close

Cara Mudah dan Praktis Membuat Visa Schengen Eropa Sendiri

visa-schengen

Travel Blog Reservasi โ€“ Jika teman – teman traveler berencana mengunjungi negara – negara di Eropa, pasti kan kalian memerlukan yang namanya Visa Schengen. Pun sebagian besar orang suka takut ketika mencari visa, dan lebih suka membuat visa Schengen lewat travel agent. Sejatinya cara membuat Visa Schengen Eropa sendiri itu cukup mudah kok.

O iya, buat yang belum tahu yang namanya visa schengen ini adalah sebuah visa untuk banyak negara di Eropa. Misalnya teman teman traveler mau bepergian ke negara Islandia, Hungaria, Latvia, Luxembourg, Malta, Polandia, Portugal, Norwegia dan Swedia, Prancis, Italia, Belanda, Jerman, Austria, Spanyol, Swiss, Lichtenstein, Belgia, Yunani, Finlandia, Estonia, Slovenia, Slovakia, Republik Ceko, dan Denmark teman – teman hanya akan memerlukan satu visa, yaitu visa schengen saja.

Dengan menggunakan Visa Schengen kamu bisa tinggal di negara-negara tersebut selama 90 hari dalam periode 6 bulan untuk tujuan wisata dan bisnis.

Duh asiknya ya! Traveling ke negara – negara di Eropa, hanya perlu satu visa Schengen sudah bisa melenggang ke banyak negara.

cara membuat visa schengen eropa

Mengenai tempat membuat visa schengen seharusnya di kedutaan mana, sebenarnya semua kedutaan negara yang masuk schengen bisa digunakan sebagai tempat pembuatan visa. Namun cara mudah membuat visa schengen Eropa sendiri biasanya dilakukan di Kedutaan Besar Belanda. Entah kenapa begitu, tetapi banyak yang dengan mudah mendapatkan visa schengen disana. Pun sebenarnya urusan visa itu hanya tuhan dan petugas imigrasi yang tahu ๐Ÿ˜€

Idealnya permohonan masa tinggal untuk visa schengen Eropa untuk kunjungan singkat adalah maksimal 3 bulan, tetapi boleh saja jika minta di bawah itu. Terus usahakan untuk mengajukan visa schengen ini minimal 2 minggu sebelum keberangkatan, dan hasil keputusan visa disetujui atau ditolak dalam dua hari kerja setelah dokumen – dokumen yang diperlukan diberikan ke kedutaan.

Untuk Dokumen – dokumen yang diperlukan sebagai syarat untuk membuat visa schengen sendiri di Kedutaan Besar Belanda adalah sebagai berikut:

  1. Passport. Siapkan yang masih berlaku dengan minimal masa berlaku 6 bulan (asli dan fotokopi semua yang ada stempelnya). Jika ada passport lama, lampirkan juga (asli dan fotokopi).
  2. Foto Untuk Visa. Dua pas foto berwarna ukuran 3,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang putih. Di kedutaan biasanya juga ada fasilitas pembuatan pass foto, tetapi demi kelancaran proses pembuatan visa shengen, harap disiapkan terlebih dahulu. Lebih detail mengenai contoh foto untuk visa schengen bisa dilihat disini (klik di sini).
  3. Biaya Visa Dalam Cash. Biaya pembuatan visa schengen adalah 60 euro per/orang untuk usia 12 tahun ke atas dan 35 euro per orang untuk usia 6-12 tahun. Biaya visa schengen harus dibayar dalam cash, dalam mata uang rupiah sesuai dengan kurs yang berlaku saat pembayaran. Asiknya untuk anak di bawah 6 tahun tidak perlu membayar biaya visa.
  4. Formulir Permohonan Visa Schengen yang bisa didapatkan dengan download dari website Kedutaan Belanda ini.
  5. Asuransi perjalanan. Ada banyak asuransi di Indonesia yang umum digunakan sebagai syarat untuk mendapatkan visa schengen ini. Bahkan ada asuransi yang bisa daftar sceara online dan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau langsung transfer. Setelah dibayar, polis asuransi pun bisa langsung di print. Selain untuk syarat pembuatan visa schengen, polis asuransi kadang harus selalu dibawa selama di Eropa.
  6. Bukti Keuangan. Berdasarkan informasi dari website kedutaan Belanda, tertulis kalau pemohon visa schengen minimal harus memiliki dana di tabungan sebesar 34 Euro dikalikan masa tinggal selama di eropa. Untuk lebih amannya, saldo mungkin bisa dilebihkan. Bukti keuangan ini bisa berupa rekening koran 3 bulan terakhir.
  7. Bukti Reservasiย Tiket Pesawat. Bukti booking pesawat bisa meminta bantuan untuk dipesankan di travel agen atau pesan saja dahulu, tetapi jangan dibayar. Baru setelah visa schengen disetujui, beli tiket pesawat ke Eropa yang sesungguhnya.
  8. Bukti Pemesanan Penginapan. Untuk bukti pemesanan penginapan, biasanya pesan online seperti di Booking.com atau Agoda dimana pesanan bisa dibatalkan hingga 2 hari menjelang kedatangan, tanpa ditarik biaya apapun. Kalau misalnya visa schengen Eropa tidak disetujui, pesanan bisa dibatalkan tanpa rugi apapun.
  9. Surat Keterangan Kerja. Surat keterangan kerja ini biasanya berisi menyatakan kalau teman – teman benar bekerja tetap dan tidak akan menjadi imigran gelap di Eropa. Bilang saja ke bagian HRD, mereka sudah sering membuatkan surat seperti ini kok. Sedangkan untuk pengusaha lampirkan fotokopi SIUP saja.
  10. Rencana Perjalanan Selama Di Eropa. Rencana perjalanan ini diusahakan detail, atau minimal teman – teman traveler menuliskan mau pergi ke negara mana saja, kota apa, kapan landing di Eropa. Kalau mau lebih rajin lagi tulis jamnya sekalian ๐Ÿ˜€

Setelah semua dokumen dipersiapkan dan sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah membuat janji online untuk proses pembuatan visa schengen selanjutnya. Appointment online untuk visa schengen bisa dilakukan disini ( https://jakarta.embassytools.com/en/index ). Pilih slot kosong untuk konfirmasi janji, slot kosong adalah yang berwarna biru. Dari proses ini teman – teman traveler akan mendapatkan nomor antrian melalui email.

cara membuat visa schengen eropa

Datang sesuai tanggal yang sudah direncanakan dalam appointment online tadi, dengan membawa bukti nomor antrian yang di print, juga semua dokumen yang diperlukan. Dengan alasan keamanan selama menunggu antrian teman – teman akan tidak diperbolehkan menggunakan smartphone sama sekali. Kalau membawa tas juga harus disimpan di loker yang sudah disediakan.

Begitu nomor antrian dipanggil, silahkan menuju loket, disitu akan ditanya secara random, jawab saja dengan jujur dan apa adanya. Kalau sudah selesai, akan diberikan bukti nomor antrian lagi untuk mengambil visa.

Setelah ini teman – teman traveler harus banyak berdoa. Karena disetujui atau tidaknya visa schengen Eropa baru diketahui ketika diambil. Namun selama semua syarat lengkap, sepertinya visa schengen eropa pasti disetujui. Nah, bagaimana? Tulisan “Cara Membuat Visa Schengen Eropa Sendiri” ini bermanfaat bukan? Habis ini bisa buat visa schengen sendiri deh ๐Ÿ˜€

Dokumen Visa Schengen Untuk Anak-Anak di Bawah Umur

  • Akta lahir asli sertakan dengan foto copynya.
  • Buku nikah asli sertakan dengan foto copy-nya. Perlu diingat fotocopy buku nikah harus lengkap dari halaman awal hingga halaman terakhir terutama terdapat tanda-tangan pejabat yang berwenang. Jangan foto copy hanya halaman depannya saja.
  • Surat izin dari orang tua yang tidak ikut travelling, disahkan dengan cap basah dari catatan sipil atau notaris.
  • Jika salah satu atau kedua orang tua sudah meninggal dunia makan harus disertakan juga surat keterangan kematian atau akta kematian. Sertakan surat asli untuk ditunjukan dan menyerahkan foto copy-nya saja.
  • Jika hak perwalian ada pada salah satu orang tua (cerai) makan surat keputusan hak perwalian dari pengadilan asli harus ditunjukkan dan menyertakan foto copy-nya.

Semua dokumen ini harus disimpan dengan rapi dan sewaktu-waktu bisa diminta saat masuk wilayah Schengen. Jadi pastikan disimpan di tempat yang aman dan tetap mudah untuk diambil. Hindari disimpan di bagasi pesawat. Pastikan keamanannya terutama jika sudah tinggal di hotel.

PS : Dari Indonesia penerbangan murah ke Eropa bisa dipesan dengan beberapa maskapai. Biasanya keberangkatan yang umum menuju Eropa adalah penerbangan dari Jakarta – Paris, atau Jakarta – Amsterdam.

 


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : EropaschengenVisa

51 Comments

  1. hi ka, mau tanya, apa semua dokumen harus ditranslate ke bahasa inggris? kenapa kalau pembuatan visa dibantu o/travel agent, tdk pernah diminta docs yg suda ditranslate? thank you

    1. Tergantung apply visanya lewat kedutaan negara mana. Memang ada beberapa negara yang minta dokumen-dokumen diterjemahkan. Ada juga yang tidak.

    1. Bisa saja. Asal dilengkapi juga dokumen yg menyatakan hubungan keluarga (KK misalnya) dan dokumen pendukung lain bahwa ibu Anda akan kembali ke Indonesia.

  2. Maaf mau tanya nih …. Sodara saya , Mahasiswa usia 21 tahun ( jadi belum bekerja)
    . rencana akan ke belanda karena adiknya sekolah di belanda. Jadi :
    1. Untuk rekening 3 bulan terakhir, apakah bisa dengan rekening Orang Tua, mengingat ybs belum bekerja,
    2. pada saat interview perlu membawa foto pasport orang tua.atau foto KTP ortu
    3. apakah ada data yang harus ditranslate
    4. Apakah Itenerary masih diperlukan, karena tujuan ke belanda untuk memjumpai adiknya.

    terimakasih

  3. Maaf mau tanya dong,saya sudah dapat visa shcengen dari kedutaan portugal,tapi rencana sy mau ke german dan sy sudah beli tiket pp jakarta – german -jakarta. Dari pengalama Suhu,kira di imigrasi German ada masalah ga ya. Terima kasih untuk info nya

    1. Semestinya gak masalah. Tapi yang penting di itinerarynya ada stop ke Portugal & stay-nya paling lama di sana.

  4. Di persyaratan poin ke 6 untuk bukti keusngan di rekening kita sejumlah 34 euro di kali masa tinggal di eropa. Misal untuk 10 hari berarti minimal ada 340 euro kalo di rupiahkan hanya sekitar 6 jutaan. Kenapa klo ikut bikin visa di travel persyaratan keuangnan minimal di rekening kita harus srbanyak 50 juta ya

  5. selamat siang, saya rencana pergi ke eropa dari 9 januari 2017 – 6 april 2017. saya ada beberapa pertanyaan:
    1. untuk biaya pembuatan paspor untuk masa tinggal hampir 3 bulan apakah harganya tetap 60euro?
    2. saya datang untuk pernikahan teman di Munich, jika saya mendapatkan undangan dari teman tersebut, apakah perlu dilampirkan juga bersama bukti booking hotel? (saya akan tinggal di apartemen mereka selama di Munich)
    3. untuk laporan keuangan, kalau diperlukan 34 euro x masa tinggal, berarti saya perlu minimal 34 x 86 = 2924 euro = 46.780.000?
    4. kalau saya memiliki invitation dari teman di eropa, apakah masih perlu melampirkan bukti booking hotel? – sebelum ke jerman, saya mendarat di Roma lebih dulu, dan akan berada di Itali sekitar 2 minggu.

    sekian pertanyaan saya. thx a lot

    1. Hi Jojo,
      untuk biaya visa tetap 60 euro. Tidak terpengaruh lama tinggal, asalkan tidak lebih dari 3 bulan saja. Lalu untuk dokumen pendukung seperti undangan pernikahan & bukti booking hotel, sebaiknya dilampirkan saja. Prinsipnya kalau buat visa, makin lengkap makin baik. Untuk laporan keuangan, syarat nominal saldo itu sebaiknya mengikuti yang sudah tertera saja di website kedutaan Belanda.

  6. Selamat siang, kalau pesan tiket pesawat jauh jauh hari sebelum membuat visa boleh ngga ya?
    Tapi belum di bayar, hanya pesan dlu.
    Terimakasih.

  7. Hi,dear,
    Numpang nanya,bulan kemarin aku udah di approve visa schengen ku yaitu 10 september – 10 oktober 2017 waktu itu aku urus di kedutaan austria karena tujuannya malta, rencananya bulan December aku mau balik lagi ke malta dan mengunjungi calon mertua di jerman,nah apakah sama dokumen, yang dibutuhkan untuk multiple visa?
    Dan satu lagi nih dear,kalo mau urus permanent resident syaratnya apa aja? Apakah bisa melalui kedutaan austria juga?
    Sebelumnya, thanks atas penjelasannya

  8. Selamat Malam,
    Saya Mau Tanya
    Jika saya apply untuk Visa Schengen untuk Belanda, Tapi saya masuknya lewat Swedia dan akan lebih banyak di Negara Swedia dari Belanda, Apakah bisa ????
    ( Soalnya kalo Apply untuk Swdia saya harus ke Jakarta – Jauh Banget !!!! )
    Terima Kasih

  9. hallo jika saya suami istri, bukti keuangan dan refrenc bank saya lampirkan salah satu bagaimana , boleh atau tidak ?

    1. Buktinya bisa satu tapi copnya tetap dilampirkan masing-masing, yg jelas isi rekeningnya bisa mencover dua orang selama traveling.

  10. Hai rencana saya mau pergi thn 2018.. Kalo misal saya apply visa schengen lalu visa di approve tapi saya beli tiket ke german itu bisa tdk yah??

    1. Untuk usaha ada visa bisnis. Silakan dipelajari persyaratannya lebih seksama untuk visa jenis ini.

  11. APAKAH SURAT KETERANGAN KERJA HARUS DALAM BAHASA INGGRIS?

    SAYA MAU MENGAJUKAN VIAS SCHENGEN MELALUI KEDUBES BELANDA, APAKAH ADA DOKUEN YAG HARUS DITRANSLATE DLM BAHASA INGGRIS?.(MIS KTP KK AKTE KELAHIRAN)

    1. Betul, semua dokumen baiknya diterjemahkan dulu ke dalam Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah ya mas/mbak. Sedangkan surat keterangan kerja tidak perlu tersumpah cukup dalam bahasa Inggris saja.

  12. Hi…

    Pada waktu penyerahan docs dan interview pembuatan visa, apakah semua anggota keluarga harus datang (Angota keluarga yang akan berangkat) atau bisa aja di wakilkan oleh orang tua ? Karena kami domisili di bali

    1. Untuk anak usia dibawah 17 tahun biasanya tidak perlu datang, pastikan kembali untuk melakukan pengecekan di surat undangan

  13. halo, thanks for the nice blog

    aku mau nanya kan aku baru aj dapat visa schengen perancis tapi ko ga ada tulisan โ€œVISโ€ di bawah nama, aku liat semua orang di google ko ada tulisannya ya,,, apa alasannya ?

    1. Klo tidak ada tanda visnya berarti tidak perlu submit data biometric. Data sebelumnya masih terekam jadi bisa diabaikan menurut beberapa sumber yang kami baca. Semoga membantu.

    1. Hi Tri

      Silakan cek di kantor VFS Bali
      Bali
      Benoa Square 3rd floor No. 7-9.3/A
      Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A
      Kedonganan, Kuta, Bali โ€“ 80361 Indonesia

      Opening Hours:
      Monday to Friday : 08.30 to 16.00

  14. Mau tanya, saya ada rencana buat stay selama 3 bulan kurang di Perancis dengan tujuan mau cari informasi untuk kuliah, traveling sekitar perancis dan bertemu dengan keluarga pasangan (belum resmi). Ada dua orang yang akan mensponsori saya, teman saya yang mengajak saya untuk tinggal ditempatnya dan pasangan saya yang bersedia untuk membiayai biaya hidup selama disana karena saya baru saja lulus kuliah. Itu bagaimana ya? Apakah bisa? Ataukah ada saran baiknya gimana? Karena banyak yang bilang kemungkinan visa di approved kecil karena staynya terlalu lama, sekitar 80 hari, dan ada kecurigaan bahwasannya saya kemungkinan tidak kembali ke Indo padahal saya pasti balik ke Indo. Terima kasih

  15. kak mau tanya, rencana saya ke spain 1bulan dan saya akan stay di tempat tinggal teman saya dan saya otomatis tidak membooking hotelroom, jadi yang perlu saya lampirkan untuk pengganti lampiran bukti pemesanan hotel bagaimana?

    1. Berarti kamu dapat sponsor ya.

      Lampirkan saja suratnya bahwa selama di Spanyol kamu akan tinggal bersama teman kamu. Dokumen yang dibutuhkan salah satunya adalah copy paspor teman kamu.

  16. Hi mau tanya, saya sudah memiliki tiket PP untuk pergi ke eropa (belanda dan spanyol) untuk april tahun depan, sebelumnya saya terakhir ke luar negeri adalah tahun 2012, pertanyaan saya apakah perlu utk traveling ke beberapa negara asia dulu sebelum apply visa schengen? apakah paspor kosong bisa membuat saya akan lebih sulit utk dapat visa ke eropa?(karena saya memiliki paspor baru dan belum pernah dipakai). dan idealnya di bulan apa saya mengajukan visa ke eropa? mohon pencerahannya, makasih ๐Ÿ™‚

    1. Betul, melihat riyawat perjalanan kamu ke luar negeri akan menjadi salah satu pertimbangan. Utamanya agar kamu tidak dicurigai akan mencari pekerjaan atau menjadi illegal worker di negara tujuan. Namun ada kasus tertentu tapi amat jarang sekali visa granted meskipun baru membuat paspor. Tidak ada waktu ideal untuk membuat paspor. Namun biasanya saat musim dingin di Eropa pengurusan paspor lebih sedikit dibandingkan musim lainnya. Kira-kira sekitar akhir tahun antara November dan Desember.

      Semoga membantu

    2. jadi kalo paspor masih kosong visa pasti ditolak ya?? oya min apakah ada format surat pernyataan ijin orang tua untuk anak di bawah umur travel hanya dengan satu ortu?

    1. Iya kak, bisa dibuat di kedutaan yang tergabung dalam negara Uni Eropa. Baiknya sesuaikan dengan itinerary, misalnya jika tujuan pertama datang ke Prancis direkomendasikan mengurus melalui kedutaaan Prancis. Begitu juga jika ingin ke Belanda misalnya sebagai tujuan awal, baiknya mengurus di kedutaaan Belanda.

  17. saya dan istri serta satu anak saya ingin liburan akhir tahun ke eropa. visa eropa kami blom punya. masih munginkah mengurus visa utk liburan akhir tahun ini?

Leave a Response