12 Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Perjalanan Mudik Lebaran - Reservasi Travel Blog

12 Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Travel Tips301
12 Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Perjalanan Mudik Lebaran Shutterstock

8. Non aktifkan fitur perintah melalui suara

Fitur suara seperti Ok Google atau Siri pada iPhone juga memerlukan daya baterai yang tidak sedikit karena dibutuhkan sensor suara untuk merespon perintah yang diberikan dalam bentuk suara.

Selama mudik rasanya fitur ini tidak terlalu kamu butuhkan, jadi nonaktifkan dulu fitur cerdas ini demi menghemat baterai smartphone kamu selama perjalanan mudik.

9. Atur waktu time out layar hingga 15 detik

Waktu standby smartphone kamu bisa diatur dari waktu yang paling lama hingga waktu yang paling singkat. Agar penggunaan smartphone kamu lebih hemat, atur ulang waktu atau durasi time out hingga 15-30 detik.

Namun, jangan juga membiasakan membuka dan menutup smartphone dalam jangka waktu singkat dengan interaval yang pendek. Hal tersebut malah membuat konsumsi baterai kamu jadi semakin boros. Gunakan seperlunya saja untuk membuka satu aplikasi dengan satu aktititas misalnya membalas chat atau memantau sosial media.

Baca 8 Cara Hemat Listrik Saat Rumah Ditinggal Mudik Lebaran

10. Matikan paket data jika tidak digunakan

Dalam kondisi standby paket data yang diaktifkan akan banyak menguras daya baterai smartphone. Terlebih sinyal di perjalanan tidak stabil alias naik turun. Beberapa daerah bahkan memiliki jangkauan sinyal yang berbeda-beda.

Agar baterai smartphone kamu lebih awet, pastikan untuk mematikan paket data internet kamu agar baterai lebih tahan lama, disamping itu kamu juga bisa menghemat kuota kamu agar tidak terbuang percuma.

Kamu bisa mengunduh beberapa apps yang bisa mematikan paket data secara otomatis jika layar mati dan akan on kembali jika layar hidup. Dengan menggunakan apps tersebut kamu tak perlu repot on off paket data secara manual.

11. Tutup semua aplikasi jika sudah tidak digunakan

Tombol back tidak otomatis menutup aplikasi yang sudah kamu buka. Tekan tombol menu dua kali atau tekan lebih lama tombol home untuk menutup semua aplikasi yang sedang aktif.

Beberapa apps yang tidak ditutup justru secara otomatis akan menggunakan daya baterai dan juga paket data di belakang layar. Pastikan untuk menutup semua aplikasi di belakang layar agar daya baterai dan paket data kamu bisa lebih efisien.

Baca 5 Tips Rencanakan Traveling Hemat Supaya Cicilan Tidak Bengkak Setelah Mudik Lebaran

12. Hapus widget dalam layar

Widget biasanya saat dalam kondisi idle tetap aktif menggunakan daya baterai dan untuk widget tertentu memakai kuota internet. Agar daya baterai awet sebaiknya hapus beberapa widget yang tidak kamu gunakan.

Home screen yang bersih dari widget dan apps akan mengurangi beban konsumsi daya baterai layar kamu hingga menjadi lebih awet.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *