebagai salah satu destinasi untuk TKI dan TKW. Nah, padahal negara yang satu ini juga merupakan salah satu destinasi liburan yang asyik lho!

Sayangnya untuk masuk ke Negara Taiwan warga negara Indonesia harus menggunakan visa. Pun begitu membuat visa Taiwan bagi orang indonesia termasuk mudah, dan tidak repot. Apalagi buat orang Indonesia yang masih memegang Visa Canada, UK (Inggris), Australia, US (Amerika Serikat), New Zealand, Schengen Eropa, dan Jepang bisa mengajukan Visa Taiwan secara online. Namun visa – visa tadi harus masih aktif ya teman – teman traveler.

Baca Lelah Antre Bikin Paspor? Unduh Aplikasi Antrian Paspor Online Sekarang!

cara membuat visa taiwan

Selain mengajukan Visa Taiwan secara online itu cukup mudah, Visa Taiwan yang diajukan secara online bisa berlaku untuk satu bulan masa tinggal dan bisa dipakai masuk berkali – kali dalam satu bulan. Memang jenis visanya adalah multiple entry visa. Untuk membuat visa Taiwan secara online buat orang Indonesia tinggal menuju alamat ini : https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/

Proses pembuatan visa taiwan secara online cukup cepat dan mudah. Setelah membuka URL, pilih Indonesia selanjutnya akan diperlihatkan proses flowchart apply visa online. Setelah itu akan muncul peraturan lengkap mengenai syarat pengejuan visa online Taiwan secara lengkap sebagai berikut :

Baca Benarkah Paspor 24 Halaman Tidak Bisa Digunakan untuk Traveling ke Luar Negeri?

cara membuat visa taiwan

Pemeriksaan online kunjungan ke Taiwan, bagi 5 negara Asia

Penduduk 5 (lima) negara : Indonesia, India, Thailand, Vietnam dan Filipina, yang ingin melakukan kunjungan ke Taiwan, dapat mengajukan permohonan Sertifikat Otorisasi Masuk Taiwan (Authorization Certificate for Visit Taiwan) melalui Aplikasi Online, dengan memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut :

I. Syarat utama : (sesuai ketentuan berikut ini)

  • Paspor, dengan masa berlaku lebih dari 6 (enam) bulan. Terhitung saat memasuki Taiwan, bukan saat melakukan permohonan Aplikasi Online.
  • Tiket pulang, atau memiliki tiket perjalanan keluar Taiwan, tiket pesawat / kapal laut.
  • Tidak pernah menjadi Tenaga Kerja Asing buruh kasar (TKI) di Taiwan.

II. Syarat khusus : (memiliki salah satu dari ketentuan berikut ini)

Memiliki salah satu Dokumen Perjalanan yang masih berlaku dari negara-negara Amerika, Kanada, Inggris, Jepang, Australia, Selandia Baru & Perjanjian Eropa Schengen, berupa :

(1) Izin Tinggal Tetap (Permanent Resident Card) atau
(2) Visa/Izin Kunjungan yang masih berlaku (termasuk, Visa Elektronik/e-Visa, Visa single entry yang sudah digunakan, dengan kondisi dijelaskan di sub III, ketentuan yang harus diperhatikan, no.6)
(salah satu dari 2 (dua) dokumen tersebut, wajib di tunjukkan saat pemeriksaan imigrasi memasuki Taiwan, bagi yang tidak dapat menunjukkan dokumen tersebut, tidak dapat memasuki Taiwan)

III. Ketentuan-ketentuan yang harus di perhatikan :

  1. Masa berlaku Sertifikat Izin Masuk Taiwan (Authorization Certificate for Visit) adalah 30 (tiga puluh) hari, dan 7 (tujuh) hari sebelum masa berlaku berakhir dapat mengajukan yang baru; dalam masa berlakunya dapat melakukan beberapa kali perjalanan (Multiple).
  2. Jika ada pengisian data yang salah, silahkan langsung mengajukan permohonan yang baru.
  3. Hanya berlaku untuk Paspor resmi, tidak berlaku untuk Paspor sementara/SPLP, Paspor darurat, Paspor tidak resmi atau dokumen perjalanan lainnya.
  4. Hanya berlaku untuk Visa resmi, tidak berlaku untuk Visa izin kerja (working permit) atau dokumen lain yang serupa.
  5. Bagi yang memiliki Izin Tinggal Tetap (Permanent Resident) tanpa ada catatan masa berlaku, saat pengisian data masa berlaku, silahkan isi : tahun [9999] bulan [12] hari [31].
  6. Bagi yang memiliki Izin Kunjungan sekali perjalanan (Visa Single Entry) yang sudah digunakan, dari negara-negara sesuai ketentuan di atas, tetap dapat singgah ke Taiwan, dengan kondisi sbb : setelah masuk ke negara tujuan dari Visa yang dimiliki, ketika keluar dari negara tersebut tidak langsung kembali ke Indonesia, tetapi singgah ke Taiwan. Selain dari itu, ketika memasuki Taiwan, Visa negara tersebut masih dalam masa berlakunya.
  7. Disarankan menggunakan mesin cetak/printer laser, untuk mencetak CERTIFICATE AUTHORIZATION.

Baca dengan seksama peraturan dan syarat untuk membuat visa Taiwan secara Online, lalu klik next dan isi data diri dengan lengkap seperti data paspor, nomor visa yang masih berlaku dan biodata diri. Setelah itu visa langsung jadi dan tanpa dipungut biaya apapun alias GRATIS.

Baca 5 Tips Agar Pengajuan Visa Kamu Diterima

cara membuat visa taiwan

Sementara untuk yang tidak bisa memenuhi syarat pembuatan visa Taiwan secara online, teman – teman traveler bisa mengajukan visa di Jakarta secara offline. Visa akan jadi dalam waktu kurang lebih dalam 5 hari kerja. Sementara dokumen yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut :

  • Paspor asli (lama & baru, masa berlaku diatas 6 bulan)
  • Foto berwarna ukuran 4×6, dengan latar belakang putih (2 lembar)
  • Surat sponsor / keterangan kerja dari kantor
  • Fotocopy Akte Lahir
  • Fotocopy Surat Ganti Nama (jika ada)
  • Fotocopy bukti keuangan (3 bulan terkahir)
  • Fotocopy SIUP (jika pemilik)
  • Fotocopy Kartu Keluarga

Kalau semua sudah lengkap, bisa dilanjutkan dengan mengisi formulir aplikasi secara online: https://visawebapp.boca.gov.tw, pilih yang General Visa Applications.

Baca Syarat WHV Australia Terbaru 2017

Yang unik, karena Indonesia menganut sistem One China Policy yang artinya hanya mengakui satu negara China, yaitu China daratan, jadi Indonesia dan China Taiwan tidak memiliki hubungan diplomatik sama sekali. Keduanya baik Taiwan atau Indonesia tidak memiliki kedutaan besar atau konsulat di masing-masing negara. Jadi pengajuan visa yang diurus sendiri, dapat datang ke Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang alamatnya di :

Gedung Artha Graha, Lantai 17
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
Jakarta Selatan
Tel: (021) 515 1111

Catatan :

  1. Jadwal Pengurusan visa hari Senin s.d. Jumat.
  2. Jadwal Pengajuan aplikasi: 08.30 – 11.30.
  3. Jadwal Pengambilan visa: 13.30 – 16.00.
  4. Biaya Sementara biaya untuk visa single entry Rp.650.000 dan multiple entry Rp.1.300.000.

* Satu keluarga cukup 1 rekening dan KK di kepala keluarga.

Note : Ada banyak penerbangan ke Taiwan dari Jakarta, bisa dipilih mulai yang paling ekonomis hingga yang paling nyaman menurut teman – teman traveler.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : onlinetaiwanVisa
Reservasi.com

The author Reservasi.com

59 Comments

  1. langsung saja terbang dgn memperlihatkan visa aussie/residence permit aussie ke immigration official di taiwan. tdk perlu buat visa taiwan terlebih dahulu krn sdh memiliki visa aussie. utk lebih amannya terbang dr aussie. hrs menunjukkan tiket pulang ke aussie atau negara ketiga sth kunjungan ke taiwan

    1. WNI yang memiliki visa japan bisa apply taiwan travel authorization certificate secara online www[dot]boca[dot]gov[dot]tw
      Authorization certificate perlu di print dan di tunjukkan ke staff imigrasi taiwan beserta visa japan yg digunakan saat mengisi aplikasi online.
      Certificate ini multiple entry valid selama 3 bulan, sekali entry bisa tinggal di taiwan max 30 hari (bisa puas jalan-jalan nya hehehe)
      Flight dr tokyo ke taipei juga banyak pilihannya, lama penerbangan sekitar 3 jam. Maret lalu aku pake JAL sekitar $400, kalo eva air ada yg dibawah itu harganya.
      Happy holiday

      1. saya udah ngajuin dan udah dapat apply nya, ,rencana liburan cuma 3hr bos, di japan afa tanggungan kerjaan juga.

    1. Visa kunjungan wisata bisa menggunakan visa kolektif namun minimal 5 orang dan maksimal 25 orang. Info lebih lengkap silakan menghubungi pejabat berwenang. Terima kasih

  2. Ga perlu apply visa taiwan, cukup apply travel authorization certificate secara online. Setelah di approved tinggal print deh. Nanti di imigrasi taiwan, authorization certificate + visa australia nya mesti di ditunjukin ke staff imigrasi nya ya.

    1. Mau nnya sedikit hehe. hasil print e-visa akan sebaik visa biasa yg dikeluarkan embassy ga ya? jadi e-visa nya itu lepas dari passport (ga ditempel kayak yg dikeluarkan embassy?

  3. Sorry nimbrung di old thread, cuma mau share aja saya sempat 3 kali visit taiwan dengan menggunakan visa usa multiple entry/green card. Cukup apply authorization certificate secara online di boca.gov.tw
    Bahasan mengenai taiwan authorization certificate memang belum banyak, tp di blog ini sdh cukup rinci kok menjelaskannya. Pernah jg ke taiwan pakai visa jepang yg single entry dan lancar jaya urusan di imigrasi Taoyuan airport, asalkan kita bs nunjukin visa yg digunakan saat apply online + e-ticket ke negara tujuan selanjutnya (ini pake jaga2 aja, selama ini belum pernah ditanyain tuh sama petugas nya)
    Semoga info ini bs membantu ya

  4. kak mau nanya, atasan saya mau ke taiwan lalu apa bener bisa saya pakai
    visa jepang yan g waiver dengan sertifikat ROC itu? saya ke taiwan dari
    singapore menggunakan scoot apa bisa hanya itu aja pas diimigran?

    soalnya saya telfon ke dutaan taiwan yang di jakarta hanya itu aja namun
    dia bilang untuk konfirmasi ke maskapai apa bisa hanya menggunakan
    itu,sedangkan saya telfon ke maskapai tiger air itu kalau maskapai tidak
    ada dokumen2 seperti itu hanya perlu tiket aja jadi kaya lembar
    lembaran ka

    ini saya kan ngurusin punya atasan saya , jd tanggung jawab saya besar sekali

    mohon bantuan ya kak

    kak tolong bantuannya ya

    1. Ini sudah dijawab oleh Anggie oka
      “WNI yang memiliki visa japan bisa apply taiwan travel authorization certificate secara online www[dot]boca[dot]gov[dot]tw
      Authorization certificate perlu di print dan di tunjukkan ke staff imigrasi taiwan beserta visa japan yg digunakan saat mengisi aplikasi online.
      Certificate ini multiple entry valid selama 3 bulan, sekali entry bisa tinggal di taiwan max 30 hari (bisa puas jalan-jalan nya hehehe)
      Flight dr tokyo ke taipei juga banyak pilihannya, lama penerbangan sekitar 3 jam. Maret lalu aku pake JAL sekitar $400, kalo eva air ada yg dibawah itu harganya.
      Happy holiday”

      1. Hai, numpang nanya yah.
        Saya ada visa korea namun yang single entry. Apakah bisa dipakai untuk apply taiwan travel authorization certificate? Apakah berlaku yaa di imigrasi Taiwan? terima kasih yaaa

        1. Bisa kak, menurut info yang kami baca di http://www.boca.gov.tw ada bbrp syarat yang harus dipenuhi
          1. paspor masih berlaku minimal 6 bulan saat masuk ke Taiwan.
          2. Mempunyai tiket pulang dari Taiwan.
          3. Tidak pernah menjadi tenaga pekerja di Taiwan.

          Semoga membantu ya kak. terima kasih

          1. hi Admin, sehubungan dengan pertanyaan ini, kalau visa korea saya sudah tidak berlaku (issued bulan November 2011), apakah terhitung memenuhi syarat untuk apply TAC? Mohon infonya. Terima kasih.

  5. kak…kami sekeluarga ber-10 sdh ada visa Jepang yg single entry (apply nya bulan 25 Mei 2016 jto bln akhir Agust 2016) dan karena sesuatu hal, kami wkt mei yg lalu tdk jadi berangkat ke jepang. Nah mengingat 10bln yg lalu, kami jg ada beli tiket murah pp ke Taiwan, skrg kami bersiap2 mau apply visa ke Taiwan. Bisakah kami berangkat dengan memohon visa exemption entry krn visa jepang kami belum terpakai sama sekali? dan kami mempunyai booking hotel+bus jg di taiwan. Apakah di imigrasi taiwan ntar nya mempersulit? sbg tambahan kami tdk mempunyai tiket berangkat jepang nya lg. mohon pencerahan. terima kasih

    1. Jika berangkat dari Jepang hanya perlu mengurus taiwan travel authorization certificate secara online www[dot]boca[dot]gov[dot]tw. Namun jika berangkat dari Indonesia sebaiknya melakukan pengurusan visa Taiwan kembali. Semoga menjawab. #cmiiw

  6. Saya pelajar dari Indonesia, mau berlibur ke Taiwan. Bagaimana cara apply nya ya? Berhubung saya belum bekerja, tidak memiliki laporan keuangan, dan surat sponsor dr perusahaan. Thanks

  7. Bagaimana cara apply visa dengan kondisi :
    1. Saya pelajar, blm memiliki laporan keuangan, belum bekerja
    2. Saya ada visa Schengen Januari 2016 dan berakhir pd Februari 2016. Saya berencana ke Taiwan pada bulan September 2016.

  8. Bagaimana cara apply visa dengan kondisi :
    1. Saya pelajar, blm memiliki laporan keuangan, belum bekerja
    2. Saya ada visa Schengen Januari 2016 dan berakhir pd Februari 2016. Saya berencana ke Taiwan pada bulan September 2016. Apakah dengan adanya visa Schengen tsb, saya tidak perlu mensertakan laporan keuangan dan surat sponsor lagi?

    Terima kasih, mohon bantuannya

    1. Hi Pini, jika kamu belum bekerja kamu bisa melampirkan rekening koran orang tua yang menanggung kamu. Sebaiknya visanya diurus kembali ya. Semoga membantu. Terima kasih.

  9. kak mohon infonya dong kalau depart dari singapore dengan visa extempt (kebetulan megang visa multiple entry japan dan australia) apa ada masalah atau lancar2 aja? . jakarta singaporenya nginap dlu di singapore 2 malam baru lanjut taiwan . mohon share

  10. HAI… pengen nanya klo mau ngurus visa taiwan,, laporan keuangan seperti apa yang diperlukan.. ?? dan kira-kira ditentuan tidak nilai nominal yg tertera di rekening korannya..??

  11. Hallo kak saya masih bingung, ini pembuatan visa scr online? Terus hasilnya nanti gimana? Visa itu bener2 biza dipake ya?
    kalo saya ingin ke taiwan bulan januari ini sy langsung bisa ngurus visa? Sblmnya sy udah pernah ke taiwan 1thn lalu, ini mau kesana untuk liburan. Saya bisa ngurus visanya pake elektronik ini apa ngurus visa sendiri? Tolong ya kak

  12. Mau tanya…visa ewaiver Japan bisa ga digunakan untuk mengajukan visa Taiwan secara online?Karena saya browsing katanya ada banyak yg ditolak pas masuk taiwan padahal visa online sudah disapproved..katanya sih petugas imigrasi Taiwan tidak menganggap visa ewaiver Japan itu sebagai visa yg resmi..jd tidak bisa digunakan untuk visa online Taiwan… mohon bantu annya ya,trimakasih

    1. Update terbaru hanya negara ini yang bisa menggunakan TAC

      Online Application for R.O.C. (Taiwan) Travel Authorization Certificate (Applicable to citizens of India, Vietnam, the Philippines, Indonesia, Myanmar, Cambodia and Lao)

  13. Saya pingin ke Taiwan tp saya pernah krja buruh pabrik disana apakah bisa ya untuk catatan saya juga punya schangen yg masih berlaku,,,

    1. Klo pengurusan secara online tidak bisa kak, karena ada aturannya blm pernah menjadi pekerja di Taiwan. Terima kasih

  14. malam, numpang tanya dong… visa online ini, kalau waktu kemarin saya ke japan trus langsung balik indonesia dulu, berarti udah nggak valid yah? visa japan saya hanya single entry dan sudah saya pakai awal maret kemarin. apabila saya menggunakan Travel Authorization Certificate apakah masi bisa? terima kasih..

    1. Untuk kasus seperti itu kami kurang yakin kak, tapi kakak bisa membaca penjelasan ringkasnya di sini ya kak niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/languageAction!confirm semoga membantu. trims

  15. Siang, mau numpang tanya dong, kalau misalnya mau apply visa taiwan, dan sudah punya visa amerika tp visa amerikanya sudah mati apakah masih bisa apply visa taiwan secara online?

  16. Hallo….

    saya baru saja baca blog ini dan kebetulan saya sudah apply visa taiwan secara online, dan di approve.. yang ingin saya tanyakan adalah cukup print approval itu dan berangkat ya?? sampe sana tujukkin visa US yg masih berlaku..?? apakah segampang ini..??
    tolong info nya ya… thx

    1. Betul kak, print approval juga ditunjukkan ya kak. Jangan lupa saran ini “Disarankan menggunakan mesin cetak/printer laser, untuk mencetak CERTIFICATE AUTHORIZATION”

      Kak Lia bisa lihat flowchart yang sudah kami tampilkan di artikel. Selamat berlibur ya kak. Semoga membantu.

    1. Betul kak Sheffie ini khusus yang sudah memiliki syarat yang sudah disebutkan seperti dalam artikel.

  17. mau tanya, di sana di katakan bisa mengajukan visa taiwan secara elektronik kalau mempunyai visa england. saya ada tapi sudah expired 5tahun yg lalu. kalau kita baca di web kita boleh pakai tapi max expired 10 tahun apakah betul? dan itu visa ada di pasport lama saya. saya sudah coba mengajukan dan mendapatkan visa secara ellectronik apakah bisa di gunakan ? saya rencana masuk dari shanghai china. terima kasih

  18. mohon maaf mau tanya saya sudah punya visa weiver jepang tapi kenapa mengajukan visa kunjungan taiwan online selalu di tolak, padahal saya tidak pernah ada masalah dengan negara taiwan bahkan saya tidak pernah berkunjung ke luar negeri

    1. Mungkin bisa dipelajari sisi penolakannya disebabkan oleh apa. Apakah dari berkas atau dari faktor lainnya. Semoga membantu.

      1. Permisi tanya,saya punya visa taiwan dan masuk taiwan 2012, visa sudah digunakan, sekarang saya mau apply visa online apakah bisa digunakan visa online saya, karena saya hanya mempunyai 1 visa keluar negeri yaitu taiwan saja? lalu visa online yang di print apakah harus menunggu proved dari embasy taiwan atau lsg print saja tidak perlu menunggu aprroved dari embasy taiwan.?

        1. Hallo Budiyanto

          Jika kamu (WNI) bukan pemegang visa Visa Canada, UK (Inggris), Australia, US (Amerika Serikat), New Zealand, Schengen Eropa, dan Jepang tidak bisa mengajukan Visa Taiwan secara online. Sebaiknya di urus secara manual ya.

          Semoga membantu

  19. mohon maaf mau tanya saya sudah punya visa weiver jepang tapi kenapa mengajukan visa kunjungan taiwan online selalu di tolak, padahal saya tidak pernah ada masalah dengan negara taiwan bahkan saya tidak pernah berkunjung ke luar negeri.

    1. Hallo Abdur

      Sebaiknya kamu diskusi dengan TETO yah untuk mengetahui alasan penolakannya. Trims

  20. Hai, numpang tny..sy mau buat visa taiwan scr offline..dan sy sdh mengisi formulir aplikasi secara online: https://visawebapp.boca.gov.tw, tgl 8 Juni yg lalu..apakah ada date line utk menyerahkan berkas2nya ke TETO? Berhubung akhir Juni paspor akan digunakan ke Malaysia, apakah boleh penyerahan berkasnya di bulan Juli?trima kasih

    1. Hi Chris

      Biasanya jika sudah submit secara online ada jadwal yang sudah ditentukan. Jadi, wajib datang pada tanggal yang sudah ditentukan yah.

      Terima kasih

  21. Hi Admin, terima kasih sudah berbagi tips mengurus visa Taiwan. Saya mau nanya. Seminggu yang lalu, sya apply online visa Taiwan menggunakan visa Jepang single entrh yang masa berlakunya November 2014-Januari 2015. Aplikasi saya sudah di-approved dan tinggal print. Pertanyaan saya, apakah ini benar2 sudah bisa digunakan sebagai visa? Dan apakah saya bisa berangkat tidak harus dari Jepang? Mengingat ada info kalo menggunakan visa single entry harus berangkat dari negara visa tekait? Mohon infonya Min. Saya rencananya berangkat dari Jakarta pertengahan Juli. Takutnya pas di Taiwan ditolak. Hiks.

    1. Hi Arnaldi

      Untuk visa online betul tinggal print saja. Namun disarankan menggunakan print laser.

      Untuk pertanyaan yang tidak bisa kami jawab boleh mengajukan langsung ke pihak TETO yah
      Taipei Economic and Trade Office (TETO):
      Gedung Artha Graha, Lantai 17
      Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53
      Jakarta Selatan
      Tel: (021) 515 1111

      Terima kasih

  22. Mohon bantuanya, Saya ingin mengajukan Visa Taiwan Online karena ada visa jepang, tetapi ada kendala di nama saya yang hanya “Single Name” sehingga tidak bias di submit. Apakah ada solusinya? Terima kasih

    1. Hallo Herman

      Untuk pengisian nama di isi saja SURENAME dan GIVENNAME dengan nama yang sama. Misalnnya Herman, Herman. Namun untuk lebih memastikan kamu bisa diskusi langsung dengan bagian TETO yah.

      Semoga membantu. Trims

  23. hi… saya mau tanya… saya dengar dan baca kalau kita pernah mendapatkan visa taiwan dan masih aktif dlm 10 tahun bisa menggunakan TAC…
    nah saya hendak ke taiwan bln sept… dan saya pernah mendapatkan visa taiwan tahun lalu… (e-visa, nempel di pasport saya)
    berarti saya tinggal mengisi TAC saja ya??? lalu kalau TAC nya sudah diapproved, berarti saya tidak usah ke TETO lagi apa masih perlu ke teto???
    lalu dari dapat TAC, berarti saya berangkat, nanti di imigrasi sana tinggal tunjukin TAC sama visa taiwan saya yg tahun lalu??
    apakah demikian??

    thank you very much

    1. Hi Lala

      Bisa dicoba konsultasikan dahulu via TETO. Karena untuk artikel yang kami tulis khusus WNI pemegang Visa Canada, UK (Inggris), Australia, US (Amerika Serikat), New Zealand, Schengen Eropa, dan Jepang bisa mengajukan Visa Taiwan secara online.

    1. Kalau mw liburan ke taiwan dri hongkong(tkw) gimana ya?
      Tapi saya pemegang pasport & visa krja(hongkong),

Leave a Response