8 Cara Hemat Listrik Saat Rumah Ditinggal Mudik Lebaran

8 Cara Hemat Listrik Saat Rumah Ditinggal Mudik Lebaran

Travel Tips1K
8 Cara Hemat Listrik Saat Rumah Ditinggal Mudik Lebaran shutterstock

Travel Blog ReservasiTagihan listrik saat ini menjadi perbincangan hangat warganet. Pasalnya pengalihan subsidi kepada golongan yang lebih rendah benar-benar terasa sekali sehingga menjadikan tagihan listrik membengkak dari biasanya.

Ada banyak cara untuk menghemat listik agar tagihan tidak membengkak. Utamanya saat rumah ditinggal mudik. Agar tagihan listrik tidak semakin besar saat ditinggal mudik, berikut tips cara hemat listrik saat rumah ditinggal mudik.

Baca Siap-Siap Macet, Begini 15 Tips Mudik dengan Bus agar Aman dan Selamat di Perjalanan

1. Cabut semua peralatan yang tidak digunakan dari stop kontak

shutterstock

Kebiasaan buruk saat meninggalkan rumah adalah tidak mencabut peralatan elektronik seperti TV, Radio, Charger Hape hingga Dispenser. Saat kondisi standby, peralatan elektronik tetap mengonsumsi listrik meskipun kecil.

Jika kebiasaan steker tidak dicabut justru secara perlahan dan tidak terasa akan membuat tagihan listrik makin membengkak. Terlebih saat dalam situasi kenaikan tarif dasar listrik saat ini.

2. Kosongkan isi kulkas dan matikan selama mudik

shutterstock

Ide ini mungkin cukup ekstrim. Namun sangat penting untuk membiarkan kulkas istirahat selama mudik lebaran. Kulkas kamu pasti tidak pernah mati total selama 24 jam. Saatnya kulkas kamu istirahat sekaligus dibersihkan dari bau makanan yang sudah tersimpan berbulan-bulan.

Pastikan mengolah semua makanan yang masih ada agar tidak mubadzir. Jika memang masih layak kamu bisa memberikan pada yang membutuhkan. Apalagi jika memberikan dalam bentuk makanan yang siap untuk dikonsumsi.

Pisahkan barang-barang yang memang masih bisa bertahan dalam kondisi suhu ruangan normal asal tidak terkena terpaan sinar matahari langsung. Dengan mengistirahatkan kulkas selama mudik lebaran, merupakan salah satu tindakan besar dalam menghemat listrik saat

Baca 7 Tips Hindari Modus Kejahatan Saat Mudik Lebaran

3. Cabut steker listrik pompa air

shutterstock

Untuk menghindari kebocoran tak terduga saat rumah ditinggal mudik, baiknya mencabut steker pompa listrik selama ditinggalkan. Khawatir jika terjadi kebocoran pompa air tidak menyala secara otomatis terus menerus selama kebocoran belum diperbaiki.

Kebocoran air pada keran juga harus cepat diganti sebelum berangkat mudik. Pasalnya air yang sudah ditampung di dalam toren akan terbuang percuma. Meskipun kebocorannya kecil namun jika ditinggalkan selama mudik dalam beberapa hari pasti akan mengurangi debit air dalam toren.

4. Cabut steker listrik AC

shutterstock

Cabut steker listrik AC atau matikan saklarnya agar tidak “menghisap” listrik saat ditinggalkan mudik. AC merupakan salah satu alat elektronik yang membutuhkan listrik paling besar selain setrika. Terlebih jika di rumah kamu memiliki lebih dari 1 buah AC.

Kebiasaan untuk melakukan perawatan rutin seperti cucai AC tiga bulan sekali juga akan membantu kinerja AC lebih baik. AC yang jarang dibersihkan harus bekerja dua kali lipat karena terhambat oleh debu dan kotoran yang tersimpan di dalam filter AC. Otomatis daya listrik yang dipergunakan akan lebih besar lagi.

Baca Playlists 5 Lagu Lebaran Legendaris yang Selalu Diputar di Pusat Perbelanjaan dan Restoran

5. Gunakan lampu LED untuk penerangan luar

shutterstock

Meskipun lampu LED harganya lebih mahal namun untuk penghematan jangka panjang akan sangat efektif. Tidak perlu mengganti semua lampu dengan lampu LED dalam waktu yang sama, kamu bisa menggantinya secara bertahap dari lampu yang paling sering digunakan yaitu lampu penerangan di luar rumah.

Langkah mengganti semua Lampu menjadi Lampu LED merupakan tindakan yang tepat. Selain konsumsinya lebih kecil dibandingkan lampu pijar atau lampu neon, daya tahan Lampu LED lebih panjang sehingga bisa dikatakan merupakan sebuah investasi besar dalam rangka penghematan listrik. Next…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *